Jumat, 26 Oktober 2012



Pada proses pembelajaran terutama di bidang sains seharusnya menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi dan menumbuhkan kemampuan berpikir. Oleh sebab itu pada proses pembelajaran sains dapat digunakan pendekatan ketrampilan prose. Ketrampilan artinya kemampuan menggunakan nalar, pikiran dan perbuatan secara efisien dan efektif untuk mencapai hasil tertentu termasuk kreativitas sedang proses  merupakan konsep besar yang dapat diuraikan jadi komponen yang harus dikuasai seseorang bila akan melakukan sesuatu. jadi pendekatan ketrampilan proses  adalah proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa dapat menemukan fakta, membangun konsep dan teori dengan sikap ilmiah siswa sendiri.

Dengan memapai bekas pop mie siswa dapat menghitung kalor yang dihasilkan dalam suatu reaksi.


Bertolak dari hal di atas , kadang kala dalam pembelajaran seringkalai pada pendekatan ketrampila proses terdapat kendala yaitu kurangnya sarana /alat yang minim yang bisa digunakan untuk melakukan pendekatan ketrampilan proses tersebut. Maka bisa dilakukan dengan cara memulai dari apa yang ada. Apa yang ada di sekeliling kita bisa digunakan untuk melakukan ketrampilan proses seperti apa yang dilakukan pada pembelajaran kimia ini.

Dengan aqua gelas bekas dapat melihat pengaruh luaas permukaan bidang sentuh terhadap laju reaksi dengan menggunakan gula batu dan gula pasir.

Pada pembelajaran termokimia dimana untuk mengukur panas yang dihasilkan oleh suatu reaksi dengan menggunkan kalorimeter. Bila alat kalorimeter tidak ada bisa digunkan bekas pop mie sebagai kalorimeter, walaupun ada kekurangannya tapi yang penting anak bisa melakukan percobaan untuk bisa menghitung panas yang dihasilkan oleh suatu reaksi.

Dengan mempergunakan aqua gelas siswa dapat melihat pengaruh suhu terhadap laju reaksi

Faktor yang mempengaruhi laju reakis seperti suhu. luas permukaan bidang sentuh bisa digunakan aqua gelas bekas untuk mengetahui pengaruh suhu dan luas permukaan bidang sentuh terhadap kecepatan reaksi. Lain lagi pada kesetimbangan dimana reakis yang berjalan terus menerus sehingga setiap komponen selalu tetap ada, bisa dibuktikan dengan mempergunakan peluang dengan menggunakan kertas atsuro.




Jadi pada ketrampilan proses tidak ada alasan lagi untuk mengeluh tentang tidak adanya alat dan sarana, pada beberapa bab bisa dilakukan denagn mulai dari apa yang ada di sekitar kita. Dengan apa yang ada di sekeliling kita yang sederhana , ketrampilan proses biusa tercapai sehingga siswa akan mendapatkan pembelajaran bagaimana mereka menemukan fakta, data dan dapat menyusun konsep yang ada. Mari kita gunakan apa yang ada di sekeliling kita untuk pembelajran yang kreatif dan inovatif.....

Ini menggunakan peluang dengan kertas atsuro untuk menunjukan bahwa pada reaksi kesetimbanagn setiap komponen yang bereaksi selalu teteap ada.

0 komentar:

Posting Komentar