Kamis, 05 Mei 2011

Tissue nan Indah





Tissue berasal dari batang pohon akasia dan eucalyptus yang dihancurkan menjadi pulp (bubur kertas) diproses secara kimiawi. Nah, bisa dibayangkan berapa jumlah pohon yang ditebang setiap harinya untuk memenuhi kebutuhan pembuatan kertas dan tissue. Walau ada penanaman kembali tapi kecepatan pertumbuhan dengan penebangan lebih cepat penebangan.

Di beberapa tissue ternyata mengandung dioksin yang bisa menyebabkan kanker dan ateorosklerosis, yang tentunya akan berbahaya bila digunakan secara terus menerus Untuk melihat ada kandungan dioksin pada tissue direndam di dalam air selama satu jam dan air rendamannya keruh keputihan berarti kadar dioksinnya tinggi.

Jika terlihat pengguna tissue begitu banyak karena sangat praktis, sudah dipakai tinggal dibuang, sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada hutan, juga bisa menyebabkan penyakit pada manusia.Pada jaman sekarang penggunaan tissue sudah merupakan kebiasaan mulai dari membersihkan tangan,untuk rias muka , untuk toilet.

Mungkin gak ya penggunaan tissue dikurangi karena untuk beberapa hal bisa digantikan dengan yang lain, misalnya seperti membersihkan tangan bisa menggunakan lap atau saputangan atau mengeringkan tangan dengan alat pengering.Atau tissu bisa digunakan untuk membuat hiasan yang bisa bertahan lama, atau dibuat bunga untuk hadiah atau untuk hiasan di kamar atau ruangan tamu.

Seperti terlihat di foto ada bunga mawar dan bunga aster, indah bukan, mungkin bisa ditaruh di ruang tamu,kerja atau kamar atau bisa dibuat rangkaian bunga untuk dikirim ke orang yang spesial. Tapi memang sulit untuk mengurangi penggunaan tissue karena tissue sangat praktis karena sekali pakai bisa dibuang. Tapi disisi lain hutan kita terancam dan efek rumah kaca bisa terjadi......perlu pemikiran bersama tentunya......

0 komentar:

Posting Komentar