Minggu, 04 November 2018

Mind Maping Belajar Jadi Mudah






Otak kita menampung banyak sekali informasi dari luar yang perlu diolah . Disimapn dalam sel saraf di saraf yang bercabang-cabang. Nah, begitu juga saat kita belajar atau mendapatkan banyak informasi semua akan tersimpan dalam sel saraf. Nah, informasi ini tentu bisa saja hilang atau tak tersimpan dalam memori kita karena tak pernah dipelajari lagi. Banyak anak belajar dan cepat lupa kembali, karena begitu banyak informasi yang masuk dalam otaknya. Maka perlu cara mempelajari sesuatu hal dengan cara yang mudah dan kreatif sehingga lebih mudah dipelajari. Salah satunya dengan cara mind maping ini. Jadi mind maping itu memetakan banyak informasi yang didapat dalam suatu pemetaan peta pikiran yang ada dalam bentuk percabangan yang ditulis dalam media digital ataupun ditulis tangan. Tujuan utamanya sih untuk memudahkan kita mengingat informasi yang perlu dipelajari.




Manfaat mid maping ini begitu besar sehingga kalau anak sudah dibiasakan untuk memetakan peta pikirannya dalam bentuk mind maping ini tentunya akan memudahkan anak belajar. Apalagi kalau membuatnya dengan kreatif dengan gambar dan tulisan yang warna warni. Itu sangat membantu sekali. Jadi manfaat mind maping yang bisa diambil seperti


  • 1.      Meningkatkan kemampuan kita mengingat secara mendetail dan utuh. Dengan demikian memudahkan kita mempelajari informasi karena sudah ditulis dalam peta konsep ini.

  • 2.      Meningkatkan manajemn informasi, konsentrasi,imajiansi dan memori. Otak semakin mahir memilah informasi dan mengelompokan informasi sehingga memudahkan . Dan kita jadi lebih bisa konsentrasi karena sudah terpetakan dengan baik.

  • 3.      Menjadikan kegiatan belajar menyenangkan dan menghemat waktu.  Seperti bermain karena ada gambar yang dibuat dengan tulisan warna warni sehingga akan menyenangkan.

  • 4.      Membuat materi sulit mudah dipahami. Dengan adanya gambaran secara mendetail di peta konsep akan memudahkan kita, hal yang sulit jadi terlihat mudah.


Untuk membuat mind maping diperlukan tema utama yang biasanya ditulis di bagian tengah.Kemudian membuat turunan tema dari tema utama, seperti faktor yang mempengaruhi, jenis , atau akibat . Dan terakhir hubungkan antara tema utama dan turunan tema tersebut dengan menggunakan garis atau tanda panah. Setiap tema bisa ditandai dengan simbol, warna gambar yang erat hubungannya dengan tema utamanya. Biasanya menggunakna kertas polos dan menuliskan poin-poni tema dengan huruf besar dan bisa dengan warna yang berbeda. Sehingga akan tampak jelas .




Begitu juga anak-anak Circle of Happiness diajarkan membuat mind maping dengan tema pencemaran. Dibagi menjadi lima kelompok dengan tema pencemaran udara, air dan tanah. Masing-masing didampingi dengan kakak relawan. Satu jam pertama mereka membuat peta konsep di papan streofoam dan satu jam berikutnya setiap kelompok memaparkan hasil memetakan konsep di papan streofoam. Kakak relawan membagi tugas pada anak-anak, ada yang menulis temanya , ada yang menggambar dan ada yang membuat garis panahnya.  Mereka belajar bekerja secara tim. Dan itu perlu sekali agar mereka punya kemampuan bekerja sama. Walau memang perlu banyak bimbingan karena ada anak yang masih belum bisa diam di kelompoknya , masih ingin melihat milik kelompok lainnya. Disinilah peran kakak relawan untuk mengajak anak-anak untuk mau ikut bekerja dalam satu tim yang solid. Juga mengajarkan mereka untuk memaparkan dengan baik di depan teman-temannya.
Kegiatan hari ini dengan tema pencemaran banyak hal yang bisa diambil manfaatnya, baik dari sisi pembuatan mind maping maupun karakter anak yang bisa dibentuk lewat kegiatan ini.


Diteliti dari pentingnya memetakan konsep maka mind maping perlu banyak disosialisasikan ke anak-anak agar mereka bisa membuatnya dengan cara kreatif sehingga memudahkan mereka belajar. 


26 komentar:

Frima mengatakan...

Tulisan yang menarik dan sangat bermanfaat...lanjutkan Kak!!

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak frima

Dian Restu Agustina mengatakan...

Mind mapping membuat anak bisa fokus pada tujuan ya Mbak..karena terpetakannya satu tema. Apalagi jika kerja kelompok begini akan bermanfaat sekali buat mereka untuk bekerja sama juga mempresentasikan hasilnya.
Salut pada kegiatan Circle of Happines

Athiah Listyowati mengatakan...

Dari pertama kali kenal sama mindmapping langsung jatuh cinta, sampai sekarang masih selalu pakai

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak dian

Tira Soekardi mengatakan...

karena sangat memudahkan ya mbak athiah

Brian Prasetyawan mengatakan...

Mind maping ini menjadi andalan pembelajaran kurikulum 2013 karena membuat cara berpikir anak terstruktur dan logis. Kreativitas anak juga terasah.

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Dulu awal belajar mind mapping aku juga seneng banget mbak, nyesel aku belajarnya udh gede haha, coba kalau tau dari kecil.

Reyne Raea mengatakan...

Keren mba, asyik banget nih buat diterapin ke anak saya, biar lebih fokus belajarnya :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas brian

Tira Soekardi mengatakan...

iya memang ini baru2 ini saja mbak ursula

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak reyne

Reihan Putri mengatakan...

wah ini membantu banget nih tekniknya dari kecil sampe kuliah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak putri

MAMAN mengatakan...

coba dari kecil aku ada yang ngajarin mid maping.. pasti makin gesit lagi heheheheh

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mas maman

Ucig mengatakan...

Aku mau nyoba, memang anak2 pasti suka deh yg warna warni bergambar gini ya mama Tira. Aku br tau kelebihan mind mapping slama ini cuma tau mind mapping tanpa kelebihannya. Makasih maa..

farida mengatakan...

wah pasti seneng bgt anak2 diajari mind mapping nih

Amanda Ratih mengatakan...

Sama nih mama Tira, aku klo bikin blog yg rada susah pakai mind mapping, atau bikin tulisan pasti pakai mind mapping, biar lbh mudah ya kan mikirnya hehe

Tira Soekardi mengatakan...

wah keren ini mbak ratih, jd tulisannya gak terlewat karena sdh ada detail yang mau ditulis di mind mapingnya

Yuni Handono Channel mengatakan...

Dengan mind mapping anak2 jadi fokus belajarnya ya mbak...TFS mbak

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak yuni

Adhi Hermawan mengatakan...

Buat ngeblog pun aku juga biasa pake mind mapping!..

Ninik Setyarini mengatakan...

semacam bikin algoritma gitu ya mbak. dan ini memabantu banget dalam penulisan khususnya. atau dalam menyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari.

Tira Soekardi mengatakan...

oh begitu ya mas adhi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ninik

Posting Komentar