Minggu, 09 September 2018

Minum Jus Alternatif Untuk Sehat



Gambar dari sini 
 

Banyak manfaat dari buah yang sudah kita tahu. Banyak artikel dan penelitian yang membuktikan kehebatan buah-buahan bagi tubuh kita. Dan kenyataan banyak dari kita yang kurang suka buah, bisa salah satu jenis atau semuanya. Kebetulan suamiku dan anak-anakku termasuk yang kurang suka buah, padahal aku sendiri suka dengan buah. Tapi kalau buah di jus mereka suka dan mau memminumnya. Tapi tentunya membuat jus butuh waktu tersendiri ya dibandingkan kita makan langsung. Tapi apa mau dikata karena memang kebutuhan akan buah itu penting maka aku harus membuatkan jus untuk diminum bersama agar kebutuhan akan buah terpenuhi.

Nah , aku sendiri jadi harus rajin membuat jus dengan variasi buah agar taidak bosan dengan buah-buah itu lagi. Kebetulan banyak buah yang memang bisa dijadikan jus. Untuk membuat jus ada yang perlu diperhatikan agar manfaat jus tetap tercipta.

  • 1.      Memilih buah. Memilih buah yang bisa dijus dan baik untuk kesehatan juga perlu diperhatikan. Jangan pernah mencampur mangga dan nenas karena buah-buah ini kandungan gulanya tinggi. Juga kalau bisa gunakan gula yang tak banyak, kalau buah sudah manis malah jangan tambahkan gula, kalau bisa ditambahkan madu akan meningkatkan nilai nutrisinya.

  • 2.      Pilih buah yang terbaik. Untuk membeli kita harus cenderung teliti agar kita mendapatkan memang buah yang baik. Lebih bagus lagi membeli buah organik terhindar dari pestisida. Pilih juga buah yang segar dan masih baru. Dan jangan lupa untuk mencucinya dengan bersih.

  • 3.      Dampingi dengan asupan nutrisi yang lain. Bukan berarti sudah minum jus terus sudah tapi jenis makanan lain juga perlu diimbangi karena kebutuhan tubuh bukan hanya viatmin dan meneral yang ada di buat tapi juga protein, karbohidrat dan lemak.

  • 4.      Buat sendiri. Banyak kemasan jus yang dijual di toko. Memang kandungann gizinya juga baik tapi alangkah baiknya kalau kita bisa membuat sendiri, karena lebih fresh dan langsung dikonsumsi.Kualitas bisa terjamin dengan membuat sendiri.


Nah, itulah makanya aku rutin membuat jus dengan aneka buah. Lebih segar dan terjamin kesegarannya. Nah, trenyata cara minum jus juga harus benar untuk mendapatkan manfaat yang tinggi. Tentunya kita ingin makan jus ada manfaatnya , jangan sampai makan jus tapi berkurang manfaatnay karena cara minumnya salah.

  • 1.      Pada pagi hari waktu yang tepat untuk minum jus.Hal ini karena jus buah banyak serat dan air yang bisa memperlancar pencernaan. Tapi jangan menggunakan buah yang rasanya masam biar gak sakit perut dan memicu asam lambung. Pilih buah yang manis dengan tekstur lembut dan sedikit air.

  • 2.      Perlu diingat jus itu bukan pengganti makanan karena tubuh juga perlu nutrisi lain seperti karbohidrat, protein. Dan buah juga tidak bisa menggantikan kalori harian yang dibutuhkan tubuh.

  • 3.      Jus harus diminum dengan ampasnya. Biarkan ampasnya tetap di sana jangan disaring. Karena ampasnya juga ada kandunagn serat dan vitamin C yang tinggi.

  • 4.      Jangan minum jus setelah makan karena akan ganggu proses pencernaan. Karena butuh 10-15 menit untuk mencerna. Sehingga akan mengalami proses fermentasi sebelum dicerna. Yang baik pagi hari saat perut kosong atau satu jam sebelum makan.

  • 5.      Cara minum jus jangan langsung tapi seteguk demi seteguk. Semuanya ini agar tercampur dengan enzim yang ada di rongga mulut yang bantu proses pencernaan.


Nah, dengan melihat cara minum jus yang benar tentunya bisa diterapkan agar manfaat dari jus bisa menjadi baik bukan tak baik. Walau memang lebih baik makan buah langsung tapi bagi yang tak suka buah , alternatifnya ya jus buah ini. Walau harus ada kerja ekstra, tapi karena manfaatnya banyak, semua dilakoni

48 komentar:

Anisa mengatakan...

Blognya sangat bermanfaat sekali, terimakasih.

Mega mengatakan...

Tipsnya sangat bermanfaat sekali

Alvi mengatakan...

Blognya bagus sekali

Sasa mengatakan...

Wah, terimakasih sudah membuat blognya, saya jadi tau sekarang membuat jus dengan cara yang benar.

Diana mengatakan...

Jadi tidak sabar membuat jus yang enak dan sehat di rumah hehe

Tika mengatakan...

Blognya sangat bermanfaat, terimakasih sudah membuat blognya.

Riza Firli mengatakan...

aku suka bgt jus mangga..sama jus jambu

Inda Chakim mengatakan...

Abis baca tulisan Mahtira, daku pun pengin segera ngejus, ngejus melom ah, seger kayaknya

Kanghar Akasa mengatakan...

Sukanya JUS Mangga, Kedondong, Apel, Nanas, Sirsak :)

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bermanfaat mbak mega

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mabk alvi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sasa , harus denagn cara yang benar agar vitaminnya gak hilang

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan dicoba mbak diana, alternatif yang gak suka buah segar

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak tika

Tira Soekardi mengatakan...

wah pastinay sear ya mbak firli

Tira Soekardi mengatakan...

ayo mbak inda bikin pastinya segar

Tira Soekardi mengatakan...

kanghar itu sih semuanya suka deh

Nur Rochma mengatakan...

Saya suka bikin jus sendiri. Tapi nggak pernah mencampur buah-buahan. Sekarang baru tahu kalau mangga dan nanas nggak boleh dicampur. Bisanya satu macam buah yang dijus.

Revi Pratiwi mengatakan...

Aku sampai sekarang masih rutin minum jus juga mbak, suka buat green juice dari bayam lemon apel pake madu.

Tira Soekardi mengatakan...

kalau aku gak suka dicampur2 mbka nur takut rasanya jadi gak enak

Tira Soekardi mengatakan...

baguslah mbak revi, sehat

Rosanna Simanjuntak mengatakan...

Pas suami divonis kolesterol tinggi, doa jadi demen buat jus. Biasanya nenas+pepaya+tomat. Tak pakai gula.

Rasanya segaaar banget ya. Apalagi kalau pas dapat buah nenas dan pepaya yang manis. Masya Allah, nikmat banget!

Victor Martin mengatakan...

Jus apapun tetep seger lah,, asal jangan jus mengkudu...

Eri Udiyawati mengatakan...

Nah, kan saya baru tahu kalau minum jus juga harus seteguk demi teguk. Biasanya saya minum jus di siang hari, pas panas gitu, langsung deh, lep...
Dan yang satu lagi, hmm iya bener juga sih ya, kalau buahnya manis, enggak perlu tambahan gula. Kadang saya kalau bikin jus, udah pakai gula dan kremer juga. Haduuuh...

Creative Huntress mengatakan...

Padahal karena kebiasaan banyak yang makan buah setelah makan ya...info yang bermanfaat sekali..

Reyne Raea mengatakan...

Ini impian saya sejak dulu, gak tercapai mulu.
Pengennya sih kenyang hanya dengan jus.
Padahal saya pecinta jus tanpa gula.
Sayangnya males bikinnya :)

Sabda Awal's Blog mengatakan...

saya suka makan buahnya langsung, tapi kalau pengen jus harus benar2 buah yang masih seger

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak rosana, memang betul ya buah itu penting

Tira Soekardi mengatakan...

iyalah mas victor, jus mengkudu mah aduh pahit dan sepet

Tira Soekardi mengatakan...

mbak eri, pakai madu saja atau gula cair dari sari pati singkong aman buat diabetes juga , merek punay rose brand

Tira Soekardi mengatakan...

betul creative hunters , artinya banyak yang salah, mungkin karena kebiasaan

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak reyne, aku di jus karena pada gak suka buah, jd harus rajin kalau gak asupan buah gak ada

Tira Soekardi mengatakan...

memang lebih bagus buahnay langsung mas sabda, ini di jus karena pada gak suka, pdhl bikin jus itu ribet

Euisry Noor mengatakan...

Aku jg suka banget buah & jus. Etapi ternyata minum jus abis makan kurang tepat ya. Padahal buat seger2 cuci mulut

Bang Day mengatakan...

Kalo lagi diet jusnya gak pake gula n susu.

Mugniar mengatakan...

Nah iya, kalau bikin sendiri bisa menakar kadar kemanisannya ya Mbak. Kalau beli duh sering kali manisnya kelewatan deh

Tira Soekardi mengatakan...

iya euisry, hrs saat perut ksoong

Tira Soekardi mengatakan...

walau gak diet juag gak usah pakai gula bang day, manisnya buah sdh cukup

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak niar

Farida mengatakan...

betul. istilahnya smoothies ya kalau mengonsumsi sari buah beserta ampasnya :)

Amanda Ratih mengatakan...

Aku konsumsi jus nggak lain biar ada kecukupan serat mam dalam tubuh

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak farida

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak amanda

Pu mengatakan...

Jarang ngejuz, tapi kadang2 milih juz buah. Diminumnya pagi2 pas perut kosong. Enak

Tira Soekardi mengatakan...

kaalu yang buah segar suak gak usah ngejus pu

ewafebri mengatakan...

Wah.. terima kasih mbak ilmunya.. kadang saya lupa, mentang2 udah minum jus kenyang malah gak makan 🤦 ..

Tira Soekardi mengatakan...

iya karena kita perlu gizi yg seimbang ya mbak ewafebri

Posting Komentar