Otak kita menampung banyak sekali informasi dari luar yang
perlu diolah . Disimapn dalam sel saraf di saraf yang bercabang-cabang. Nah,
begitu juga saat kita belajar atau mendapatkan banyak informasi semua akan
tersimpan dalam sel saraf. Nah, informasi ini tentu bisa saja hilang atau tak
tersimpan dalam memori kita karena tak pernah dipelajari lagi. Banyak anak
belajar dan cepat lupa kembali, karena begitu banyak informasi yang masuk dalam
otaknya. Maka perlu cara mempelajari sesuatu hal dengan cara yang mudah dan
kreatif sehingga lebih mudah dipelajari. Salah satunya dengan cara mind maping
ini. Jadi mind maping itu memetakan banyak informasi yang didapat dalam suatu
pemetaan peta pikiran yang ada dalam bentuk percabangan yang ditulis dalam
media digital ataupun ditulis tangan. Tujuan utamanya sih untuk memudahkan kita
mengingat informasi yang perlu dipelajari.
Manfaat mid maping ini begitu besar sehingga kalau anak
sudah dibiasakan untuk memetakan peta pikirannya dalam bentuk mind maping ini
tentunya akan memudahkan anak belajar. Apalagi kalau membuatnya dengan kreatif
dengan gambar dan tulisan yang warna warni. Itu sangat membantu sekali. Jadi
manfaat mind maping yang bisa diambil seperti
- 1. Meningkatkan kemampuan kita mengingat secara mendetail dan utuh. Dengan demikian memudahkan kita mempelajari informasi karena sudah ditulis dalam peta konsep ini.
- 2. Meningkatkan manajemn informasi, konsentrasi,imajiansi dan memori. Otak semakin mahir memilah informasi dan mengelompokan informasi sehingga memudahkan . Dan kita jadi lebih bisa konsentrasi karena sudah terpetakan dengan baik.
- 3. Menjadikan kegiatan belajar menyenangkan dan menghemat waktu. Seperti bermain karena ada gambar yang dibuat dengan tulisan warna warni sehingga akan menyenangkan.
- 4. Membuat materi sulit mudah dipahami. Dengan adanya gambaran secara mendetail di peta konsep akan memudahkan kita, hal yang sulit jadi terlihat mudah.
Untuk membuat mind maping diperlukan tema utama yang
biasanya ditulis di bagian tengah.Kemudian membuat turunan tema dari tema
utama, seperti faktor yang mempengaruhi, jenis , atau akibat . Dan terakhir
hubungkan antara tema utama dan turunan tema tersebut dengan menggunakan garis
atau tanda panah. Setiap tema bisa ditandai dengan simbol, warna gambar yang
erat hubungannya dengan tema utamanya. Biasanya menggunakna kertas polos dan
menuliskan poin-poni tema dengan huruf besar dan bisa dengan warna yang
berbeda. Sehingga akan tampak jelas .
Begitu juga anak-anak Circle of Happiness diajarkan membuat
mind maping dengan tema pencemaran. Dibagi menjadi lima kelompok dengan tema
pencemaran udara, air dan tanah. Masing-masing didampingi dengan kakak relawan.
Satu jam pertama mereka membuat peta konsep di papan streofoam dan satu jam
berikutnya setiap kelompok memaparkan hasil memetakan konsep di papan
streofoam. Kakak relawan membagi tugas pada anak-anak, ada yang menulis temanya
, ada yang menggambar dan ada yang membuat garis panahnya. Mereka belajar bekerja secara tim. Dan itu
perlu sekali agar mereka punya kemampuan bekerja sama. Walau memang perlu banyak
bimbingan karena ada anak yang masih belum bisa diam di kelompoknya , masih
ingin melihat milik kelompok lainnya. Disinilah peran kakak relawan untuk mengajak
anak-anak untuk mau ikut bekerja dalam satu tim yang solid. Juga mengajarkan
mereka untuk memaparkan dengan baik di depan teman-temannya.
Kegiatan hari ini dengan tema pencemaran banyak hal yang bisa
diambil manfaatnya, baik dari sisi pembuatan mind maping maupun karakter anak
yang bisa dibentuk lewat kegiatan ini.
Diteliti dari pentingnya memetakan konsep maka mind maping perlu
banyak disosialisasikan ke anak-anak agar mereka bisa membuatnya dengan cara
kreatif sehingga memudahkan mereka belajar.
Tulisan yang menarik dan sangat bermanfaat...lanjutkan Kak!!
BalasHapusmakasih mbak frima
BalasHapusMind mapping membuat anak bisa fokus pada tujuan ya Mbak..karena terpetakannya satu tema. Apalagi jika kerja kelompok begini akan bermanfaat sekali buat mereka untuk bekerja sama juga mempresentasikan hasilnya.
BalasHapusSalut pada kegiatan Circle of Happines
Dari pertama kali kenal sama mindmapping langsung jatuh cinta, sampai sekarang masih selalu pakai
BalasHapusbetul mbak dian
BalasHapuskarena sangat memudahkan ya mbak athiah
BalasHapusMind maping ini menjadi andalan pembelajaran kurikulum 2013 karena membuat cara berpikir anak terstruktur dan logis. Kreativitas anak juga terasah.
BalasHapusDulu awal belajar mind mapping aku juga seneng banget mbak, nyesel aku belajarnya udh gede haha, coba kalau tau dari kecil.
BalasHapusKeren mba, asyik banget nih buat diterapin ke anak saya, biar lebih fokus belajarnya :)
BalasHapusbetul mas brian
BalasHapusiya memang ini baru2 ini saja mbak ursula
BalasHapusbetul mbak reyne
BalasHapuswah ini membantu banget nih tekniknya dari kecil sampe kuliah
BalasHapusbetul mbak putri
BalasHapuscoba dari kecil aku ada yang ngajarin mid maping.. pasti makin gesit lagi heheheheh
BalasHapusoh gitu ya mas maman
BalasHapusAku mau nyoba, memang anak2 pasti suka deh yg warna warni bergambar gini ya mama Tira. Aku br tau kelebihan mind mapping slama ini cuma tau mind mapping tanpa kelebihannya. Makasih maa..
BalasHapuswah pasti seneng bgt anak2 diajari mind mapping nih
BalasHapusSama nih mama Tira, aku klo bikin blog yg rada susah pakai mind mapping, atau bikin tulisan pasti pakai mind mapping, biar lbh mudah ya kan mikirnya hehe
BalasHapuswah keren ini mbak ratih, jd tulisannya gak terlewat karena sdh ada detail yang mau ditulis di mind mapingnya
BalasHapusDengan mind mapping anak2 jadi fokus belajarnya ya mbak...TFS mbak
BalasHapusbetul mbak yuni
BalasHapusBuat ngeblog pun aku juga biasa pake mind mapping!..
BalasHapussemacam bikin algoritma gitu ya mbak. dan ini memabantu banget dalam penulisan khususnya. atau dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.
BalasHapusoh begitu ya mas adhi
BalasHapusbetul mbak ninik
BalasHapusSaya pernah diajarin teknik ini pas masih aktif di tim penyusun majalah perusahaan. Dulu sih nggak ngeh-ngeh banget tapi sejak mulai ngeblog beberapa kali pakai teknik ini. Terutama kalau ikutan kompetisi blog.
BalasHapusAnyway mbak Tira, input aja...biar lebih enak dibaca, gimana kalau 1 paragraf diisi 3 kalimat aja maksimal. Kalau kepanjangan jadi kerapetan dan bikin cepet capek bacanya.
N satu lagi, typo-nya dikurangin dong 😊
makasih sarannya mas prima
BalasHapusAku masih suka pakai Mind Mapping nih sejak sekolah dulu sampai sekarang. Jadi mudha mengingat ya jd ga mesti dengan tulisan kayak di buku pusing. Mendingan dibentuk garis, kotak, lingkaran dll suka2 secocoknya dg kita. Bagus ini buat anak2 sekolah daya ingatnya biar diasah. Sekalian gambar2 lah makin kreatif kan hehehe :D
BalasHapusyes setuju mbak nurul
BalasHapusAsik banget kelompok belajarnya. Kecil2 sudah paham mind mapping supaya belajarnya terarah.
BalasHapusbetul mbak lusi
BalasHapus