Minggu, 02 Juli 2023

 


Kali ini kegiatan anak Circle of Happiness adalah belajar sistim pencernaan manusia. Anak-anak belajar bagaimana sistim pencernaan bisa bekerja , alat-alatnya seperti apa dan fungsinya apa. Jadi anak menggambar bagian-bagian alat pencernaan dan nanti dipresentasikan di depan teman-temannya.

 

Sebelumnya kita jelaskan dulu tentang sistim pencernaannya. Sistim pencernaan adalah rangkaian proses yang dilakukan organ pencernaan untuk mengolah makanan agar dapat nutrisinya diambil dan diubah menjadi energi. Dalam proses pencernaan ada proses mekanik dan kimia. Proses mekanik adalah mengubah bentuk makanan dari bentuk kasar menjadi halus dan proses kimiawi mengubah makanan dari bentuk kompleks menjadi sederhana dengan bantuan enzim. Sistim pencernaan ini berfungsi untuk membantu suplai nutrisi ke seluruh tubuh yang diperoleh dari asupan tubuh. Nutrisi ini natinya digunakan tubuh untuk kelangsungan sel-sel yang ada dalam tubuh.

 


Alat-alat pencernaan mulai dari

Mulut yang terdiri dari lidah, gigi, air liur yang membantu menghaluskan makanan

Kerongkongan atau esofagus saluran penghubung mulut dan lambung , makanan bisa sampai lambung karena ada gerak peristaltik dari esofagus.

Lambung memecah makanan menjadi seperti bubur yang bercamur dengan asam dan enzim

Usus halus merupakan bagian terpanjang dari organ pencernaan. Di sini makanan dihaluskan kembali dan menyerap nutrisi yang ada .

Usus besar . Sisa makanan yang sudah tak digunakan lagi akan masuk ke dalam usus besar dan keluar melalui rektum.

Begitulah cerita sedikit tentang sistim pencernaan. Dan apa yang dilakukan anak-anak. Anak-anak membuat dulu bagan sistim pencernaannya

 

Bahan yang dibutuhkan

Kertas jeruk

Spidol warna warni

Plasitin warna warni

Alat tulis

Cara kerjanya

Anak-anak membuat gambar manusia menghadap samping dan menggambar sistim pencernaan dari mulut sampai anus.

Kemudian menggunakan plasitin yang berbeda warna untuk tiap bagian organ pencernaan , dengan cara menempelkan plasitin pada bagian organ pencernaannya.

Setelahnya anak-anak menjelaskan organ pencernaan kepada teman-temannya.

 


Jadi anak-anak mulai dengan membuat gambar orang dalam posisi menyamping dan menggambar organ pencernaan mulai dari mulut sampai anus. Ditebalkan garis-garisnya dengan spidol . Kemudian dengan menggunakan plasitin ditempelkan ke organnya dan setiap organ akan memiliki warna yang berbeda. Masing-masing anak menggambar orang dengan versi mereka sendiri. Ditebalkan dengan spidol agar terlihat jelas dari jauh. Lalu plasitin dibentuk sesuai organ pencernaan dan ditempelkan di bagian organ yang ada dalam gambar sehingga akan terlihat jelas organ pencernaannya. Kalau sudah anak-anak akan menjelaskan sistim pencernaan pada teman-temannya.

 


Dari kegiatan ini manfaat yang bisa diambil oelh anak adalah

Menambah wawasan tentang bagaimana makanan bisa dicerna dalam tubuh manusia

Kemampuan menggambar organ pencernaan secara berurutan

Kemampuan menjelaskan pada temannya

Percaya diri.

Dan akhirnya anak-anak berproses sehingga bisa mengambil manfaat dari kegiatan ini. Kali ada yang mau mencoba bersama anak didiknya atau anak-anaknya. Silahkan mencoba

 

 




10 komentar:

Lisdha www.daily-wife.com mengatakan...

Menarik sekali Bunda...dan juga mudah utk ditiru. Saya dulu pernah belajar sistem pencernaan sama anak2. Tp caranya gunting tempel gambar. Sepertinya pakai plastisin lebih menarik. Terimakasih sharingnya. Salam utk anak2 COH

Adi Pradana mengatakan...

gambarnya unyu2 ya, yg penting ilmu tentang pencernaannya masuk untuk dipelajari. semangaaat!

Tira Soekardi mengatakan...

Jadi ada dua kali anak pertama gambar dengan spidol dan menempelkan plasitin. Jadi anak lebih bisa mengingat karena mengerjakan dua kali

Tanza Erlambang - Sawan Fibriosis mengatakan...

bisa dihayalkan, kemudian gampang mengingat dan memahaminya.....
Siip.... 👍👍

Tira Soekardi mengatakan...

Betul

Tira Soekardi mengatakan...

Setuju

celotehnur54 mengatakan...

Luar biasa. Gurunya kreatif, siswa super aktif. Selamat malam Mbak Tira.

Tira Soekardi mengatakan...

Makasih, doakan kegiatan ini bisa berjalan terus

Nurul Sufitri mengatakan...

Waaah, bagus2 nih hasil gambar anak2 tema saluran pencernaan. Anak2nya kreatif, siapa dulu dong gurunya? Eaaaaa.....

Tira Soekardi mengatakan...

Maacih

Posting Komentar