Selasa, 10 September 2019

Ulang Tahun Circle of Hapiiness Yang Ke 4



Sampailah tahun ini di penghujung bulan Agustus dimana komunitas anak Circle of Happiness sampai pada usia 4 tahun. Waktu yang cukup bagi komunitas anak ini untuk berkembang. Masih jauh dari sempurna. Seperti anak balita yang masih banyak belajar. Konsentrasi pada pembinaan karakter anak dengan berbagai kegiatan . Banyak rintangan yang dihadapi karena ternyata memperbaiki karakter jelek yang sudah tertanam dalam diri anak itu bukan seperti membalikan tangan saja. Butuh proses yang lama dan butuh kesadaran anak untuk berubah. Tak semua proses berjalan lancar ,ada yang harus dikeluarkan karena memang sangat menggangu dan membuat anak yang lain gak nyaman. Walau ini menyebabkan omongan yang gak mengenakan. Tapi aturan yang sudah disepakati ya harus ditegakan, apapun omongan orang. Toh untuk menjadi guru ya  harus melewati hal-hal yang kurang mengenakan karena banyak yang tak paham . Tapi hal yang membahagiakan adalah saat anak-anak  banyak yang berubah menjadi lebih baik. Rasanya capai tubuh ini tak sia-sia. Semua menjadi binar-binar yang membahagiakan.




Persiapan ulang tahun
Kali ini tema ulang tahun adalah Business Day. Dimana anak-anak akan memasak camilan dengan tema bola-bola dengan bahan yang berbeda dan akan dijual. Bola-bola tempe, bola-bola tahu, bola-bola peuyeum, bola- bola pisang dan bola-bola ubi. Untuk itu persiapan yang dilakukan adalah membeli bahan-bahan untuk masak. Mulai dari terigu, gula, tepung panir, dan sebagainya. Kemudian bahan-bahan tersebut dibagi-bagi ke 5 kelompok dengan harganya. Agar nanti diketahui berapa ongkos produksinya. Selain itu mempersiapkan meja untuk memasak dan mendisplay hasil jualannya. Meja-meja itu dilapisi dengan kertas kilap dan diberi hiasan agar bagus. Dan hiasan-hiasan gantung dan tulisan selamat ulang tahun dipersiapkan untuk digantungkan di area ulang tahun . Pagi-pagi mulai dengan menggantungkan hiasan . Membereskan meja untuk lima kelompok dan kursi-kursi buat orang tua. Sound syistim dipasang dan mempersiapkan lagu-lagu yang akan dinyanyikan. Anak-anak juag dipersiapkan untuk mengganti baju dengan seragam dan topeng.




Acara ulang tahun.
Pembukaan dibuka dengan senam gembira untuk menyegarkan tubuh dan otak. Di awali dengan doa. Pembacaan puisi , tarian dan angklung dipersembahkan oleh anak-anak dengan sukacita.  Dan diakhiri dengan perayaan ulang tahun . Tiup lilin dan sambutan sederhana dan pengumuman doorprize yang bakal ditunggu-tunggu orang tua. Sampailah di acara utamanya Business Day. Setiap kelompok  mulai menyiapkan bahan dan mulai mengerjakannya. Dari mulai menghancurkan bahan, memberikan rasa, dan membentuk menjadi bola-bola. Bola-bola dibuat sesuai dengan cup untuk tempat bola-bola. Semakin semarak ibu-ibu mulai menyemangati anak-anak untuk menyelesaikan masakannya. Dan mau tahu, mereka gak sabar untuk membeli hasil masakannya. Ada yang duduk berdiri lagi sambil melihat siapa yang sudah selesai . Tapi masih harus menunggu lagi karena hasil masakan anak-anak harus difoto dulu buat dokumen  ulang tahun. Dan kelompok bola-bola peuyeum langsung habis dan mereka berinisiatif membuat lagi karena bahan masih ada , sudah jadi langsung ludes lagi. Dan ini membuat mereka gembira karena hasil jualan mereka laku bahkan setelah ditambah lagi. Dan saat waktu sudah menunjukan waktu selesai kegiatan ternyata semua masakan ludes habis terjual. Sungguh menggembirakan kegiatan hari ini. Semua mengalir begitu lancar.




Di akhir kegiatan anak-anak membereskan semua area kegiatan agar tak ada lagi sampah berserakan . dan tentunya di hari ulang tahun ini anak-anak mendapakan donut madu. Mereka pulang dengan kegembiran. Semoga di hari-hari mendatang kegiatan Circle of Happiness semakin membuat anak-anak selalu gembira dan memberikan pembentukan karakter baik serta menjauhkan mereka dari gadget.


20 komentar:

Abd Kadir Rusdi mengatakan...

senang sekali ada gerakan seperti ini sangat membantu orang tua

Anisa mengatakan...

Wah bagus banget nih ya Mbak kegiatan yang satu ini. Kegiatan yang positif

Meiga mengatakan...

Ulang tahun ya 4 nih ya Mbak, selamat ulang tahun nih ya Mbak buat komunitas anak Circle of Happiness

Alvi mengatakan...

Seru banget nih acaranya Mbak, ada acara memasak bersama juga nih

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas kadir

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak anisa

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak meiga

Tira Soekardi mengatakan...

iya mi, anak2 itu paling suka masak

HENI Ajaa mengatakan...

Selamat ultah yg ke 4 to circle of happiness... Smg kedepan tmbh maju 👍

Mugniar mengatakan...

Masya Allah semoga berkah Allah senantiasa tercurah kepada Circle of Happiness, sudah 4 tahun saja, perasaan baru saja saya membaca postingan Mbak tentang komunitas ini yang baru berdiri. Semoga selalu eksis dan membahagiakan banyak anak dengan hal-hal edukatif.

Rohyati Sofjan mengatakan...

Circle of Hapiness itu luar biasa. Membentuk suatu komunitas untuk anak-anak adalah hal yang baik, membantu mereka membangun karakter yang ;lebih stabil pondasinya serta jauh dari gawai. Salut pada Mamah Tira dan teman-teman. Semoga selalu bersinergi dan kian banyak anak yang bergabung. Senang baca kisahnya. Selamat ulang tahun.

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak heni

Tira Soekardi mengatakan...

makasih doanya mbak niar

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak rohyati

Herva Yulyanti mengatakan...

wah sudah 4 th lagi ya Bu serubnih acaranya dan tak lupa bereskan sampah ya bu selepasnha

Nur Rochma mengatakan...

Selamat ulang tahun ke 4 Cirle of Happiness, semoga semakin banyak anak yang termotivasi untuk berkarakter baik.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak herva

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak nur

Reyne Raea (Rey) mengatakan...

Senangnya, bener-bener lingkaran kebahagiaan banget ya.
Selamat ultah ke 4 Cirle of Happiness :)

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak reyne

Posting Komentar