Kamis, 03 Mei 2012

Permainan Ular Tangga Tema Sampah

Ular tangga adalah permainan untuk anak yang dimainkan oleh dua orang atau lebih. Papan permainan dibagi dalam kotak-kotak kecil dan di beberapa gambar ada sejumlah tangga dan ular yang menghubungkan satu kotak dengan kotak yang lainnya. Diciptakan tahun 1870.Tidak ada papan permainan standar dalam ular tangga, setiap orang dapat menciptakan papan mereka sendiri dengan jumlah kotak, ular dan tangga yang berlainan. Setiap pemain mulai dengan bidaknya di kotak pertama (biasanya di ujung kiri)dan secara bergilir melemparkan dadu. Bidak dijalankan sesuai dengan mata dadu yang muncul. Bila pemain mendapat di ujung bawah tangga mereka dapat langsung pergi ke ujung tangga yang lain. Bila mendarat di kotak dengan ular harus turun ke kotak di ujung bawah ular. Pemenang adalah pemain pertama yang mencapai kota terakhir. Di acara Green Festival yang diadakan SMA Santa Maria 2 Cirebon , juga diadakan permainan ular tangga bersama dengan tema sampah dengan ukuran papan 4x4 meter.Bidak yang digunakan adalah pemain itu sendiri, kemudian setiap kotak ada tulisan yang berhubungan dengan sampah. Jadi setiap pemain yang berhenti di suatu kotak harus membacakan kalimat yang ada di kotak dengan tujuan agar memberikan pengetahuan tentang sampah bagi dirinya dan penonton yang melihat. Dengan permainan modifikasi dari ular tangga dengan tema sampah diharapkan banyak orang mendapatkan pengetahuan tentang sampah dan problema dibalik sampah sehingga banyak lebih peduli terhadap sampah yang bisa membahayakan lingkungan. semoga......

3 komentar:

Puriawan mengatakan...

Wah bagus nih.... Belajar sambil bermain.
saya boleh minta file ular tangga nya mas?
untuk sekolah saya jg.

doge.chemot3@gmail.com

Tira Soekardi mengatakan...

saya gak punya filenya karena sy jg beli dari tunas hijau di surabaya. Di sana punya aneka macam ular tangga dengan tema yang berbeda.

Tira Soekardi mengatakan...

saya gak punya filenya karena sy jg beli dari tunas hijau di surabaya. Di sana punya aneka macam ular tangga dengan tema yang berbeda.

Posting Komentar