Rabu, 06 April 2011

Pembungkus Makanan Ringan Jadi Bunga




Jaman sekarang banyak orang menkonsumsi makanan ringan yang dikemas dengan bungkusan yang menarik mata. Iklan di TV, majalah, begitu mebahana dan berulang-ulang ditayangkan. Anak-anak, tua , muda sangat menyukainya walaupun kandungan gizinya patut dipertanyakan. Renyah dan gurih yang membuat sangat disukai. Makanan ringan bisa sebagai teman nonton TV, belajar, ngerumpi atau melamun sambil nyamil.Saking digemari anak-anak sering merengek-rengek meminta makanan ringan ,kalau perlu sampai menangis untuk jajan mereka, malah kadang-kadang mereka lebih suka makanan ringan daripada nasi, nah loh.

Tau gak, sampah dari bungkus makanan ringan ini setiap harinya menumpuk, dan kemasan atau pembungkus terbuat dari bahan yang sulit diuraikan di dalam tanah dan kalaupun dibakar akan menghasilkan asap hitam yang menyebabkan polusi udara. Nah, daripada sampah ini dibuang menjadi masalah, makanya bisa dibuat menjadi bunga yang nantinya bisa dibuat rangkaian bunga dan disusun di vas dari botol plastic bekas.

Bunga Pertama



Alat yang dibutuhkan
Gunting, sedotan bekas, double tape, salotip, bungkus makanan ringan, kertas, lem uhu.

Cara mengerjakannya
1.Ukur selebar 4 cm kertas pembungkus makanan ringan, panjang disesuaikan dengan tebalnya helai bunga, dilipat menjadi dua, bagian bawah di beri daubel tape.

2.Potong arah lebarnya dengan lebar 3mm jangan sampai putus.

3.Buka double tapenya dan lingkarkan kertas tadi mengelilingi sedotan . Jika dirasa kurang mekar, bisa membuat lembaran lainnya yang dilingkarkan lagi.

4. Sesudahnya diberi daun dari kertas dan disuse di vas yang terbuat dari botol plastic bekas.

Bungan dua



Alat yang dibutuhkan
Gunting, sedotan bekas, double tape, lem uhu, bungkus makanan ringan, selotip, kawat, putik

Cara mengerjakannya.
1.Untuk daun: ukur selebar 9 cm, panjang sesuai dengan kebutuhan lalu lipat seperti membuat kipas dan lipat menjaadi dua di lem dan di bagian tengahnya dimasukan kawat kemudian diikat.

2.Untuk bunga: ukur dengan lebar 4 cm tapi hanya satu sisi saja, panjang sesuai kebutuhan. Bagian bawah di double tape, kemudian potong rumbai kecil-kecil biar mekar. Pasang putik di kawat dan lilitkan melingkar potongan rumbai-rumbai tadi sampai berbentuk bunga.

3. kemudian gabungkan bunga dan daun dengan cara mengikat kawat setelah kaawat menyatu masukan ke dalam sedotan bekas.

4. Jadilah bunga yang bisa dirangkai dalam vas bunga botol plastic bekas.

Nah daripada pembungkus makanan ringan ini jadi terbuang sia-sia, bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang indah atau bisa hadiah buat teman tercinta…..Dan disisi lain kita bisa mengurangi sampah yang bisa menyebabkan bencana bagi manusia.

5 komentar:

Saga Amelia mengatakan...

waahh pecinta recycle juga ya..
salam kenal ya :)

Tira Soekardi mengatakan...

salam kenal kembali ya....suka recycle dan sambil mengajarkan ke anak didik saya agar mrk jg bs memanfaatkan sampah menjd brg yg berguna.

mutia ohorella mengatakan...

Duh, menarik banget kreasinya Mbak, dan yg lebih menarik lagi bisa memanfaatkan sesatu yang kebanyakan org tidak peduli. *Saluuut :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mak, daripada bungkus chiki dibuang bisa jadi sesuatu . ruang tamuku isinya bunga dari bahan daur ulang

Fathul duha mengatakan...

Wah keknya enak ni untuk dicoba
Obat alami terbaru

Posting Komentar