Kamis, 07 Oktober 2010

Rumah Sakit yang Indonesia Bangeeet !!!!


Kalau mendengar kata rumah sakit tentunya semua tahu apa itu rumah sakit. Tempat menampung dan merawat pasien yang sakit yang harus mendapat pelayanan medis setiap harinya dimana tidak bisa dilakukan di rumah sampai pasien itu sembuh. Tentunya rumah sakit harus mempunyai sarana dan prasarana yang memadai dan juga tempat yang tenang agar pasien benar-benar bisa beristirahat.

Bila kita mengunjungi rumah sakit swasta yang bonafid tentunya sarana dan prasarana pasti lengkap dan suasana tenangpun terjaga banget sehingga pasien bisa benar-benar beristirahat dan mendapat pelayanan medis yang memadai.Pengunjung dan pengantarpun yang notabene berpendidikan akan berusaha menjaga ketenangan dan kenyamanan pasien biar bisa beristirahat.


Fenomena lainnya jika kita berkunjung ke rumah sakit pemerintah dimana banyak pasien berasal dari kalangan ekonomi lemah dan kurang pendidikan, suasana ramai dan riuh selalu menyelimuti rumah sakit. Banyak hal yang lucu dan membuat kita terperangah dari tingkah laku mulai dari pengantar sampai pengunjung yang datang. Pengantar orang yang sakit bisa loh sampai banyak orang seperti bedol desa saja padahal yang sakit juga tidak terlalu parah. Hebatnya lagi mereka kadang membawa bekal nasi dan lauk pauk ke rumah sakit untuk dimakan bersama di sana. Kayanya ini cuma ada di Indonesia.

Uniknya yang menjaga pasien tidak cukup satu orang saja bahkan bisa sampai lebih dari 5 orang yang harus tidur umpel-umpelan di sekitar ranjang pasien. Belum lagi pengantar yang tidur di di luar bisa begadang semalaman gak tidur sambil ngopi, jaburan, ngobrol kaya ada di warteg saja yang menambah suasana rumah sakit seperti pasar malam.Bagaimana pasien bisa tidur dengan tenang bila keadaan di luar yang ramai bahkan sampai subuh menjelang. Pengunjung hilir mudik tanpa jam besuk bahkan datang dengan merokok yang tentunya aneh bila dilakukan di rumah sakit.

Sangat Indonesia buanget, kayanya , apa rumah sakit di negara lain seperti ini ya????? atau ini ciri rumah sakit di negara berkembang????


Wah , sebetulnya manajemen rumah sakit seharusnya bisa membuat aturan yang baik yang bisa diterima keduabelah pihak sehingga pasien bisa beristirahat dengan tenang yang juga akan membantu penyembuhannya.Itulah Indonesia yang punya falsafah seneng ngumpul-ngumpul dimanapun beradanya bahkan di rumah sakitpun bisa digunakan untuk ajang kumpul dengan sanak saudara yang menjaga pasien. Unik dan kayanya tiada duanya di dunia .....Indonesia buanget!!!!

0 komentar:

Posting Komentar