Selasa, 09 Desember 2014

Jalan-Jalan Ke Kota Padang - Taman Muaro Lasak





Menikmati kota Padang yang bagian baratnya membujur pantai dari utara ke selatan sungguh nikmat. Berkeliling kota Padang , selalu bertemu dengan pantai dengan laut luas yang membiru ,Samudra Hindia. Saya tertarik dengan plang besar dengan tulisan Taman Muaro Lasak saat saya diantarkan untuk berkeliling kota Padang. Ternyata taman kecil yang katanya dibangun karena ada program Kota Hijau Padang. Untuk ke taman ini dari pusat kota setelah melewari jembatan Purus akan tampak jelas tulisan Taman Muaro Lasak. Tapi saya melihat taman yang sama sekali tak terlihat seperti taman karena tak ada pepohonna , kalaupun ada tanaman yang kecil-kecil dan itupun kurang terurus, bahkan banyak ditumbuhi oleh rumput-rumput liar Jadi gambaran taman tak terlihat di sana. Apa yang bisa dilihat dari taman yang tampak gersang itu.Juga tak ada bangku-bangku taman dan lampu. Jadi saya berpikir mengapa di sebut dengan taman tapi tak menyerupai taman , hanya hamparan tanah dengan tulisan Taman Muaro Lasak yang besar!!!!!



Nama Taman Muaro Lasak ternyata mempunyai sejarah tersendiri. Waktu dulu tempat muara itu berpindah-pindah dan pernah sampai Purus III , nah waktu sudah di dam maka pintu muaranya tetap dan tak berpindah –pindah lagi di posisi sekarang. Berpindah-pindah dalam bahasa Padang adalah Lasak sehingga masarakat memberi nama Taman Muaro Lasak. Ke arah bawah taman ini terlihat pantai Purus Padang dengan ombak yang besar. Karena saya datang pada pagi hari, pantai masih tampak sepi. Ramainya pada saat sore hari atau hari libur. Biasanya di bibir pantai banyak yang duduk-duduk menikmati sore hari.Pantainya cukup bagus dengan air laut yang membiru. Sejauh memandang hanya hamparan air yang membiru, entah mengapa paling suka melihat pantai dengan ombak dan airnya yang beriak-riak. Pagi itu saya melihat beberapa orang sedang menyisiri pantai dan memungut sampah yang ada di bibir pantai. Menurut supir yang membawa saya berkeliling kota, memang kesadaran penduduk untuk buang sampah pada tempatnya belum baik. Walau sudah ditaruh tempat sampah, tetap saja membuang sembarangan. Memang ada tempat sampah tapi dengan bibir pantai yang panjang  tempat sampahnya tak mencukupi dan jarak tempat sampah satu ke tempat  sampah yang lainnya berjauhan.


 Pantai yang tampak di hadapan Taman Muaro Lasak

Jika saja taman ini dibuat bagus, maka wisatawan bisa duduk-duduk di taman sambil menikmati pantai dan hamparan laut yang membiru. Apalagi jika ada fasilitas permainan anak-anak dan lampu-lampu taman yang bagus membuat orang akan betah menikmati udara pantai sambil duduk-duduk di taman. Mungkin ini pekerjaan rumah bagi pemerintah kota Padanag khususnya dinas pariwisata untuk memperbaiki sarana wisata disini, sehingga bisa menjadi tempat wisata yang mengasikan dan nantinya bisa menambah pendapatan daerah.


Pantai di lihat dari atas jembatan Purus
 

12 komentar:

Gulunganpita mengatakan...

Jembatannya putih itu kesannya jadi mewah dan manis..
Keren kak!

Yuni Andriyani mengatakan...

Semoga bulan-bulan mendatang bisa mengikuti jejak mbak ke Taman Muaro Lasak amin..

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak, jembatan yg putih itu jembatan Purus , dari sana bisa lihat hamparan laut yang luas membiru

Tira Soekardi mengatakan...

amin, saya doakan mbak Yuni bisa nyampai kemari

angkisland mengatakan...

wew hehe aseeekk mamah tira jalan-jalan bareng suami saya kapan yah jalan barengs uami?? hadeehh upz hehe pizz.. keren mah pantainya moga aja saya kesasar sampe situ hehe

Tira Soekardi mengatakan...

mas Angki alam Sumatera barat itu indah banget. Menurut studi kalau traveling bersama suami akan awet muda.

Indra Kusuma Sejati mengatakan...

Tempatnya indah sekali, bisa menjadi refrensi perjalanan wisata nanti bila berkunjung di Kota Padang nih Mba.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Indra, alam Sumatera barat indah

Arman Dolan mengatakan...

Wah, masuk list destinasi jalan-jalan berikutnya inih...

Tira Soekardi mengatakan...

boleh mas Arman , datang kesana

Nathalia DP mengatakan...

suka sama foto yg ke2... bagus :)

Tira Soekardi mengatakan...

oh yang di atas jembatan Purus, memang terlihat indah dari sana menatap hamparan laus lautan

Posting Komentar