Minggu, 07 Juni 2015

Sate Buah Topping Susu




Ini sudah tahun kedua aku bersama dengan bocah cilik (bocil) di Yayasan Al Kahfi Cirebon. Ada rasa bahagia saat sedang bersama bocil saat melakukan kegiatan apapun saja. Apalagi di saat bulan ramadhan. Bagi siapa saja bulan ramadhan sangat disambut dengan suka cita.  Ramdahan tahun kemarin aku terpikirkan ingin membuat pembuka puasa bagi bocil, tapi agak ragu apa yang akan aku berikan. Saat aku melihat sebuah iklan di televisi ada hal yang menarik perhatianku. Ada camilan buah-buahan yang dipotong kotak-kotak dan dikombinasikan dengan nutijel yang juga dipotong kotak-kotak dan disusun di tusukan sate dan di atasnya diberi susu kental manis. Aku memutuskan membua sate buah toping susu bisa dijadikan menu pembuka puasa bocil.

  
Pagi-pagi aku berbelanja ke pasar beberapa buah-buahan seperti melon, semangka, apel, pepaya. Pagi hari aku disibukan mulai dari mengupas, memotong buah menjadi kotak-kotak. Membuat nutrijel dan memotong kotak-kotak juga dan ditusukan di sate. Agar lebih segar aku masukkan terlebih dahulu di dalam kulkas. Sore hari aku bergegas pergi ke tempat bocil yang sedang melakukan kegiatan ramadhan untuk membawa menu pembuka puasa bagi mereka. Dua tampah besar berisi sate buah. Di sana aku taruh di piring kertas dan di atasnya diberi toping susu kental manis. Beberapa bocil melihat isi tampah dan menanyakan itu apa. Aku hanya tersenyum dan mengatakan , lihat nanti saja dan rasakan sendiri.


Terdengar suara bedug tanda berbuka puasa . Bocil bergegas membatalkan puasanya dan  berbaris rapih untuk mendapatkan menu pembuka puasa mereka. Satu piring sate buah mereka bawa dan duduk berjejer rapi. Saat mereka makan, ternyata mereka suka banget dan banyak yang menanyakan buah yang ada di tusukan sate. Ada rasa haru karena beberapa anak baru pertama kali mencoba buah melon,apel dan semangka. Dan kegembiraan mereka membuat hatiku bahagia. Benar kata orang membahagiakan orang  itu membuat hati kita juga turut bahagia.






26 komentar:

Timur Matahari mengatakan...

Mau juga dunk sama sate buahnya.
Salut sama kreatifitasnya dalam mengkreasikan menu untuk buka puasa.

Janiarto Paradise mengatakan...

terbayang kesegaran buahnya mbak, udah lama nggak makan buah ini, belum pernah juga ngerasa sensasi sate buah.... #mupeng

Kania Ningsih mengatakan...

asiik, seger banget emang kalo buka puasa sama buah, gulanya gula alami :) makasih udah ikutan GA ini mak...

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Timur biar anak gak bosan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Janiarto apalagi di Cirebon yang terkenal panasnya, buah pasti segar

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Kania segar di udara yang panas

Heni Puspita mengatakan...

Saya juga maulah sate buahnya, seger banget deh

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Heni, seger banget dan tentunya sehat

sari widiarti mengatakan...

biasanya dilumuri cokelat, mantaaap :D

Tira Soekardi mengatakan...

oh ya bisa juga mbak Sari, lebih mantap memang

Gusti Indah Primadona mengatakan...

jadi pengen bikin juga mbak, gampang kayaknya :)

Tira Soekardi mengatakan...

gampang , topping bisa susu kental manis , juga bisa coklat seperti kata mbak Sari. coba mbak Prima

handdriati mengatakan...

siang2 seger tuh ya mbak makan sate buah hihi...

Anesa Nisa mengatakan...

sate buahhh..
jadi alternatif hidangan buat anak yanggak suka buah.
bentuknya menarik ya mbak :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Handdriati

Tira Soekardi mengatakan...

iya alternatif yang bikin anak lahap makannya , mbak Anesa

Hendra Alfarisi mengatakan...

Alhamdulillah berkah banget mba. Berbuat kebaikan di bulan Ramadhan tentu pahalanya berlipat-lipat.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Hendra dan memberi kebahagiaan buat orang lain

Irly - mengatakan...

Segar... dan pastinya sehat...^^

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbka Irly, sekarang orang sudha mengerti betul tentang manfaat buah yang kaya akan vitamin dan serat

Rere @atemalem mengatakan...

Kayanya enak ya sate buah, makannya seruuu.. :D

Tira Soekardi mengatakan...

enak dan banyak gizinya dan emang seru

Putri Devina mengatakan...

luar biasaa ,, sekarang ramadhan juga .. mau bikin menu pembuka puasa bersama bocil lagi ga ? :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Putri , nanti tangal 1 Juli dengan menu yang berbeda sekalian merayakan ultah suamiku

Delyanet Karmoni mengatakan...

wah, pasti segar sekali sate buahnyaa... tambah menyenangkan karena dimakan bersama orang-orang kesayangan.^^

Tira Soekardi mengatakan...

yup mbak Delyanet, bahagia bersama bocil

Posting Komentar