Minggu, 30 Juni 2019

Belajar Mendongeng Bersama Kak Jum




Bercerita sebetulnya sangat disukai anak-anak maupun orang tua. Sejak kecil anak menyukai cerita saat anak-anak mampu mengerti akan kejadian yang ada di sekitarnya dan memorinya mampu menangkap cerita tersebut. Sekitar usia tiga tahun, dia mampu menikmati cerita yang disampaikan padanya. Cerita yang bagus yang disampaikan pencerita akan terjadi hubungan yang baik antara pencerita dan yang mendengarkannya. Bercerita adalah kemampuan bersifat lisan yang produktif  sehingga bercerita merupakan kemampuan berbicara. Ketrampilan bercerita ini  kelak penting untuk perkembangan ketrampilan berkomunikasi.



Bercerita adalah bentuk komunikasi universal yang mempengaruhi jiwa. Juga cara untuk menyampaikan pesan . Dan ini digunakan oleh guru atau orangtua pada anak-anak.Ternyata ketrampilan bercerita bisa dipelajari. Dulu waktu aku masih kecil seringkali ibuku membacakan dongeng-dongeng legenda dari beberapa daerah atau dongeng-dongeng Walt Disney. Waktu sudah punya anak aku juga mulai mendongeng dengan cara yang biasa saja. Tentu aku melihat cara ibuku dulu mendongeng. Tapi saat aku memiliki komunitas anak, salah satu yang aku kuasai adalah bercerita atau mendongeng. Padahal aku belum bisa dibilang ahli dalam hal mendongeng. Jadi aku mulai belajar mendongeng dengan menggunakan properti. Walau aku sendiri masih terus belajar agar aku semakin mahir dalam hal mendongeng.



Dongeng banyak digunakan dan dipilih banyak orang , disebabkan beberapa alasan seperti

  • 1.      Praktis dan fleksibel. Praktis karena dapat dilakukan sendiri tanpa harus berhubunagn dengan orang lain. Juga dapat disampaikan dimana saja sehingga sangat fleksibel.

  • 2.      Tidak membutuhkan biaya yang mahal. Karena bercerita bisa juga tanpa alat peraga. Bisa saja pendongeng dapat mengembangkan properti untuk bercerita . Bisa dengan melibatkan anak-anak dalam bercerita serta gerakan-gerakan tertentu

  • 3.      Anak-anak lebih suka mendengar cerita. Karena banyak pendongeng yang sudah kreatif sehingga mampu membuat anak-anak mendengarkan cerita yang disampaikan.

Untuk bercerita bisa menggunakan alat peraga atau tidak. Misal dengan alat peraga bisa gunakan boneka tangan, boneka jari atau menggunakan papan flanel. Atau bisa menggunakan jari-jari tangan kita sendiri, atau dengan intonasi dan ekspresi yang terpancar dari wajah . Ternyata mendongeng bagi anak-anak juga mempunyai banyak manfaat. Makanya saat kak Jums pendongeng dari Cirebon datang ke komunitas kami, kak Jums mengajarkan bagaimana mendongeng dengan baik. Kak Jums membawa banyak properti berupa boneka hewan. Ada boneka monyet, burung elang, gajah, tikus. Anak-anak diberi kesempatan untuk mendongeng di depan teman-temannya. Anak-anak yang berani maju ke depan. Ada yang pegang boneka monyet, tikus, gajah dan elang. Kak Jums mulai mengajarkan mendongeng. Anak-anak memainkan perannya masing-masimg. Anak-anak mengikuti perkataan yang diucapkan oleh kak Jums. Kak Jums menceritakan  tentang kegiatan hewan-hewan ini di kelas yang dipimpin oleh guru yang diperankan oleh gajah. Tema yang disampaikan tentang belajar berpuasa.



Banyak manfaat yang bisa diambil dengan belajar mendongeng. Pertama adalah belajar berani tampil di depan. Kebanyakan anak-anak kurang berani. Bukan karena malu tapi takut ditertawakan teman-teman lainnya. Terlalu sering anak-anak suka mentertawakan teman lainnya kalau maju ke depan. Juga memupuk rasa percaya diri. Dengan rasa percaya diri anak-anak tak takut untuk ditertawakan temannya. Juga meningkatkan ketrampilan berbicara yang baik. Bisa menyusun kalimat yang baik . Kemampuan menyampikan dengan baik sehingga pendengar bisa mengerti. Kemampuan yang bisa diambil dalam mendongeng ini bisa menjadikan anak-anak semakin meningkat dalam banyak hal. Jadi belajar mendongeng tak salah diajarkan buat anak-anak, karena manfaat yang banyak yang bisa diambil. Terimakasih kak Jums atas pembelajaran mendongeng buat anak-anak. Semoga pembelajaran kali ini bisa bemanfaat bagi anak-anak. Salam dongeng!


Minggu, 23 Juni 2019

Gurihnya Tempe Mendoan


Gambar dari sini

Mendoan kuliner yang aku suka. Kenal dengan mendoan saat masih kecil. Selalu suka dengan makanan olahan tempe , tapi entah mengapa mendoan ini rasanya enak . Dan kalau buat sendiri rasanya beda dengan yang ada di Purwokerto. Saat masih mengajar seringkali dapat tugas ke Purwokerto . Dan bikin aku suka  ya itu tadi mendoannya yang bikin ketagihan. Sepertinya kalau ke Purwokerto belum makan mendoan belum afdol. Pernah sekali coba bawa mentahnay dan tepungnya yang dijual di pusat oleh-oleh. Tapi entah mengapa gorengnya yang salah  , kok malah kurang enak. Mungkin kurang tahu juga seberapa lama tempe tersebut digorengnya. Karena tempe mendoan ini digoreng setengah matang.Dan baru-baru ini berkunjung kembali ke Purwokerto dan akhirnay pasti harus makan tempe mendoan ini. Kalau tidak belum ke Purwokerto.

Mendoan itu sendiri dari bahasa Banyumasan yang berasal dari kata mendo yang artinya setengah matang atau lembek. Jadi mendoan adalah memasak dengan minyak yang panas yang banyak dan cepat sehingga tidak matang benar. Bahan yang bisa dibuat mendoan adalah tempe dan tahu. Mendoan ini disajikan paling enak kalau hangat-hangat, kalau sudah dingin kurang enak. Dan disertai dengan sambal kecap pakai rawit. Dan asyiknya tempe mendoan ini bisa digunakan buat temen makan nasi , bisa juga digunakan sebagai camilan yang disertai dengan teh hangat. Tempe mendoan ini banyak dijumpai di warung-warung resto atau hotel di daerah bekas keresidenan Banyumas seperti Purbalingga,Banjarnegara, Cilacap, Purwokerto. Untuk tempenya juga khusus, dibungkus daun pisang dengan ukuran yang tipis-tipis. Dan natinya waktu digoreng diberi tepung dan digoreng dengan minyak panas tapi cukup 3 sampai 4 menit saja sudah cukup. Dan tempe mendoan ini jadi oleh-oleh khas daerah Purwokerto juga.

Tempe mendoan karena berasal dari kacang kedelai sehingga banyak manfaat buat kesehatan bagi manusia. Seperti pada wanita bermanfaat untuk mencegah anemia dan osteoporosis yang sering dijumpai pada wanita. Juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. Saking banyak gizinya tempe ini bisa diberikan pada anak-anak sampai lansia. Kandungan protein nabatinya yang bagus juga menjamin kualitas tempe buat kesehatan. Lebih juga terdapat antibakterinya. Selain itu juga terdapat asam lemak PUFA, serat, niasin, dan kalsium dan karbohidrat, vitamin, lemak, serat, enzim, daidzein, genisten. Banyaknya nutrisi  di alam tempe menjadikan tempe makanan yang diperlukan dan dibutuhkan untuk memenuhi gizi. Nah, ini manfaat tempe bagi keseahtan.

  • 1.      Membantu proses metabolisme tubuh. Hal ini karena dalam tempe mengandung senyawa vitamin B3, niacin, riblovin serta vitamin B2 yang membantu proses metabolisme.

  • 2.      Sebagai sumber protein. Tempe memang kandungan proteinnya cukup banyak. Protein ini mampu mempertahankan jaringan otot dan membuat ensim yang dibutuhkan sel untuk tumbuh.

  • 3.      Mempunyai antibiotik natural. Mempunyai senyawa jamur rhizopus yang menghasilakn antibakteri.

  • 4.      Mudah dicerna. Kandungan seratnya cukup tinggi sehingga bisa memperlancar proses pencernaan.

  • 5.      Tinggi kadar kalsiumnya. Menurut peneliti kandungan kalsiumnya sama dengan kalsium dalam susu sapi.

Nah, begitulah manfaat yang bisa diambil dari tempe mendoan. Makanan yang punya gizi cukup, rasa enak , mau apa lagi?

Minggu, 16 Juni 2019

Perlukah Kedekatan Anak Dengan Orang Tua



Membangun kedekatan orang tua dengan anak-anaknya merupakan kewajiban orang tua. Karena membangun hubungan kedekatan dengan anak berdampak besar bagi anak-anak. Dan orangtualah yang berperan dalam kedekatan dengan anak.  Kedekatan ini bisa diartikan suatu timbal balik hubungan antara anak dan orangtua baik secara emosi maupun fisik.Hal ini bisa terjadi karena ada kedekatan ikatan batin yang timbul saat usia anak 0-2 tahun. Ikatan batin ini bisa terwujud jika anak mendapatkan kebutuhan-kebutuhannya tercukupi.


Beberapa kebutuhan yang diperlukan anak yang akan berpengaruh terhadap ikatan batin antara orangtau dan anak. Seperti tatapan mata, senyuman,sentuhan , gerakan dan makanan.Bila kebutuhan akan lima hal itu terpenuhi akan memiliki atau punya pengaruh terhadap ikatan batin.Kedekatan antara anak dan orang tua selalu berhubungan dengan kasih sayang. Hal ini menjadi dasar pengembangan kepribadian anak yang baik. Juga berpengaruh terhadap kecerdasan anak.Untuk mendekatkan dengan anak bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti :

  • 1.      Memanfaatkan liburan dengan efektif. Waktu libuarn gunakan waktu bersama anak-anak. Walau tubuh kita ingin istirahat karena capai tapi prioritas anak-anak harus didahulukan. Kapan lagi kita bisa berdekatan dengan anak, karena hari-hari disibukan dengan pekerjaan. Lakukan kegiatan bersama-sama , akan menjalin hubungan yang lebih erat.

  • 2.      Dongeng . Bisa menceritakan sebuah dongeng pada anak-anak yang dilakukan pada anak saat santai atau sebelum tidur. Dengan demikian kedekatan akan terjalin selain kita bisa mengedukasi banyak karakter baik lewat dongeng.

  • 3.      Menjalin komunikasi yang baik. Komunikasi sering menjadi hambatan antara anak dan orang tua. Sering terjadi gap saat komunikasi tidak lancar.Komunikasi yang terjalin harus komunikasi dua arah yang baik sehingga tak ada yang disembunyikan .


Walau aku sendiri saat anak-anak masih kecil juga bekerja makanya komuikasi saat sudah di rumah aku biasakan. Selalu menanyakan aktivitas anak-anak saat di sekolah atau mereka mengeluarkan uneg-uneg saat terjadi di sekolahnya. Atau mereka menanyakan sesuatu tentang pelajaran dan aku selalu siap sedia untuk menjawab apa yamng mereka tidak tahu. Entah mengapa kedua aankku lebh dekat dengan diriku daripada bapaknya. Apa-apa selalu ibunya. Sampai suamiku suka kesel. Saat suatu waktu pergi ke mall dan membelikan sesuatu dan menanyakan pada anak-anak siapa yang membelikan. Pasti jawabnya mama. Bahkan kalau aku datang dari kerja selalu disambut anak-anak, tapi kalau bapaknya datang mereka acuh tak acuh.  Ha, ha, ha.... Mungkin juga karena saumiku tegas untuk beberapa hal sehingga anak-anak agak takut dengan bapaknya. Kalau ibunya kebanyakan cerewet atau banyak ngomel yang dianggap biasa oleh mereka. Tapi komunikasi lancar dan anak-anak juga dibiasakan terbuka dengan orangtuanya. Kalau ada yang gak mau cerita biasanya aku biarkan dulu, mungkin dia ingin sendiri dulu untuk menyelesaikan masalahnya.

Paling membahagiakan itu saat berlibur bersama keluarga. Kedekatang semakin nyat apalagi dalam suasana santai. Bisa menikmati keindahan alam, kebudayaan , kearifan lokal di suatu daerah. Dan ini memberi kedekatan yang semakin kuat. Ternyaat setelah anak-anak dewasa, anak-anak juga jadi mau dekat dan terbuka dengan bapaknya. Jadi tak salah sangat diperlukan kedekatan anak dengan orangtuanya. Agar terjalin chemistry yang baik. Dengan kedekatan yang terjadi jalinan kasih sayang antara anak dan orang tua terwujud dan ini membuat anak-anak bisa berkembang baik kecerdasan emosi maupun kecerdasan otak. Dan denagn adanya kedekatan juga orangtau lebih memungkinkan menanamkan karakter-karakter yang bisa ditanamkan pada anak-anak.

Minggu, 09 Juni 2019

Belajar Bersama Di Sanggar Lingkungan Hidup




Kali ini anak-anak Circle of Happiness akan mengunjungi komunitas Sanggar Lingkungan Hidup di desa Kreyo. Cukup jauh dari tempat kegiatan kami di desa Nanggela yang termasuk Kabupaten Kuningan. Banyak anak-anak yang jarang berpergian naik mobil sehingga beberapa anak mabok di jalan. Ya, saya hanya bisa menyewakan mobil L 300 yang biasa digunakan untuk angkutan umum jurusan Sumber – Mandirancan. Tapi namanya anak-anak yang jarang jalan-jalan, mereka terlihat gembira sekali . Mau tahu mereka sudah dibawakan uang jajan yang cukup banyak sama orangtuanya. Padahal uang itu gak akan terpakai karena kegiatan di sana pasti padat, gak ada tempat buat jajan dan saya sudah menyiapkan makan siang buat mereka.

Kedatangan kami disambut oleh kang  Adhi. Walau harus sempet nyasar dulu akhirnya bisa sampai. Tempatnya agak nyempil sehingga tidak terlihat dari jalan rayanya. Dan anak-anak disuruh berbaris dan dibagi dua kelompok . Masing –masing kelompok akan didampingi kakak dari sanggar dan kakak relawan dari Circle of Happiness. Kegiatan yang akan mereka lakukan adalah bertanam, beternak dan permainan tradisional.




Bertani.
Anak-anak diajarkan cara bertanam dengan media tanah. Setelah tutor menerangkan, anak-anak disuruh menjelaskan caranya. Tujuannya agar anak berani berbicara dan apakah anak fokus mendengarkan apa yang dijelaskan tutor. Setelah itu anak-anak mempraktekan cara menanam tanaman dari bibit yang sudah diberikan. Bibit tanaman cabe rawit. Anak-anak memasukan kompos ke dalam gelas plastik. Ini memanfaatkan barang bekas juga agar tak ada yang terbuang percuma.Setelah itu ditambah sekam dan bibit baru dimasukan. Kemudian baru disiram. Selain itu anak-anak juga belajar bertanam secara hidroponik , menanam bibit  terong. Dan semua yang ditanam ini bisa dibawa pulang untuk dipelihara.





Beternak.
Anak-anak diajak melihat kadang ayam. Ada ayam yang masih kecil baru berumur seminggu dan ayam yang sudah besar. Anak-anak diajarkan mencampur pakan ayam. Mencampur dedak, jagung dengan perbandingan tertentu. Dan diberikan pada ayam yang ada di kandang. Sebelumnya tutor menjelaskan cara memelihara ayam mulai dari anak ayam sampai ayam dewasa dan siap dipotong.






Permainan tradisional.
Ini permainan yang sudah mulai dtinggalkan anak-anak jaman gadget. Permaian tradsional lebih banyak dilakukan di tempat yang luas. Selalu bergerak artinya kemampuan motorik akan terjaga. Dan banyak manfaat yang didapat saat melakukan permaian tradisonal. Apa saja? Kerja sama. Banyak permaian tradisional yang merupakan tim sehingga dituntut untuk bisa kompak. Saling memahani, agar tak ada salah komuniaksi saat menjalankan permainan. Kemampuan motorik banyak ditingkatkan. Anak-anak banyak bergerak sehingga akan menguatkan otot-otot merteka , aliran darah akan cepat sehingga menyehatkan tubuh. Permainan tradisonal yang dimainkan seperti bakiak, lempar saung dan estafet kain sarung. Semuanya perlu kerja sama kelompok. Strategi juga diperlukan agar bisa cepat dalam melakukan permainan . Bahan-bahan alat tradisonal ini sederhana sekali. Apa yang  ada di sekitar kita bisa dipakai. Permainan ini bisa menghentikan anak-anak bermain gadget, anak-anak jadi lebih banyak bergerak dan mencegah obesitas pada anak.



Makan bersama.
Setelah melakukan kegiatan bersama , makan bersama adalah kegiatan yang paling disukai anak-anak. Walau makanan hanya dengan nasi kuning sederhana tapi karena makan bersama anak-anak lahap sekali. Semua habis tuntas. Jadi kegiatan di sanggar lingkungan hidup ini banyak sekali manfaat yang bisa diambil oleh anak-anak. Pembelajaran yang tidak kaku , menyenangkan . Justru dengan ini anak-anak lebih mudah menangkap dan mempelajarinya. Terimaaksih buat kakak-kakak di Sanggar Lingkungan Hidup. Kami sudah banyak merepotkan, semoga lain kali bisa bekerja sama lagi.