Kamis, 08 Oktober 2009

Hanya Sebuah Slogan

Slogan di pasang dimana -mana di tempat umum, di pasar, di pusat perbelanjaan , instansi pemerintah , perusahaan swasta dan sekolah. Slogan dibuat untuk bisa mengingatkan kita akan sesuatu yang seharusnya kita lakukan, slogan juga bisa untuk memotivasi kita untuk melakukan sesuatu lebih baik lagi dan slogan juga dibuat untuk dapat menganjurkan kita untuk melakukan sesuatu.
Kalau kita lihat maksud slogan banyak ditempel di tempat-tempat yang dapat terbaca, dimaksudkan agar orang dapat melihat dengan jelas dan melakukan apa yang dianjurkan dalam slogan itu. Benar, dan benar sekali lagi....., tapi kita boleh lihat kenyataan yang ada dalam masyarakat kita terhadap slogan itu sendiri. Dari orang yang pendidikannya baik sampai orang yang tidak terdidik, pastinya dapat membaca slogan itu tapi anehnya banyak yang melakukan hal yang bertentangan dengan slogan tersebut.
Banyak contoh di masyarakat kita yang mereka mengerti maksud dan tujuan slogan itu dibuat tapi mereka tetap melakukan hal yang bertentangan dengan slogan tersebut. Buang sampah pada tempatnya banyak ditulis di tempat-tempat umum, tapi kenyataannya banyak orang membuang sampah sembarangan padahal sudah jelas ada tulisan tersebut dan ada bak sampahnya, atau dilarang merokok, tapi kenyataannya tetap saja ada yang merokok bahkan di ruang beracpun tetap merokok. Dan ada lagi di sekolah-sekolah di dinding kelas ditulis tentang himbauan untuk jujur tapi kenyataan menyontek adalah pekerjaan yang dihalalkan, bahkan guru atau kepala seakolah pada ujian nasionalpun tetap membiarkan anak untuk menyontek.
Ironis bukan? Lalu untuk apa dibuat slogan kalau hanya untuk pajangan saja, hanya untuk dilihat orang kalau kita mempunyai slogan yang baik di mata masayrakat, tapi kenyataannya itu mungkin bisa hanya untuk kamuflase saja untuk menutupi bobrok kita-kita.
Semua berpulang pada kita masing-masing, maukah kita sebagai manusia berbudi luhur membuat slogan itu bukan hanya sebagai slogan saja tapi bisa menjadi bagian hidup kita sehingga slogan itu bisa untuk mengingatkan, memotivasi kita untuk melakukan apa yang tertulis di dalam slogan tersebut. Perlu kerja keras yang besar, tapi apa mungkin ya masyarakat kita bisa melihat slogan sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan?
Mulailah dari diri kita sendiri tentunya, mudah-mudahan dengan diri sendiri ini bisa menjadi contoh buat orang lain untuk melakukan hal yang sama. Nah, kalau dah begitu slogan nantinya bukan hanya sebuah slogan tapi bisa sebagai motivasi , mengingatkankita untuk melakukan apa yang tertulis dalam slogan tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar