Sabtu, 17 Oktober 2020

Menata Teras Rumah Agar Nyaman

 


Seberapapenting  teras rumah bagi suatu rumah ? Teras rumah adalah ruang terbuka yang menjadi penghubung antara rumah dalam dan ruang luar. Dulu fungsinya buat ruang tunggu tamu sebelum dipersilahkan masuk ke dalam rumah. Tapi kini banyak pergeseran tentang fungsi teras rumah, malah banyak fungsinya sekaligus. Teras ini tergantung besar dan luas rumah. Ada yang memiliki teras depan, belakang dan samping sekaligus,ada yang satu dan ada yang dua. Teras itu penting karena merupakan bagian, jiwanya rumah. Kalau tak ada teras jiwa rumah tak ada. Sebagai penghubung ruang dalam dan luar agar saat membuka pintu tak langsung keluar rumah. Dengan adanya teras juga bisa menangkal hujan dan sinar matahari tak langsung ke rumah. Teras depan bisa berguna untuk ruang tunggu tamu sebelum dipersilahkan masuk ke dalam rumah sebelum pintu dibukakan. Dan kini teras rumah banyak digunakan untuk keluarga bersantai. Malah untuk teras belakang bisa digunakan untuk tempat beraktivitas dan makan.

 


Lalu gimana yang syarat agar teras nyaman. Perlu ditata dengan syarat tertentu seperti

1.      Teras yang baik adalah yang nyaman. Karena teras itu seperti etalase rumah kita. Kalau teras sudah nyaman pastinya bagian dalam akan nyaman juga.dibutuhkan meja dan kursi yang tahan dengan udara luar, seperti kayu, besi, plastik, butuh beberapa kursi dan satu meja.

2.      Bisa dilengkapi dengan aneka tanaman, baik hidup atau dari plastik.Hal ini karena tanaman bisa menghilangkan stres dan memberikan kenyamanan yang duduk di sana. Apalagi banyak warna hijau yang membuat tambah asri

3.   Juga bisa sebagai tempat berteduh makanya teras rumah harus agak luas bukan hanya sekedar  bisa duduk-duduk saja, atapnya perlu yang bisa melindungi dari hujan dan sinar mentari. Kadang teras juga bisa jadi pengganti ruang tamu. Yang masuk ke dalam untuk tamu yang memang sudah akrab.


Teras yang baik tentu harus banyak dipercantik agar kenyamanannya benar-benar utuh dan bisa membuat tamu dan anggota keluarga betah untuk duduk di sana.. Untuk dinding warnanya sangat berpengaruh buat kenyaman .Bagusnya warna cerah atau warna primer. Warna pastel juga cocok atau warna yang bisa memberi kesan luas pada teras yang mungil. Tapi tentunya warna teras harus disesuaikan dengan warna keseluruhan rumah agar tidak berat sebelah. Cat ekterior yang harus digunakan agar tahan lama. Agar tampak alami bisa ditambahkan pada dinding batu-batu alam. Untuk lantaipun menggunakan lantai khusus eksterior. Untuk kesan alami bisa pakai batu alam tapi kalau mau praktis bisa pakai lantai kayu. Biasanya atap teras menyesuaikan dengan bangunannya. Biasanya dibangun bersamaan. Ada juga yang tidak karena di perumahan kadang terasnya kecil sehingga sering ada tambahan atap dan lantai agar terasnya cukup besar. Dengan demikian kalau hujan tidak langsung mengenai pintu masuk ke rumah. Kadang juga ada tiang sebagai penghias selain untuk memperkuat atap teras.

 


Nah, dari syarat-syarat teras ini digunakan untuk mendekor teras rumah. Sebetulnya sih pak suami yang lebih mendominan menata teras rumah, aku sih tinggal iyakan dan merapikan setiap hari. Tadimya teras rumahku kecil terdapat satu meja dan kursi panjang satu dan dua kursi pendek yang terbuat dari kayu dan besi. Ternyata air hujan sering masuk ke dalam teras sehingga teras diperpanjang ke arah depan. Di arah depan tadinya buat tanaman dengan bagian bawah digunakan pavling blok. Nah, kursi  dan meja yang terbuat dari kayu dan besi itu dipindahkan ke bagian tambahan teras dan bagian teras asal menggunakan meja dan dua kursi terbuat dari plastik yang dianyam. Untuk tembok warnanya disesuaikan dengan dinding bangunan seluruhnya dan bagian bawah diberi batu alam yang warnanya senada dengan warna cat dindingnya. Kemarin pak suami membeli hiasan kayu seperti pagar-pagaran yang diletakan di pojok dan diberi hiasan bunga yang terbuat dari plastik . Rak kecil disimpan di pojok satunya. Ternyata para tamu malah lebih suka duduk di teras daripada di ruang tamu. Kemungkinan karena tempatnya luas, terang dan udara terbuka sehingga lebih segar rasanya. Apalagi dengan banyak kursi tentunya muat untuk tamu yang banyak sekalipun. Dan tentunya teras rumah yang indah akan terasa nyaman bagi tamu yang datang. Lebih betah untuk mengobrol lama. Jadi teras rumah memang penting dimiliki sebuah rumah.


 

14 komentar:

Roem Widianto mengatakan...

Wah, tips nya oke, Mbak Tira. Aku catat dulu ah. Supaya bisa dipraktekkan kalau sudah punya rumah kelak. Hehehe.🤭

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak roem, semua bisa tergantung bangunan ruamhnya dan bisa dimodifikasi tips di atas

Adi Pradana mengatakan...

Yuk kita buat teras rumah senyaman mungkin, teras adalah wajah rumah, buat sebersih dan seindah mungkin

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas adi

Sapamama mengatakan...

Ngopi sambil ngobrol bisa betah nih kalau terasnya aja secantik itu

Tira Soekardi mengatakan...

makasih , iya memang paling enak ya ngobrol santai di sini

Riza Firli mengatakan...

wahh pengguna Redmi Note 9 juga..
saya pakai yg pro. tp skrg pas cek ada 1 titik kameranya debuan. katanya itu bisa diganti baru tuker unit..

Farah Salsabila mengatakan...

cantik banget kursi teras yang vintage nya itu kak

Reyne Raea (Rey) mengatakan...

Cantik banget terasnya Mba, betah deh duduk sambil baca di situ :D

Yustrini mengatakan...

Terasnya rapi sekali, pasti nyaman deh duduk santai di sana.

Tira Soekardi mengatakan...

oh begitu mas riza, kok bisa ya

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak farah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak reyne, makanya tamu sukanya duduk di teras

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak yustrini, nyaman dan bikin betah

Posting Komentar