Rabu, 03 Maret 2010

Hangatnya Wedang Jahe.......

Sabtu kemarin saya , anak dan suami berkesempatan datang ke warung deso yang menyediakan makanan khas Imogiri. Sudah lama pingin coba, tapi baru kelakon sabtu kemarin. Ternyata menunya bervariasi sehingga sangat sulit untuk menentukan pilihan.

Suamiku memilih nasi gudeg ayam, yang ternyata komplit , nasi banyak dan rasa juga enak dengan harga per porsi 10.000 ribu rupiah saja. Sedangkan aku memilih sega abang lombok ijo ayam goreng dengan lalap kumis macan. Nasi merah, sambalnya dari cengek dan lalab kumis macan yang baru pertama kali aku rasakan, rasanya tidak pahit agak manis.Sedangkan anakku sama denganku cuma dia pakai bebek goreng. Dengan harga untuk yang isi ayam 10.000 ribu rupiah sedang yang bebek 12.000 ribu rupiah . Cukup murah.

Minumnya tentu harus yang hangat karena pada saat itu sedang hujan dan hawa lagi dingin, nah kami memilih wedang jahe. Wedang jahe disajikan dengan gula batu dan sereh. Nikmatnya dan terasa hangat di badan. Dengan harga satu gelas hanya 3000 rupiah saja. Ternyata jahe punya manfaat yang banyak dan berguna untuk kesehatan tubuh kita.

Ini bentuk jahe yang berupa umbi dengan kulit coklat muda dan beruas-ruas.



Ternyata di dalam jahe sendiri mengandung banyak senyawa kimia yang masing-masing punya kegunaan sendiri. Dalam jahe mengandung minyak atsiri, zingiberena, zingiberol, bisabolena,kurkumen,gingerol, filandrena, resin pahit.

Kasiat dari jahe yang bisa dimanfaatkan oleh tubuh manusia yang pertama adalah menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pelepasan hormon adrenalin sehingga dapat memperlebar pembuluh darah yang berakibat aliran darah akan lancar. Kedua jahe juga mengandung ensim protease yang penting untuk mencerna protein dan ensim lipase untuk mencerna lemak, sehingga dapat membantu pencernaan kita.

Ketiga gingerolnya ternyata bertindak sebagai antikoagulan yaitu mencegah penggumpalan darah. Akibat dapat mencegah penggumpalan darah dapat mencegah tersumbatnya pembuluh darah yang berakibat juga dapat mencegah stroke. Selain itu juga dapat menurunkan kolesterol. Keempat jahe mampu memblok serotonin yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan kontraksi perut, akibatnya dengan mencegah keluarnya serotonin tadi kontraksi perut tidak akan terjadi sehingga rasa mual dapat hilang termasuk rasa mual pada saat perjalanan dengan kendaraan .

Kelima sebagai antioksidan yang dapat menetralkan efek merusak yang disebabkan oleh radikal bebas di tubuh. Wah , enak juga, hangatnya minum jahe sambil mengambil manfaat yang ada di dalam jahe tersebut.Enak ....tenan!!!! Patut dicoba minuman tradisional ini, lebih kaya rasa dan kaya manfaatnya. Mungkin saja dari kita bisa memvariasikan wedang jahe ini dengan bahan yang lain sehingga bisa lebih afdol lagi.

Ternyata icip-icip kali ini membuat perut kenyang juga dapat manfaat dari wedang jahe yang diminum. Perlu dicoba??????

Ini foto lagi minum wedang jahe di warung deso

0 komentar:

Posting Komentar