Sabtu, 09 Juli 2011

Yuk, Jelajah Museum Zoologi



Di dalam Kebun Raya juga kita bisa masuk ke Museum Zoologi. Musium ini didirikan oleh J.C Koning Berger bulan Agustus 1894. Museum zoologi ini merupakan pameran ilmiah dari fauna yang berasal dari kepulauan Indonesia, selain itu merupakan lembaga besar yang meliputi pendidikan zoologi. Sejak tahun 1997 musium ini dibawah naungan pusat penelitian biologi LIPI yang juga punya gedung Widyasatwaloka di Cibinong yang merupakan gedung penelitian satwa.



Disana terdapat mamalia sebanyak 650 jenis terdiri dari 30.000 contoh binatang, ikan ada 12000 jenis yang diwakili 14000 contoh binatang, burung 1000 jenis yang terdiri dari 30762 contoh,reptil dan amphibi ada 763 jenis yang terdiri 19937 contoh, molusca ada 959 jenis dengan 13146 contoh dan serangga ada 12000 jenis terdiri dari 2580000 contoh dan invertebrata lainnya ada 700 jenis dengan 15558 contoh.

Koleksi hewannya sangat banyak , yang paling menarik adalah kupu-kupu yang beraneka warna dan bentuk terpampang di dinding dan kotak-kotak kaca. bahkan ada belalang yang menyerupai daun




mamalia terpampang di kotak kaca yang menempel di dinding tampak seperti hidup terutama harimaunya.... dan ada rangka tulang manusia purba seperti Phytecantropus erectus.

Dan yang paling jadi ciri khas musium ini adalah kerangka ikan paus biru

(Balapnoptera musculus), tapi sayangnya pada waktu kesana masih dalam rangka diperbaiki sehingga tidak terlihat rangkanya dengan jelas.

Jelajah di musium membawa pesona tersendiri, melihat betapa beranekaragam fauna yang ada di Indonesia, bahkan ada yang belum pernah kita lihat sebelumnya. Yang perlu diperhatikan bagaimana museum bisa ditata seperti mall agar lebih banyak lagi pengunjung dan lebih menarik dalam hal penataan dengan dinding diberi warna yang cerah sehingga gak tampak gak suram. Yakin deh jalan-jalan di museum bisa jadi suatu keharusan speti jalan-jalan ke mall, why not?????

0 komentar:

Posting Komentar