Kamis, 04 Oktober 2012



Pada pembelajaran pembagian unsur menjadi logam dan non logam dimana diharapkan siswa bisa denagn cepat membedakan mana unusr yang logam dan mana yang bukan non logam. Hal ini tentu akan membuat kesulitan buat siswa untuk menghafal mana saja unsur yang logam ,mana yang bukan logam.Untuk mempermudah siswa belajar, pertama-tama membuat kartu unsur dimana unsur logam dengan warna biru dan unsur non logam dengan warna kuning. Kemudian nama unsur ditempel di papan tulis dan setiap siswa harus menempelkan kata logam atau non logam disamping nama unsur tersebut yang dilakukan berulang-ulang. Dengan demikian siswa akan lebih mudah mengingat karena dengan warna biru dan kuning yang dilakukan berulang-ulang sehingga siswa jadi hafal dengan sendirinya.


Bila siswa sudah hafal dilakukan permainan lain untuk memantapkan yaitu permainan dua-dua atau tiga-tiga. Siswa disuruh mengambil bola plastik kecil masing-masing satu yang bertuliskan nama unsur, setelah semua memegang bola , ketika diberi aba-aba tiga-tiga maka siswa harus dengan cepat berkelompok tiga-tiga, yang logam dengan logam dan non logam denagn non logam, dan yang tidak dapat pasangan atau salah berkelompok itu yang salah. Dan kembali siswa mengambil bola yang berbeda lagi dan disuruh berkelompok yang jumlahnya bisa berbeda dari yang tadi dan dilakukan beulang-ulang. Akhirnya secara tidak sadar siswa akan hafal denagn sendirinya dengan menyenangkan tanpa beban. Di akhir permainan yang tadi tidak memdapat pasangan atau salah berkelompok diberi hukuman untuk menari denagn gaya yang ditentukan dengan lagu potong bebek.


Puas dan menyenangkan siswa dapat mendapatkan pengalaman belajar tanpa harus dengan kerut dan wajah yang serius tapi proses belajar yang mengalir dan memberikan suasana ceria dan gembira. Semangat kegembiraan dari siswa bisa didapat.


0 komentar:

Poskan Komentar