Sabtu, 04 Juli 2020

Bolehkah Makan Buah Dijus


Gambar dari sini

Sudah kita ketahui buah adalah salah satu komponen untuk pola hidup sehat. Kandungan serat, vitamin dan mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Membiasakan makan buah sejak dini itu sangat perlu sekali agar terbiasa. Begitulah teorinya. Sejak kecil memang aku diperkenalkan banyak macam buah sehingga hampir semua buah aku suka. Setelah menikah ternyata suamiku itu gak suka buah padahal orangtuanya menyediakan buah. Jadi saat anak-anak masih kesil aku perkenalkan dengan aneka buah. Dan ternyata mereka gak suka. Bahkan semangaka, mangga aku potong kotak-kotak kecil agar mereka mudah makan , tetap saja hanya dimakan sedikit. Apa ini keturunan suamiku ya. Entahlah, yang pasti akhirnya hanya aku saja yang suka buah. Tapi kalau buah dijus mereka suka banget.

Di masa pandemi ini saat tubuh harus punya daya tahan tubuh yang kuat, maka buah harus ada setiap harinya. Jadi akhirnya agar terpenuhi buah, setiap hari aku membuat jus untuk aku dan suamiku. Dan yang paling sering dibuat adalah jus tomat dan jambu biji. Selain enak rasanya juga haganya gak terlalu mahal dibanding buah yang lainnya. Memang ada beberapa kekurangan makan buah dengan cara dijus. Seperti akan kekurangan serat dan ada beberapa nutrisi yang berkurang saat proses menjus. Apalagi kalau minum jus yang kemasan. Ini lebih sangat tak dianjurkan karena kandungan gulanya yang tinggi. Tapi kalau membuat jus sendiri dengan kekurangannya dapat diminimalisir sekecil mungin agar manfaatnya bisa dipakai.

Cara-cara membuat jus sendiri agar jus punya manfaat yang maksimal seperti
  • 1        Pilih buah yang segar. Memilih buah yang segar dan matang. Hal ini karena buah yang matang akan terasa manis dan tidak mengganggu pencernaan.
  • 2        Cuci buah dengan bersih. Cuci sampai bersih sehingga permukaan bersih dari kotoran yang menempel dan bakteri menghilang dari permukaan buah.
  • 3        Tangan dan alat membuat jus harus juga bersih. Sebelumnya sudah dipastikan semua dalam keadaan bersih
  • 4        Batasi penggunaan pemanis buatan. Sebetulnya jika buah sudah matang tak perlu gunakan pemanis karena sudah manis dari buahnya. Kalaupun mau ditambah pakai gula yang kadar kalorinya rendah. Kalau aku pakai gula sari pati singkong yang kalorinya lebih rendah dari gula pasir
Tadi sudah disebutkan kalau seringnya membuat jus tomat dan jambu biji. Selain harganya yang memang terjangkau, nutrisi dan manfaat dari tomat dan jambu biji ini memang top markotop.

Jus Tomat.
Kandungan gizi yang ada dalam tomat seperti vitamn B komplek,vitamin A, vitamin C,vitamin E, vitamin K, zat besi, fosfor,magnesium, potasium dan lain sebagainya.Manfaat bagus baik buat pria dan wanita. Dan manfaat yang paling sederhana adalah bisa membuang racun dalam tubuh.Bisa meningkakan fungsi hati dan ginjal karena terdapat klorin dan sulfur.sehingga memudahkan untuk membuang racun dalam tubuh.

Jus jambu biji.
Buah ini bisa melawan penyakit degeneratif. Hal ini disebabkan karena jambu biji ini bebas asam lemak jenuh dan sodium. Rendah lemak tapi seratnya sangat tinggi. Bagus dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi saraf serta otak. Hal ini karena ada kandungan vitamin B3 dan B6 yang penting untuk otak.

Jadi bagi yang memang kurang suka dengan buah segar, tidak salahnya untuk minum jus buah dengan syarat membuat sendiri bukan jus kemasan yang banyak gulanya. Walau agak ribet tapi konsumis buah sangat penting sehingga tetap harus dilakukan. Apalagi dalam masa pandemi ini buah salah satu yang harus rutin dikonsumsi.

31 komentar:

Erlina mengatakan...

Kalau saya lebih suka makan buah potong.. btw, terima kasih sharingnya:)

Tira Soekardi mengatakan...

semau punya kesukaan masing2 ya mbak erlina

triimeii mengatakan...

Aku jg suka nge-jus, dan biasanya gulanya dikit,, :) emang manfaatnya banyak ya

Niken Nawang Sari mengatakan...

Aku suka ngejus juga Mbak tapi jarang dikasih gula. Eh sekarang blendernya rusak 😅 jadi libur ngejusnya, padahak banyak banget ya manfaat dari segelas jus.

Astria tri anjani mengatakan...

Saya juga paling suka jus tomat dan jambu biji, rasanya seger warnanya menggoda😁 ditbah jus alpukat... Saya juga suka banget. Kalau bikin jus sih, baiknya nggak usah dikasih gula atau pemanis lagi.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak tri, manfaat buah yang kaya serat

Tira Soekardi mengatakan...

wah yang pasti tetap makan buah seger dong mbak niken

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak astria harganya murah, kaya manfaat dan rasanya enak

dr.Tubagus mengatakan...

makan buah yang dijus? boleh nggak ya? setahuku minum yang boleh.... hmmm saya juga sulit menjawabnya, apakah ada perbedaan yang signifikan antara makan dan minum.

Saya suka sih dijus, tanpa gula, tapi pakai ice.... wah segerrrrr

Tira Soekardi mengatakan...

dr tubagus kenapa saya bikin judul seperti itu kadang banyak orang suka bilang kalau makan buah tuh bagus yang seger bukan di jus, sedang menurutku sih gak apa di jus selama bikin sendiri, tetap sehat

Agus Warteg mengatakan...

Kalo jus tomat aku kurang suka tapi kalo jus jambu biji malah suka sekali, enak rasa jambulnya. Tapi kalo tidak dibikin jus, makan jambu bijinya langsung juga suka.

Anak anak sekarang kok ngga doyan buah ya, sama seperti anak saya. Padahal saya dan istri suka buah, buah apa saja. Ibu dan bapak saya juga suka buah. Sepertinya ini bukan karena faktor keturunan tapi karena rasa buah kalah sama rasa permen yang manis.😂

Enny Law mengatakan...

Jarang ngejus soalnya ribet,enakan dipotong langsung lep, hihihi

bisotisme.com mengatakan...

Saya juga lebih suka ngejus sendiri, ukuran dan takaran bisa disesuaikan dengan selera :)
Makasih pak tipsnya

Tira Soekardi mengatakan...

tp mas agus, aku bilang keturunan krn suamiku dan anak2ku gak suka, jd aku menyimpulkannya mungkin krn keturunan

Tira Soekardi mengatakan...

memang sih mbak enny, di jus itu ribet kalau mau cuci blendernya

Tira Soekardi mengatakan...

bisotisme, di jus itu enak tinggal leg masuk deh ke perut

Mugniar mengatakan...

Nah iya Mbak benar itu, harusn ya buat sendiri ya kalo mau minum jus, jangan beli yang banyak gulanya.

Roem Widianto mengatakan...

Jadi makan buah dalam bentuk jus boleh ya, Mbak? Asal tetap atur kadar gulanya. Maklum, aku kadang males kalau makan langsung buah. Lebih suka dijus aja, praktis langsung minum aja. Hehehe.

Muna Fitria Hidayat mengatakan...

Nah ini. Biasanya yang bikin jus buah yang sebenarnya sehat menjadi "berbahaya" adalah pemanisnya. Apalagi kalau beli di abang-abang tuh. Gula udah 5 sendok, ditambah lagi krimer, ditambah lagi kental manis coklat. Jantungku menjerit. Hehe..

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak niar, walau agak ribet dan malas nyucinya

Tira Soekardi mengatakan...

iya kalau bisa jangan pakai gula mbak roem, atau pakai gula yg kalorinya rendah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak muna, makanya buat sendiri

Iskandar Dzulkarnain mengatakan...

kalo dijus emang semua orang pasti suka

Sulis mengatakan...

Di rumah suami+anak2 yang suka jus mba.. biasanya jambu...Krn ada pohon jambu juga di blkng rumah. Klo aku, lbh suka dimkn langsung...mls nyuci blender juga soalnya..hi...hi...hi

abasozora mengatakan...

entah mengapa anak-anak saya suka minum Jus Jambu, tetapi kalau di ajak beli jus mereka pilih yang aneh aneh ya bukan aneh aneh si intinya pas milih selain jus jambu tetapi akhirnya tidak habis, tapi kalau yang di minum jus jambu itu habis, mungkin melihat bentuk yang kurang menarik dari jambu biji merah si, lebih mnarik bentuk apel dan lain lainnya tetapi ya itu yg abis mesti jus jambu

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas iskandar

Tira Soekardi mengatakan...

bunda raka, memang kalau jus paling sebel ya cuci blender

Tira Soekardi mengatakan...

abasozora, orang itu suka karena kenal rasanya, yang belum biasa makanya gak suka

Climate4life mengatakan...

Dulu pernah diet ketat, klo pesan jus tanpa gula ataupun skm. Hasilnya istri langsung hamil (lagi) :)

~Bang Day

Tira Soekardi mengatakan...

aih2 bang day, begitu ya, wah bisa dicoba nih

Unknown mengatakan...

commercial kitchen equipment
used commercial kitchen equipment
commercial kitchen equipment near me
commercial kitchen equipment for sale
braising pan
braiser pan
charbroil oilless fryer
charbroil gas grill parts
combi oven
rational combi oven
commercial deep fryer
commercial air fryer
commercial refrigerator
commercial refrigerator for sale
commercial kitchen equipment
used commercial kitchen equipment
commercial kitchen equipment near me
commercial kitchen equipment for sale
braising pan
braiser pan
charbroil oilless fryer
charbroil gas grill parts
combi oven
rational combi oven
commercial deep fryer
commercial air fryer
commercial refrigerator
commercial refrigerator for sale


Posting Komentar