Kamis, 16 September 2010

Ketupat ya Lebaran




Lebaran tanpa ketupat katanya seperti sayur tanpa garam. Bener juga sih keluarga besarku setiap tahun selalu membuat ketupat sendiri dari mulai mengisi dengan beras sampai menanaknya, lengkap dengan sayur opornya dan pelengkap lainnya dan tidak lupa krupuknya ( ini sih doyannya adik suami yang paling kecil). Bisa dilihat difoto di atas dimana bersama-sama mengisi ketupat dan tidak lupa pasang tampang nyengir.

Tapi kalau lihat ketupat, ternyata merupakan ciri khas Indonesia karena di negara lain tidak punya tradisi ketupat pada saat lebaran. Tapi apa kita tahu ternyata tradisi makan ketupat ini punya makna dan arti tersendiri.

Ternyata ketupat ada saat Islam masuk tanah Jawa dan Sunan kalijagalah yang pertamakali memperkenalkannya dan membudayakannya. Pada saat lebaran ada dua kali bakda yaitu bakda lebaran dan bakda ketupat yang dimulai seminggu setelah lebaran dimana mereka membuat ketupat lalu dihantarkan ke para tetangga dan kerabat sebagai lambang kebersamaan.

Di budaya orang Jawa ketupat dpsebut dengan kupat yaitu terbuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman pucuk daun kelapa berbentuk kantung lalu ditanak dan dimakan sebagai pengganti nasi.Ternyata secara budaya ketupat merupakan simbol penuh makna dan pesan tentang kebaikan. Beras ternyata merupakan simbol hawa nafsu dunia, janur artinya ejatining nuri yang artinya hati nurani. Jadi ketupat artinya simbol hawa nafsu yang ditutupi dengan hati nurani. Merupakan pesan bahwa manusia harus bisa mnegendalikan diri dengan hati nurani.

Ada lagi yang mengartikan ketupat dengan lepati yang artinya mengakui kesalahan makanya biasanya di saat lebaran selalu diikuti dengan saling maaf memaafkan. Ada juga yang mengatakan ketupat yang dapat menolak bala dengan cara menggantung ketupat matang di atas kusen pintu depan, tapi ini sangat berbau mistis dan sudah ditinggalkan.

Ternyata ketupat juga bisa sebagai karya seni budaya manusia. Hal ini disebabkan karena ketupat mempunyai makna dan pesan yang mendalam dan bisa direnungkan dan dimakanai dalam hati masing-masing. Ketupat juga bisa memberikan kegembiraan di dalam keluarga. Dan memang ketupat ini salah satu yang Indonesia buuuuangeeet!!!!!!

0 komentar:

Posting Komentar