Kamis, 08 November 2012

Pembelajaran dengan Bermain Peran


Bermain peran merupakan salah satu metode mengajar yang dapat menumbuhkan motivasi pada siswa untuk lebih aktif dalam mengikuti kegiatan belajar dan mengajar. Metode bermain perlu mengajak siswa untuk berperan menjadi orang tertentu atau materi tidak hidup. dengan metode bermain peran ini yang dilaksanakan dengan baik maka siswa dapat lebih mudah untuk memahami materi pelajaran sehingga dapat meningkatkan prestasi belajarnya.

      Siswa berkelompok untuk mengerjakan soal sebelum berperan sebagai atom-atomnya

Pada pembelajaran ikatan kimia yaitu ikatan ion siswa-siswa diberi penjelasan terlebih dahuu bagaimana terbentuknya ikatan ion bila setiap unsur yang berkaitan diketahui nomer atomnya. Setelah siswa benar-benar mengerti, bisa dilatih dengan siswa bermain peran menjadi atom yang menangkap elektron (ion negatif) dan sebagian lagi berperan menjadi atom yang mudah melepaskan elektron (ion positif). Sebelumnya siswa menyanyikan terlebih dahulu lagu disana senang, disini senang yang liriknya diganti denagn yang berhubungan denagn ikatan ion.
                       Ikatan ion, ikatan ion
                      dimana-mana ikatan ion
                      menangkap elekton, melepaskan elektron
                      jadilah ikatan ion.


Kemudian siswa dibagi menjadi 4 kelompok, kelompok atom bermuatan -1,-2,+1 dan +2. Dan bila siswa diberi soal Mg denagn noimer atom 12 dan Cl dengan nomer atomnya 17 maka salah satu dari kelompok +2 harus berperan sebagai atom Mg yang melepaskan 2 elektron dan 2 siswa dari kelompok -1 harus berperan sebagai atom Cl yang menagkap 1 elektron sehingga mereka berperan membentuk ikatan ion denagan 1 atom Mg dan 2 atom Cl. Demikian terus diberi soal sehingga siswa menjadi lancar mengerjakannya.

Siswa membentuk senyawa dengan ikatan ion dimana ada satu atom bermuatan positif dan 2 atom yang bermuatan negatif

Ternyata dengan bermain peran sangat efektif terhadap pemahaman siswa terhadap materi ikatan ion. Siswa lebih mudah memahami dan tentunya sangat menyenangkan karena dilakukan di luar kelas dan dilakuakn dengan hati yang seang karena tidak membosankan.

Siswa menyanyikan lagu yang sudah diubah liriknya dengan gerakan tertentu......

0 komentar:

Posting Komentar