Kamis, 23 Februari 2012

Bank Sampah Sekolah



semua orang tahu kalau kita mau menabung uang pasti datang ke bank. Semua tahu bagaimana kalau mau mneyetor, mengambil, transfer uang dan sebagainya. Pokoknya bank itu lembaga yang sudah measarakat dari semua kalangan. Nah ada lagi yang dikenal dengan bank sampah dimana nasabahnya menabung sampah yang sudah dikelompokan. Mereka juga mendapat nomer rekening dan buku tabungan. Pada buku tersebut tertera nilai rupiah dari sampah yang sudah ditabung dan yang dapat ditarik adalah uangnya bukan sampah.

Bank sampah ini sangat baik karena sampah sudah tidak berguna/dibuang masih bisa ditabung. Sampah masih punya nilai ekonomis dan bermanfaat bagi manusia, bahkan bisa meningkatkan kesejahteraan bila diolah dengan baik. Manfaat yang diikutinya berupa lingkungan jadi bersih, sehat dan memperpanjang umur tempat pembuangan akhir karena sampah sudah dikurangi di hulu/skala rumah tangga.

Sampah plastik bisa dibuat bijih plastik yang harganya jauh lebih mahal dari sampah plastik begitu juga dengan botol plastik yang harganya lebih murah daripada yang sudah dibuat bijih plastik.

Konsep bank sampah ini bisa diterapkan di sekolah. Konsep ini untuk menanamkan kebiasaan membuang sampah yang benar agar siswa lebih peduli terhadap sampah. Konsep bank sampah sekolah ini untuk menjaga kebersihan dan menciptakan pelajar yang berwawasan lingkungan.



Tim kelompok kreatif SMA Santa Maraia 2 Cirebon (KRISAN 2) membuat bank sampah sekolah juga dan ini yang pertama di kota Cirebon. Tujuannya agar sampah di sekitar sekolah bisa berkurang karena sebagian disetorkan ke bank sampah. Harapannya lebih kepada agar siswa mempunyai kepkeaan hati dan kepedulian terhadap lingkungan. Juga akan memberikan rasa empati terhadap orang-orang yang bekerja pada bidang kebersihan seperti tukang sampah, penyapu jalan dan pengumpul sampah.



Mudah-mudahan bank sampah sekolah bisa berkembang pesat walau banyak yang apatis dan cenderung menyepelekan dan bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah lain bukan hanya bisa berteori saja tapi perlu tindakan yang nyata....semoga...

0 komentar:

Posting Komentar