Kamis, 21 Oktober 2010

Putihnya Wijayakusuma



Putih seperti salju
seperti hati yang bersih
titik embun menaungi
seperti nurani yang menyelimuti hati

Merekah wangi semerbak
ketika malam memjelang
menyadari penatnya hidup
ketika asa mendekat

Kelopak bunga menari-nari
tertiup angin
seperti hati yang melayang
menuju keabadian yang kekal


Puisi ini kubuat menjelang subuh ketika aku terbangun pagi untuk mengerjakan pekerjaan rutinku, diteras rumahku tercium wangi bunga ternyata bunga wijayakusumaku berbunga 5 bunga sekaligus dan besok malamnya 3 bunga jadi total 8 bunga.

Ternyata begitu indah bunganya bermekaran sehingga teras rumahku terlihat semarak banget....dam bunga wijayakusuma ini punya arti tersendiri wijaya artinya kemenangan dan kusuma artinya kembang jadi bunga kemenangan....wow bagus ya artinya dan berasal dari hutan tropis di Amerika Selatan , berbunga hanya setahun sekali biasanya pada musim hujan. Kalau di Cina dikenal dengan nama Keng Hwah yang artinya kembang yang indah dan agung , bener sih kelihatan megah di tanamannya......

Ternyata bunga ini termasuk jenis kaktus loh , divisi anthophita, bangsa opuntiales, kelas dicotiledoneae, berbunga pada malam hari, tergantung iklim, cara memelihara dan kesuburan tanah. Saya mendapatkan bunga ini dari ibuku yang sejak dulu sudah memelihara bunga ini dan sudah berkali-kali berbunga.

Ternyata pembibitannya juga mudah kok dengan memotong cabang sebagai stek dan batangnya harus tebal, hijau dan dipotong 15 cm dan ditunaskan di tempat yang lembab baru kemudian ditancapkan dengan pangkal terbenam sedalam 2-4 cm dan jangan lupa diberi obat sulfur untuk mencegah bakteri pembusuk. Nah bila sudah berakar bisa dipindah ke pot atau tanah tergantung selera masing-masing.

Ada mitos yang mengatakan kalau bunga wijayakusuma berkembang bakal beruntung dan banyak rejeki apalagi kalau berbunga banyak, wah ...... berarti aku bakal dapat rejeki dong , amin doain aja deh. Tapi mau tau gak ternyata batang bunga ini mengandung saponin, flavonoid dan polifenol yang bagus untuk batuk dan bengkak terasa asin,asam dan sifatnya sejuk, sedangkan bunganya terasa manis bersifat netral sebagai antiradang dan penghenti perdarahan.

Boleh lihat deh hasil bidikan foto bunga wijayakusuma yang aku bidik pas jam 3 pagi, sampai masak untuk sarapannya hampir lupa karena keasikan dengan bunga nan indah ini.







0 komentar:

Posting Komentar