Rabu, 05 Mei 2010



Pada mata pelajaran pencemaran air, tentunya siswa harus lebih mengetahui secara nyata yang terjadi di kehidupan sehari-harinya. Untuk lebih mengenalkan kepada siswa tentang pencemaran air maka saya mengajak mereka mengamati air laut di pantai utara Cirebon tepatnya di pantai Kejawanan. Untuk lebih fun kami ke pantai dengan menggunakan sepeda karena jarak antara pantai dengan sekolah tidak terlalu jauh.

Tepat jam 6 pagi kami berangkat dengan sepeda, terasa segar udara pagi hari. Senangnya kami sampai susul menyusul untuk bisa sampai duluan ke pantai. Sesampainya di pantai kami mulai mengamati air laut, mulai dari warna, bau, dan sumber pencemaran yang mungkin ada di sana. Kemudian siswa disuruh untuk melihat pH dari air laut dengan mempergunakan beberapa indikator seperti metyl merah, metil oranye, kertas lakmus merah dan kertas lakmus biru. Sehingga siswa dapat mengetahui kemungkinan sumber pencemaran yang terjadi.


Lelah mengamati dan menguji air laut, kami mulai bersenang-senag , pertama kami naik perahu dengan kapal mesin yang ukurannya tidak terlalu besar. Sepanjang perjalanan terlihat beberapa ikan-ikan meloncat-loncta ke atas permukaan air laut, melihat kapal nelayan di laut lepas. Sesudah puas kami masuk ke dalam air dan berjalan agak ke tengah, hal ini bisa dilakukan karena pantai di Kejawanan termasuk pantai yang landai dan banyak lumpurnya. Kaki-kaki melangkah agak berat karena masuk ke dalam pasir yang tebal.


Di bagian tengah ada dataran yang tertutupi pasir yang luas, disana kami mebuat fun games, dimana siswa dibagi 2 kelompok, masing-masing kelompok harus membuat sesuatu dari pasir yang ada.Seru buangeaet, dan mereka penuh semangat walau tangan harus kotor penuh pasir. Akhirnya selesai juga mereka membuat bentuk dari pasir dan kelompok Fentilah yang menang dengan membuat bentuk ikan.


Sesudah puas bermain, karena hari juga sudah siang kami pulang juga dengan bersepeda ria , kembali ke sekolah..... Berkumpul di tempat kos siswa, ternyata ada siswa yang menghabiskan bekel nasi goreng gurunya sendiri walau sebelumnya mengkritik kalau nasi gorengnya gak enak..... ha.....


Besok dan lusanya siswa ini juga mengamati air pada beberapa aliran sungai yang ada di Cirebon untuk melihat kemungkinan sumber pencemaran yang terjadi pada air sungai yang nantinya akan mengalir ke laut, dengan pengamatan yang sama dilakukan pada air laut. Sesudahnya siswa membuat laporan dari hasil pengamatan secara lengkap dan akan dibawa untuk didiskusikan di dalam kelas.

Ternyata bisa dilihat siswa suka sekali dan tidak protes ketika harus mengamati air laut dan sungai karena dilakukan dengan fun dan gembira. Dan fun games yang dilakukan juga ada manfaatnya untuk memupuk kerjasama yang baik antar tim, dan terlihat mereka sekarang lebih kompak dibandingkan sebelumnya. Berarti ilmunya mereka dapatkan , kerjasama tim dan kegembiraan juga didapatkan. Hem......indahnya kimia.........

1 komentar:

lukas mengatakan...

lanjutkan terusssss, sering-sering saja adain acara yang ginian (ini komennya pak dibyo loh)

Posting Komentar