Kamis, 17 Februari 2011

Plastik Kresek Jadi Bunga



Plastik kresek biasa digunakan tempat membawa barang. Biasanya di pasar-pasar dan toko-toko ketika kita berbelanja barang. Pasti dimasukan ke dalam plastic kresek. Atau kalau kita membeli makanan juga dimasukakan ke dalam kantong kresek.

Disebut kresekpun tidak tau siapa yang mulai tapi hampir semua orang mengatakan plastic kresek, mungkin ketika dipegang berbunyi kresek-kresek. Plastik ini adalah bahan yang sulit terurai di tanah, sehingga plastic akan menjadi sampah yang bisa menumpuk.

Bahaya lain dari plastic kresek untuk makanan atau minuman dapat menyebabkan kanker karena kresek terutama yang warna hitam dibuat dari proses daur ulang dari bahan dasar yang tidak diketahui riwayatnya, bisa jadi dari bekas wadah, limbah berbahaya seperti pestisida dan logam berat. Ternyata hasil penelitian BPPT ada loh plastic yang terbuat dari singkong yang bisa dibuat plastic yang mudah terurai tapi belum dipublikasikan.

Mungkin sampah plastic yang sudah tak terpakai dan bila dibuang akan menumpuk karena tidak bisa terurai bisa kita manfaatkan, sehingga kresek-kresek ini tidak jadi sampah yang menumpuk yang bisa menyumbat saluran air dan sungai.

Salah satu yang dapat kita buat dari kresek adalah bunga. Tim Krisan 2 membuat bunga dari kresek ada 2 macam yaitu bunga mawar dan bunga krisan..

Alat yang dibutukan:
1. Plastik kresek warna hijau, merah dan kuning.
2. kawat.
3. Putik (dapat dibeli di toko khusus untuk kerajinan)
4. Kertas hijau untuk membalut kawat sebagai batang.
5. Benang


Bunga Mawar.
1. Pertama membuat pola helai daun dan helai untuk bunga mawar.
2. Putik diikatkan diujung kawat.
3. kemudian helai bunga mawar sebanyak 7 buah disusun menyerupai bunga mawar, kemudian diikat dengan benang.
4. Dan kawat dililit dengan kertas berlem berwarna hijau dan diselipkan 2 buah daun.
5. Terakhir disusun di vas atau dibungkus dengan plastic bercorak untuk bingkisan.


Bunga Krisan
1. Pertama kita membuat pola bunga krisan dan helai daun
2. Langkah selanjutnya sama dengan membuat bunga mawar

Jadilah bunga mawar dan bunga krisan ala tim kreatif SMA Santa Maria 2.

Dengan demikian plastic kresek yang terbuang dapat dimanfaatkan lagi sehingga kita tidak perlu membuangnya, nah,,,berkuranglah sampah plastic yang berdampak baik buat lingkungan.

3 komentar:

mumba mengatakan...

bagus sekali, kebetulan saya mengajar SBK juga jadi nanti saya ajarimurid-murid saya untuk membuat karya indah seperti ini. anak didik saya juga sudah membuat beberapa krya dari barang bekas. silakan mampir di blog sederhana saya. terima kasih

Tira Soekardi mengatakan...

wah bagus ya kita bisa berbagi cerita.... siapa tahu kt jg bsa saing mengunjungi, kebetulan sekolah kami punya tempat retrei di sana, siapa tahu bs kesana... Saam kenal dr kami buat murid-murid di sana ya

wartinimurong mengatakan...

Sederhana, tapi keren habis .........

Poskan Komentar