Rabu, 19 Mei 2010

Manisnya Madu



Bila melihat gambar di atas saya teringat pada sebuah gedung yang bertuliskan Honey Center yang saya lewati pada saat pulang kerja. Karena penasaran saya mampir disana ternyata di sana menjual berbagai macam madu.


Kalau dengar kata madu sudah tidak asing lagi di telinga kita . Madu sudah dipakai sejak jaman dahulu, bahkan Ratu Cleopartapun untuk merawat kecantikannya dengan mempergunakan madu. Di Mesir madu digunakan untuk ramuan pembalseman untuk mengawetkan mumi raja Mesir kuno. Di Jepang ada tradisi setiap malam sebelum tidur meminum madu agar bangun pagi dalam keadaan segar.

Bahkan di Al Quran pun tertulis manfaat madu bagi kehidupan manusia, seperti yang terlihat di surat An Nahl 69 yang berbunyi Dari perut lebah keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda(kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkannya.

Madu di alam bermacam-macam jenisnya tergantung dari asal nectar bunga yang dihisap oleh lebah. Masing-masing madu aneka jenis tumbuhan memiliki aroma yang khas dan khasiat yang berbeda-beda. Dan memang benar saya sering merasakan jenis madu yang rasanya berbeda.

Di dalam madu terdapat kandungan zat yang punya manfaat tersendiri seperti,karbohidrat, protein, asam amino, dekstrin, pigmen tumbuhan , komponen aromatik, asetilkolin, vitamin dan mineral seperti Vitamin A, B1,B2, mineral seperti Ca, K, Mg, Fe,iodium, asam malat, tartarat, sitrat,laktat, oksalat. Dari 100 gr madu ternyata setara 294 kalori atau setara dengan 50 butir telur ayam atau setara dengan 5,675 liter susu atau setara dengan 1680 gr daging.Jadi bisa terlihat kalori yang dihasilkan sangat besar dan gula yang terkandung bisa langsung diserap oleh tubuh.


Manfaat dari madu antara lain untuk melancarkan peredaran darah, mencegah kolesterol, menurunkan tekanan darah,menjaga stamina dan asupan gizi, membantu perkembangan otak pada anak, mengobati stres, meniningkatakan daya tahan tubuh, memperkuat janin, meningkatkan nafsu makan dan bisa untuk kecantikan.

Selain dari manfaat di atas madu juga diklaim bisa mengobati beberapa penyakit karena mengandung antibiotik alami untuk melawan kuman patogen penyebab penyakit, zat mikrobial yang dapat menghambat penyakit.Seperti penyakit infeksi saluran pernafasan, batuk, demam, luka tukak lambung, infeksi saluran pencernaan, penyakit kulit.

Wuooow duasyat banget ya manfaat dari madu, memang benar apa yang tercantum dalam Al Quran bahwa madu bisa untuk mengobati penyakit dan untuk manfaat yang lain....Tetapi kenyataan masih banyak masyarakat yang belum memanfaatkan madu ini dan rutin mengkonsumsinya. Tentunya kita perlu menggunakan madu tiap hari karena akan menambah gizi kita dan mencegah berbagai penyakit. Tapi yang perlu diteliti adalah keaslian dari madu...... jangan sampai kita mau menjaga stamina kita tetapi yang kita makan palsuuu....


Perlu ada gerakan untuk rutin minum madu........ yuuuk kita minum madu.....walau harga relatif agak mahal tapi lihat manfaat yang besaaar....... Yuuuuuk , minum maduuuu

0 komentar:

Posting Komentar