Kamis, 29 Juli 2010

Save Our Earth

Sebelumnya siswa kelas XII Ipa , pada semester 2 kelas XI melakukan pengamatan di beberapa sungai dan pantai di Cirebon (bisa dilihat di www.mamahtira.blogspot.com/2010/05/bersepedaria-sambil-mengamati.html)dan melihat pengolahan limbah cair rumah tangga di kolam oksidasi (bisa dilihat di www.mamahtira.blogspot.com/2010/05/pengolahan-limbah-rumah-tangga-di.html).

Dari hasil pengamatan yang dilakukan ternyata pada permukaan air di sungai dan pantai banyak sekali sampah rumah tangga, berupa plastik, kaleng yang terapung di atas air. Sampah kelihatannya sangat sepele tetapi bila dibiarkan banyak ada di permukaan air akan menyebabkan pendangkalan sungai, penyumbatan aliran air yang berakibat akan banjir pada saat musim hujan tiba.

Dari hasil pengamatan dan kesimpulan yang bisa ditarik oleh siswa ini mereka berinisiatif mau mensosialisasikan kepada teman-temannya untuk mengajak mereka berkomitmen melakukan hal yang paling sederhana yang bisa mereka lakukan di lingkungan sekolah dan rumah mereka.


Foto di atas ini ketika mereka akam memulai sosialisasi dengan menyanyikan lagu Cerianya J Rock yang kata-katanya diubah yang berisi ajakan untuk menjaga alam ini, seperti ini kata-katanya
Sekarang kami disini anak-anak dua belas ipa
ingin mempresentasikan tentang pencemaran
pencemaran sudah terjadi di kota Cirebonku ini
tak mau terus terjadi kita kan beraksi

Bridge ingin kuselamatkan bumi ini dari pencemaran
yang merusakan alam, ingin kubuatkan terobosan yang baru tuk bumi kita ini.

Reff : Belajar dan terus berjuang mengikuti program yang kita buat
Belajar dan terus berjuang berikan alam yang penuh asri.



Sesudahnya mereka mensosialisasikan dengan presentasi yang sederhana agar teman-temannya mengerti bahwa sampah bisa menjadi perusak alam ini. Siswa kelas ipa juga mengajak teman-temannya untuk berkomitmen menjaga alam ini dengan cara yang paling sderhana yang bisa dilakukan di sekolah yaitu tidak membuang sampah sembarangan, menanam pohon di lingkungan sekolah. Komitmen mereka mereka harus wujudkan di selembar kain perca ukuran 20x20 cm dan harus dihias sekreatif mungkin bisa dengan pita, kertas warna , spidol warna-warni. Nah bisa dilihat di foto disamping dimana siswa serius berkomitmen untuk menjaga alam ini.




Kemudian kain perca yang sudah dibuat sebagus mungkin direkatkan satu sama lain membentuk selimut dan disebut dengan BLANKET FOR EARTH. Selimut ini akan ditempel didinding sekolah sebagai tanda dan pengingat kepada siswa untuk terus berkomitmen untuk menjaga alam mulai dari hal yang paling sederhana, seperti yang terlihat di foto di bawah ini.



Tentunya alam yang sudah diciptakan Tuhan untuk manusia ini perlu kita jaga agar keseimbangan selalu terjaga. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini semua kawula muda sadar akan perlunya memelihara alam kita yang tercinta ini. Bravo!!!!!