Kamis, 27 September 2012

Mind maping



Kalau kita lihat di beberapa buku paket pelajaran bisa dilihat ada peta konsep pada awal bab yang berupaya menggambarkan hubungan antara pokok bahasan tapi seingkali hubungan antar konsep tidak lengkap dan tidak jelas. kalu begitu apa sih yang disebut dengan peta konsep atau concept map, maka peta konsep adalah piranti visual untuk mengorganisasikan dan mepresentasikan pengetahuan yang di dalamnya terdapat ada konsep-konsep yang dihubungkan dengan kata penghubung yang jelas. Susunan hubungan antar konsep bisa disusun berdasarkan yang umum hingga yang khusus secara hirarkis. Ada lagi yang disebut denagn peta pikiran atau mind map, peta ini lebih bersifat individu dan tidak memiliki kaitan yang ketat diantara hubungan antar elemnennya, jadi pada peta pikiran boleh gunakan kategori sesuai yang diinginkan. disinilah letak perbedaannya.


Pada pembelajaran termokimia sub bab dampak pembakaran siswa ditugaskan untuk membuat peta pikiran atau mind maping bukan peta konsep tapi dalam bentuk gambar. Kenapa dipilih dalam bentuk gambar, karena banyak dari siswa bila melihat banyak tulisan sudah malas untuk membacanya, sehingga dengan mempergunakan gambar akan lebih menarik dan membuat siswa lebih senang mempelajarinya.


Ternyata benar saja dengan gambar peta pikiran lebih menarik untuk dilihat, tentunya akan lebih mudah siswa mempelajari, apalagi dengan warna yang mencolok mata. Diharapkan dengan pembuatan mind maping, siswa lebih terkesan dan dapat menaglami proses pembelajaran yang menyenangkan .....



0 komentar:

Posting Komentar