Selasa, 12 Juli 2011

Tumpeng



Tumpeng merupakan cara penyajian nasi serta lauk pauknya biasanya berbentuk kerucut walau sekarang sudah dimodifikasi dengan bentuk yang beraneka ragam. Olahan nasinya biasanya nasi kuning bisa juga nasi atau nasi uduk. Merupakan makanan khas Jawa yang dibuat pada saat kenduri/kejadian penting biasa disajikan di ata stampah yang dialasi dengan daun pisang.

Bentuk kerucut yang dibuat karena di daerah Jawa banyak terdapat gunung berapi, jadi kerucut dibuat seperti puncak gunung. menurut tradisi Jawa tumpeng merupakan akronim dari yen metu sing mempeng ( kalau keluar harus bersunguh-sungguh)

Tadi disebutkan untuk kenduri atau kejadian penting sebagai rasa syukur pada Tuhan. Biasanya lauknya berupa abon, telur dadar,ayam, perkedel kentang, kering tempe, mentimun,urap.
Di keluarga besar saya nasi kuning merupakan keharusan bila salah satu dari kami ada yang ulang tahun, lulus ujian atau keterima di sekolah yang diinginkan. Nah , masalahnya saya pribadi gak bisa masak makanya nasi kuningnya pesan dari katering. tapi walau nasi kuning buatan orang lain gak membuat kebahagiaan berkurang..tetap senang dan bersyukur...

0 komentar:

Posting Komentar