Kamis, 11 Februari 2010

Taman Cibodas

Taman Cibodas terletak di lereng gunung Pangrango, tepatnya di desa Rarahan kecamatan Cimacan. Untuk pergi ke daerah tersebut sangatlah mudah , banyak tersedia angkutan umun yang menuju ke taman Cibodas. Kalau dari arah jakarta kita harus berbelok ke kanan, bila arah dari Cianjur berbelok ke kiri. Taman Ciboda merupakan tempat rekreasi yang sangat bagus untuk dikunjungi juga bagi putra-putri kita yang sudah mempelajari biologi cukup bisa menambah pengetahuan tentang keanekaragaman tumbuhan baik yang berasal dari dalam negri maupun luar negeri.

Setelah memasuki pintu gerbang dan berbelok ke kiri kita akan disuguhi oleh pemandangan yang bagus dan berbukit-bukit yaitu taman Rhododendron yang berbukit-bukit, dimana kita bisa berhenti sejenak untuk melihat pemandangan dan di sana juga terdapat air terjun kecil yang cukup menarik.

Foto- foto ini terlihat air terjun kecil yang airnya mengalir ke jalan aspal.




Ini taman Rhododendron yang berbukit-bukit



Dari sana kita bisa melihat taman lumut dimana tumbuh kurang lebih 178 spesies, di taman tersebut semua tempat diselimuti oleh lumut dan ternyata terbesar di dunia karena letaknya di luar ruangan, ajaib memang, perlu kita bangga sebagai orang Indonesia.

Foto taman lumut yang merupakan terbesar di dunia.



Di dekat taman lumut juga terdapat Taman bunga bangkai raksasa, yang pada saat itu baru saja kuncup setelah sebelumnya berbunga.

Foto bunga bangkai yang sudah kuncup, memang tidak begitu tampak jelas.



Selain itu di sana juga terdapat banyak rumah kaca yang diisi dengan tanaman kaktus, anggrek dan tanaman lainnya baik dari luar dan dalam negri. Di dalam rumah kaca ini dikembangkan beberapa bibit tanaman hasil persilangan yang menghasilkan bunga yang lebih baik, atau tanaman yang lebih kokoh. Misalnya persilangan anggrek dan kaktus yang paling banyak dilakukan.

Ini foto pada rumah kaca kaktus dimana spesies yang ada di dalam dan luar negeri.



Foto rumah kaca anggrek dimana banyak anggrek dari luar dan dalam negri.



Ternyata sekitar sana juga terdapat air terjun yang cukup besar, tapi untuk ke sana perlu kaki yang kuat karena harus berjalan kaki dengan arah menurun yang cukup melelahkan kaki juga, tapi kalau sudah sampai disana, kita bisa menikmati air terjun sambil melepaskan lelah. Di sana juga terdapat warung yang menyediakan minuman hangat dan indomie rebus. Mantaaaap!!!!

Foto air terjun yang cukup terjun untuk tidak dilewati begitu saja.





Untuk beristirahat sambil bercengkerama tentunya paling enak duduk di sekitar danau yang ada di sana sambil menikmati makanan. Pemandangan yang terhampar cukup bagus dan kita bisa menyewa tikar untuk duduk di sana. Nikmatnya , tentu liburan kita akan mengasyikan, selain kita berekreasi juga bisa menimba ilmu. Juga di sini disediakan bungalow yang bisa disewa untuk keluarga.Perlu dicoba deh pasti mengasyikan apalagi dengan keluarga tercinta........yahaoooooo.

0 komentar:

Posting Komentar