Kamis, 12 Oktober 2017

Ijinkan Aku Menua Bersamamu





Manusia selalu berubah tiap tahunnya. Baik fisik maupun psikis. Semakin tahun semakin menua. Banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh manusia. Fisik mulai melemah karena metabolisme tubuh juga melambat. Keriput , uban sudah mulai tampak di penampilan. Sakit tua seperti nyeri sendi, cepat capai, susah tidur sering melanda lansia. Dan kita tak bisa melawan waktu.

Aku melihat ibuku bisa menua dengan bahagia. Wajah cantiknya terpancar walau usianya sudah menginjak usia 84 tahun. Senyum terpancar dari lubuk hati yang terdalam. Kebaikan hatinya terpancar dari wajah teduhnya. Baru-baru ini  di suatu acara ibuku mendapat juara Miss Granny ke tiga. Wah, aku sempat terkejut, tapi melihat di fotonya , beliau memang pantas mendapat gelar Miss Granny.  Di usianya yang sudah 84 tahun, mama masih aktif. Main angklung, mengunjungi panti jompo dan berbagi kegembiraan di sana. Dan masih aktif masak buat makanan anakku yang tinggal di rumah mama.

Ibuku yang pakai baju putih Miss Granny 3
 

Aku ingin seperti ibuku. Menua dengan bahagia. Karena banyak hal yang bisa membuat kita menjadi stress setelah menua. Ternyata mudah kalau kita ingin menua dengan bahagia. Beberapa tips yang bisa digunakan agar kita di masa tua selalu bahagia.

  • 1.      Tetap aktif dengan hal yang kita sukai. Aku mencoba untuk aktif dengan apa yang aku suka. Aku suka mengajar. Dan komunitas Circle of Happiness adalah segalanya bagiku. Bagian dari hidupku yang akan membuat aku aktif selalu, karena dengan aktif selalu kita akan terhindar dari stress yang berpengaruh terhadap kelancaran aliran darah dan kerja jantung.
  • 2.      Mencoba sesuatu yang baru. Tantangan akan membuat kita bersemangat hidup. Sesuatu yang baru dari rutinitas harian bisa membuat kita merasa muda kembali.Kini aku mencoba untuk bisa berjualan buket bunga dari kertas. Tantangan baru yang aku harap bisa membuat aku lebih bersemangat untuk menikmati masa-masa ini.
  • 3.      Menjaga kehidupan sosial. Setelah masa-masa kerja selesai, kita tetap harus banyak menjalin komunikasi dengan banyak teman. Dengan adanya teman kita masih bisa banyak bercerita banyak hal, keluh kesah dan saling menguatkan satu sama lainnya.
  • 4.      Tetap berolahraga. Olahraga juga selain sehat dan bahagia. Lebih baik berolahraga di luar rumah seperti jalan pagi, lari atau ikut senam bersama orang lain. Jadi selain tubuh sehat, kita akan punya banyak teman dan bisa bersosialisasi dengan banyak orang.Beretmu dengan orang yang berolahraga juga memberikan semangat untuk terus olahraga.
  • 5.      Tak perlu membandingkan diri sendiri. Membandingkan diri sendiri saat masih muda dan sekarang malah akan membuat kita menjadi stress. Terima perubahan yang terjadi dan bahagia dengan perubahan ini . Yang penting kita sehat.


Menua bahagia bersama pasangan. Tentu ini sangat diharapkan banyak orang termasuk diriku. Usia pernikahan aku yang sudah mencapia 27 tahun , membuat cintaku selalu bertumbuh semakin kuat, karena kita sudah bisa saling mengenal satu sama lain, sudah bersaam mengarungi suka duka kehidupan. Saat anak-anak sudah dewasa , sudah mulai punya kehidupan sendiri, artinya aku dan suamiku kini selalu menghabiskan waktu bersama.
Menghabiskan waktu bersamamu selalu itu akan mengusir rasa kesepian saat kau tak ada. Sehingga aku ingin menghabiskan waktu selalu bersamamu. Minum teh bersama, atau makan masakanku walau tak seenak di restoran, tapi duduk makan berdua selalu akan membuat hatiku gembira , tak merasa kesepian.

Cinta kita tak pernah pudar, selalu bertumbuh. Semakin hari cintaku semakin kuat di usiaku yang semakin menua.  Dan aku ingin selalu jatuh cinta denganmu. Karena jatuh cinta itu sejuta rasanya. Selalu memikirkan dirimu setiap saat, selalu membayangkan dirimu dan selalu membayangkan aku ada dalam pelukanmu. Bolehkan aku jatuh cinta berkali-kali padamu??? Ijinkan aku bisa menua bersamamu. Saling bergandengan tangan, saling berpelukan. Saling menguatkan di masa tua. Untuk saling menjaga satu sama lain. Ah, ingin sekali itu bisa terwujud. Sayang,ijinkan aku selalu berjalan di sisimu , bersama menua dengan bahagia , bersama selamanya….Perhatikan diriku selalu agar aku tak pernah kesepian, ajaklah aku refreshing bersamamu dan jangan biarkan aku menunggu lama dirimu .... I Love You.

46 komentar:

Kurnia amelia mengatakan...

Makasih tipsnya kak,,semoga saya pun bisa panjang umur dan menua penuh bahagia.

Heripal d mengatakan...

Wah...romantis banget, semoga langgeng sampai tua. Nice tipsnya mbak

Kanianingsih mengatakan...

semoga saya jg bisa menua dengan bahagia :)

PIPIT mengatakan...

tips tips nya harus dicatat nih, biar masa tuaku bahagia kayak bunda.
semoga bunda dan suami langgeng sampai akhir hayat ya bun

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas heripal

Tira Soekardi mengatakan...

semoga mak kania

Tira Soekardi mengatakan...

amin mbak pipit

Heri Laregrage mengatakan...

Semoga bahagia selalu bu..

Nurul Sufitri mengatakan...

Aku tehraru bacanya hiks jadi sedih sih. Semoga mbak Tira selalu bahagia bersama sang suami ya hingga maut memisahkan aamiin.

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas heri

Tira Soekardi mengatakan...

makasih doanya mbak nurul

vika hamidah mengatakan...

Tipsnya bermanfaat mbaaa makasi ya.. aku ingin hidup menua bahagia hehe

Tira Soekardi mengatakan...

mudah2an bisa ya mbak vika

Adi Pradana mengatakan...

Semoga mamah tira dan suami tercinta langgeng. Tipsnya akan saya terapkan dlm keluarga saya juga. Maturnuwun

Bunda Erysha mengatakan...

Wah, semoga saya juga diijinkan olehNya untuk menua bersama pasangan saya. ��

herva yulyanti mengatakan...

Wah inspiratif banget ibunya usia 84 masih terus aktif. aku masih blm komit untuk olahraga bu masih susah untuk memulai dan jalaninnya hehehe smg next bisa tergugah aku untuk rajin olahraga

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas adi

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa terwujud bunda erysha

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak herva , olahraganya jalan kaki saja cukup 30 menit setiap hari

indiRa mengatakan...

Olahraga ya Mbak Tira, wah Usia perkawinannya 27 tahun..semoga saya juga menua bersama pasangan saya

anna mengatakan...

Wah inspiratif ini mah. Semoga selalu bahagia ya mak. Langgeng dunia akhirat, aamiin :)

Lia Lathifa mengatakan...

Wah sangat inspiratif nih tips mamahtira, saya juga pengen terus menua dgn suami seperti mamahtira yg tetap produktif dan mesra dgn suami

Abdur Rosyid mengatakan...

Tipsnya menginspirasi banget, Kak. Pas bangetbiat kita yang masih muda. Harus bisa mempraktekkannya.

Terimakasih, Kak. Salam hangat dari Bondowoso..

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak indira, olahraga, yg ringan jalan kaki 30 menit sehari, mudah kan

Tira Soekardi mengatakan...

amin, mbak anna

Tira Soekardi mengatakan...

aku doakan mbak lia, amin

Tira Soekardi mengatakan...

salam kembali mas abdur

Mas Darsono mengatakan...

Tipsnya Mantabz bunda...

Semoga saya bisa memanfaatkan nya...

Tira Soekardi mengatakan...

amin, maz darsono

Mayang Dwinta mengatakan...

romantis sekali bu tulisannya, kalau saya paling suka mencoba hal baru bersama pasangan. tapi sayang, pasangannya belum ada :(

indrathrw mengatakan...

Tips-nya boleh dicoba dari sekarang meskipun aku belum masuk di usia 30. Mudah-mudahan kita bisa menua bahagia seperti mamanya mamahtira, ya.. hehe

farida mengatakan...

Masyaallah beneran cantik ya mamanya. Semoga harapan mbak Tira terkabul :)

Eri Udiyawati mengatakan...

Sangat setuju dengan tak perlu membandingkan diri sendiri. Toh kita memang berbeda dengan yang lain. Semoga kita diberi umur panjang yang berkah dan banyak manfaat kebaikannya.

Tira Soekardi mengatakan...

semoga kelak kl sdh dapat pasangan bisa spt saya ya mbak mayang

Tira Soekardi mengatakan...

semoga mas indra

Tira Soekardi mengatakan...

memang cantik mamaku mbak farida

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak eri

Roosvansia Sipahutar mengatakan...

Amennnn. Aku mau bahagia dan tetep awet muda hihihih, bisa kan mba hihihihi.

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Amin. Sukaaa neh. Makasih tipsnya, semoga bahagia selalu mba

Tira Soekardi mengatakan...

bisa mbak roosvansia

Tira Soekardi mengatakan...

makasih doanya mbak liswanti

Lusi mengatakan...

Semoga langgeng ya mbak :)

Inna Riana mengatakan...

aih terharu baca tulisan ibu. skr jg yg saya pikirkan tentang masa tua bersama suami. semoga bisa langgeng selamanya buat bu tira dan suami tercinta

Tira Soekardi mengatakan...

makasih doanya mbak lusi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak inna, setelah anak dewasa, akhirnya berdua akan menua bersama

Posting Komentar