Rabu, 18 Mei 2011

Koran Bekas.....mau diapakan ya????

Koran merupakan media informasi yang mudah didapat dan banyak orang yang membacanya. Tapi Koran-koran ini yang sudah dibaca mau diapakan ya? Beberapa orang meloakan Koran walau harganya murah hanya Rp 200 perkg daripada menuh-menuhi gudang. Biasanya kertas Koran ini oleh penjual makanan suka dipakai untuk membungkus makanan.

Nah, perlu hati-hati kalau digunakan untuk pembungkus makanan karena Koran tidak didisain untuk pembungkus makanan sehingga tinta yang dipakai koranpun tidak khusus dibuat aman untuk makanan. Di dalam tinta Koran mengandung timbale, karbon dan zat berbahaya lainnya sehingga bila digunakan sebagai pembungkus makanan maka akan terjadilah migrasi logam berat dari tinta ke makanan. Bila timbale termakan dan terakumulasi dalam tubuh akan menyebabkan gangguan saraf dan bila berlangsung lama dapat menyebabkan kanker. Pada wanita hamil akan menyebabkan cacat bawaan pada janinnya dan bisa merusak otak sehingga kecerdasannya menurun. Pada pria dapat mengurangi kualitas sperma sehingga bisa menimbulkan kemandulan.

Nah, bahaya kan bila Koran dipakai buat bungkusan makanan, tapi ada kok manfaat yang bisa kita ambil dari Koran bekas seperti:
1. Mengeingkan dan menghilangkan bau pada sepatu basah. Caranya Koran dimasukkan ke dalam sepatu kemudian dibungkus dengan Koran dan didiamkan .
2. Membersihkan jendela yang kotor karena tinta pada Koran bertindak sebagai penggosok untuk menghilangkan kototran.
3. Mematangkan sayur dan buah karena Koran melepaskan gas seperti ethylene dengan cara sayur atau buah dibungkus dengan Koran dan beberapa jam sampai 3 hari akan matang.
4. Menghilangkan bau pada wadah plastic
5. Dibuat kertas daur ulang yang prosesnya mudah dikerjakan
6. Dibuat aneka kerajinan tangan seperti terlihat di foto, dibuat bunga mawar dan vasnya dibuat dengan bahan yang sama.
Ternyata Koran bekas banyak bermanfaat bila kita tahu dan mengerti. Manfaat yang bisa juga punya nilai ekonomis apalagi dibuat kerajinan tangan. Nah, kalau sudah tau manfaatnya…apa yang bisa kita lakukan dengan Koran di rumah kita????? Nah, manfaatkanlah sebesar-besarnya, apalagi bila bisa menambah uang belanja, jadi gak perlu ada Koran bekas yang numpuk di rumah…….

2 komentar:

Erika Sari mengatakan...

cantik bunganya mba...ntar cobain ah..makasih ya..

Tira Soekardi mengatakan...

boleh bs dimodifikasi dg banyak bahan...tgt kreativitas kita kok...

Posting Komentar