Kamis, 09 Februari 2012

Hari kasih Sayang

Hari Valentine atau lebih dikenal dengan hari kasih sayang yang biasa dirayakan setiap tanggal 14 Februari hari dimana para kekasih dan mereka yang jatuh cinta


menyatakan cinta di dunia barat. Sekarang diasosiasikan dengan orang-orang yang bertukaran notisi dalam bentuk valentine dimana simbol valentine berupa kartu berbentuk hati dan gambar cupido bersayap.

Kemudian pada abad 20 tradisi bertukaran kartu diperluas dengan pemberian hadiah seperti coklat dan bunga. Bunga mawar memang sangat cocok diberikan pada hari kasih sayang karena banyak arti yang terkandung dari bunga dan warna bunga mawar itu sendiri. Arti bunga mawar/rose adalah I Love You dan warna bunga mawar punya arti tertentu seperti warna merah artinya cinta yang respek tinggi, mawar kuniny artinya kebebasan/fleksibel, mawar merah jambu artinya terkasih dan penuh syukur yang mendalam sedang mawar putih artinya ketulusan cinta dan kepedulian.

Lepas dari pro dan kontra hari kasih sayang alangkah senangnya kalau bisa melihat dari sisi positif yang bisa diambil bukan dari pandangan negatifnya saja. Hal ini karena manusia perlu memberikan rasa kasih sayang terutama untuk Tuhan, orang-orang terdekat kita, sesama dan alam ini. Jadi hari kasih bisa diisi dengan kegiatan yang bermanfaat dan bermakna daripada diisi dengan kegiatan hura-hura seprti berbagi kasih bagi orang-orang yang memerlukan uluran kasih dari kita. Berbagi kasih memang tidak hanya pada hari kasih sayang saja tapi momen hari kasih sayang ini bisa untuk mengingatkan untuk tidak melupakan bahwa kita selalu perlu berbagi kasih buat orang lain.

Momen ini juga menginspirasi tim Kelompok Kreatif SMA Santa Maria 2 Cirebon membuat bunga mawar berbahan handuk untuk dijual sebagian dan sebagian digunakan untuk berbagi kasih buat orang lain.
Mudah-mudahan momen hari kasih sayang ini selalu mengingatkan kita untuk lebih peduli dan berbagi kasih buat orang-prang terdekat kita, buat orang lain yang membutuhkan uluran kasih kita. Mari kita berlomba-lomba untuk lebih peduli dan berbagi kasih buat orang lain dan sesama.

0 komentar:

Posting Komentar