Kamis, 05 Agustus 2010

Dahulu yel-yel digunakan untuk pembangkit semangat di jaman penjajahan sehingga banyak orang terbakar semangat dan mau melakukan kata-kata apa yang terdapat di dalam yel-yel tersebut. Ternyata yel-yel ini bila bermakna bisa jadi penyemangat dan kata-kata yang terkandung di dalamnya bisa diingat selalu dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari hal tersebut diatas saya pakai yel-yel ini pada proses pembelajaran dikelas.Tujuannya bisa bermacam-macam tergantung kata-kata yang terkandung dalam yel-yel itu.

Pada proses pembelajaran kimia yang saya pegang memerlukan konsentrasi tinggi yang dapat menyebabkan siswa tegang dan stress, disela-selanya saya terbiasa menyelingi dengan yel-yel yang dapat berupa kata-kata atau lagu yang diubah kata-katanya untuk memberi semangat lagi. Tentunya pakai lagu yang lagi ngetrend dengan gerakan yang atraktif sepert terlihat di fota di bawah ini.



Ada lagi yel-yel yang berisi materi pelajaran yang bisa dirangkum dalam yel-yel biar bisa diingat oleh siswa. Bahkan pada kelas yang saya pegang membuat yel-yel pakai lagu bertemakan piala dunia sehingga ketika dinyanyikan di depan siswa yang lain bahkan gurunyapun ikut serta degan gerakan yang menarik, temannya bisa menikmati dan mendengar, mudah-mudahan kata-kata dari yel-yel bisa jadi inspiraasi bagi mereka.



Bahkan yel-yel yang saya selalu gunakan di pelajaran menjadi ide kepla sekolah untuk mengadakan lomba yel-yel pada pesta sekolah, nanti tentu akan saya ceritakan di blog saya.


Boleh deh dicoba, siapa tau yel-yel yang siswa sukai bisa jadi penyemangat dan membantu kembali konsentrasi atau buat penyegaran di kelasa atau bagi sekolah secara keseluruhan bisa digunakan untuk membantu program sekolah biar bisa berjalan lancar.