Selasa, 17 Juni 2014

Crafting Is My Hobby



Kalau dipikir-pikir setiap orang pasti punya hobi yang berlainan satu sama lain. Mengapa mempunyai hobbi karena setiap manusia punya ketertarikan yang berbeda .Kebetulan saya suka sekali dengan kerajinan tangan.Kesukaan saya dengan kerajinan tangan sebagai hobi didapat bukan dengan kebetulan tetapi didapat dari banyak belajar bukan secara otodidak tapi ada yang belajar dan melihat. Kebetulan dulu saya bersekolah di sekolah katolik yang isi sekolahnya perempuan semua. Salah satu mata pelajaran yang diberikan saat SMP dan SMA adalah etika dan ketrampilan. Ketrampilan yang diberikan bukan sekedar teori tapi praktek langsung. Ketrampilan yang diberikan berupa tata boga (masak memasak) , tatabusana (menjahit), kerajinan tangan (mulai dari merajut, menyulan, aplikasi kain perca) dan merangkai bunga ala ikebana. Menurut suster-suster yang mengelola di sana sepatutnya perempuan mempunyai ketrampilan yang berkaitan dengan perempuan.  Betul juga sih, secara tak langsung aku mendapatkan kepandaian merajut, menyulam dan lain-lain dari sekolah .

Selain itu my mom juga hobi sekali , menjahit , menyulam dan merajut. Semua pakaian anak-anaknya , my mom yang menjahit yang sering dihias dengan sulamannya. Mantel dan syal rajut yang aku pakai buatan  my mom. Dari beliualah aku banyak mendapatkan pelajaran merajut, menjahit, menyulam. Ternyata dulu aku hanya sekedar bisa dan kewajiban saja karena merupakan mata pelajaran yang diwajibakan sekolah. Apalagi setelah kuliah, bekerja dan punya anak-anak yang masih kecil, semua tersita untuk rumah tanggaku karena aku sering tak mempunyai pembantu. Sementara waktu kerajinan tangan terlupakan tapi masih ada dalam memoriku.


 Sebagian dari hasil crafting saat senggang

Di tempatku mengajar aku diberi kepercayaan untuk membuat ektrakurikuler baru dan saya memutuskan membuat kelompok kreatif yang mengerjakan kerajinan tangan daur ulang.Mungkin karena memori yang masih tersimpan dalam benakku, cukup mudah aku mengelola ektrakurikuler ini. Siswa SMA kulatih membuat kerajinan tangan daur ulang. Setiap minggunya membuat hal yang berbeda. Selama hampir kurang lebih dua tahun saya memegang kegiatan ekstra kelompok kreatif ini dan sudah beberapa kali bisa mengadakan pameran kerajinan tangan .Puncaknya kelompok kreatif ini bisa ikut dalam ajang Cirebon Creative Ekspo tahun 2013 dengan hasil penjualan yang baik. Walaupun kini sudah saya lepas karena sesuatu hal.


 Beberapa hasil karya dari bahan daur ulang

Akhirnya saya menekuni kembali hobi yang terlupakan setelah banyak disibukan dengan anak-anak.Kini anak-anakku sudah beranjak dewasa, banyak waktu luang yang tersisa. Aku gunakan untuk melakukan hobi lama yaitu crafting!!!!. Tentunya bukan hanya bisa dilakukan sendiri tapi selalu saya punya keinginan untuk berbagi dengan anak-anak yang lain. Saya bekerjasama dengan beberapa yayasan untuk mengajarkan ketrampilan bagi anak-anak yang kurang beruntung. Sungguh gembira saat melihat anak-anak itu senang mengerjakan ketrampilan yang saya ajarkan dan setiap ada kegiatan ketrampilan mereka selalu menunggu-nunggu dengan semangat. Itu merupakan kebahagiaan bagi saya sendiri. Memang berbagi itu selalu membawa kebahagiaan tersendiri. 


 Anak-anak di yayasan bersuka ria dengan hasil craftingnya.


Hampir setiap hari saya mengerjakan kerajinan tangan dari mulai merajut, menyulam , membuat asesoris dan lain-lainnya. Itu semua memberikan rasa kebanggaan sendiri , walau belum berniat untuk terlalu dikomersilkan. Tapi bila ada yang mau membeli atau mau memesan saya juga tak menolak.Masa rejeki ditolak. Lepas dari semua itu hobi tak pernah bisa dinilai dengan uang tapi kepuasan bagi hati!!!!!. Jadi saya hanya mau  menyerukan buat teman-teman semuanya Happy Crafting!!!!!!



28 komentar:

Ayu Juwita mengatakan...

hai mak, lucu nih craftingnya, bahannya dari apa aja

HM Zwan mengatakan...

Uwaaaa lucu bgttttt

Leony Li mengatakan...

bisa jadi inspirasi, ngomong2 bahannya buat dari apa ya?

Riski Fitriasari mengatakan...

bunganya keren.. :)

Astin Astanti mengatakan...

Ibuku suka merajut dan membuat aneka kerajinan tangan jugak.... aku Alhamdulillah ngikutin meskipun tidak konsisten..senang ya Mba bisa membuat ketrampilan

Indra Kusuma mengatakan...

Hobby membuat craftingnya bisa menghasilkan hal positif jadi bisa tambah senang ya Mba, keren banget deh acaranya.

Salam

Irowati mengatakan...

cantik cantik mak Tira....semoga sukses

Tira Soekardi mengatakan...

mak ayu, kalau yg kerajinan daur ulang ,bahannya dari sampah kresek, majalah bekas, botol plastik, tutup botol, kalau yg bukan , ada yg dari pita, kain perca, rajut

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mak Zwan

Tira Soekardi mengatakan...

bahannya ada yg dari bahan daur ulang, kain perca, benang wol, rajutan, pita mbak Leony

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mak Riski

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Astin , kalau sudah suka rasanya berkutat lama tak terasa waktu berllau begitu saja. Dari keempat anak mama , hanya sy yg nurun suka craft

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Indra apalagi kalau bisa berbagi dg orang lain

Tira Soekardi mengatakan...

mak irowati salah satu kesamaan kita suka crating ya, punya mak juga cantik dan bagus

dhona chandra mengatakan...

Mak....mantappp...
Saya pengen bisa berbagi buat anak-anak putus sekolah sekitar rumah...
Bagi-bagi tips buat narik minatnya mereka donk Mak....
:-)

Susi Susindra mengatakan...

Nge-craft itu hobi yang sangat menyenangkan lagi menenangkan. Iya kan mbak? Apalagi jika sudah membantu diri sendiri dan orang lain. Sukses selalu, mbak. semoga kegiatan mengajarkan anak-anak membuat kerajinan bisa mengantarkan mbak Tira menjadi crafter yang sukses. Aamiin..

dina mengatakan...

salam kenal mba. wahh jadi tertarik mempelajari juga membuat prakarya dari daur ulang, bagus2 mba hasilnya

Mira Sahid mengatakan...

Aku nih suka salut banget sama teman2 yang punya hobi nge craft, itu kan butuh kesabaran tingkat tinggi. Sukses terus ya, mak :)

Tira Soekardi mengatakan...

mak Dona, tips mengajar dg hati dan bisa menyentuh hati mereka, mereka peka sekali mak, tp kalau kita sdh bisa mengambil hati mereka, mereka bakal sayang ama kita , sering sy digeandotin terus gak boleh pulang!!!! Mereka butuh percaya dulu ama kita.Bgs mak kalau sdh punya niatan begitu.

Tira Soekardi mengatakan...

makasih doanya mak Susi, sy selalu berusaha membagi ilmu yg punya pada siapa saja

Tira Soekardi mengatakan...

mak Dina, potensi membuat kerajinan daur ulang itu besar krn banyak sampah yg terbuang tp sebetulnya bisa dimanfaatkan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mak Mira tapi kalau sdh suka bisa berkutat berlama2 sampai lupa waktu

Hariyanto Wijoyo mengatakan...

hobby crafting memang bisa dikembangkan menjadi bisnis yang menghasilkan loh....
selamat berlomba ya...semoga menjadi yang terbaik....
keep happy blogging always,,,salam dari Makassar :-)

Heni Puspita mengatakan...

Cantik-cantik bunganya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Heni bunganya dari sampah semua, ada yg dari kresek, majalah bekas, tray telur tapi bisa jadi hiasan rumah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Hariyanto, memang hobi itu bisa membuat hati senang

HP Yitno mengatakan...

suatu kerajinan akan bermanfaat ketika mau mengajarkannnya pada orang lain. dengan menjalankan ekstrakurikuler, maka sahabat bisa memberdayakan mereka.

sukses buat giveaway-nya kakak :-)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Yitno, berbagi ilmu yg kita punyai itu tidak rugi

Posting Komentar