Sabtu, 29 Desember 2012

Pertemuan Orang Tua


Peranan orang tua sangatlah penting dalam pendidikan anak karena hampir sebagian besar waktu anak bersama orang tua sedangkan guru hanya punya sedikit waktu untuk mendidik anak di sekolah juga sangat terbatas. Pendidikan karakter awal semuanya berawal dari rumah, guru hanya sebagai fasilitator saja tapi justru sering orang tua menyerahkan seluruhnya pendidikan kepada sekolah.

Untuk mengubah presepsi tersebut maka penting sekolah mengadakan pertemuan orang tua murid. Selain untuk mnegubah presepsi tersebut juga sekolah bisa menjabarkan kegiatan sekolah sehingga orang tua tahu tentang program sekolah. Tapi ternyata kehadiran orang tua juga sering tidak semua dengan alasan sibuk atau bekerja sehingga sering kali terjadi mis komunikasi.

Pertemuan ini juga bisa menjalin kerjasama orang tua dan  guru. Apa yang dilakukan anak di sekolah perlu diketahui oleh orang tua begitu juga guru perlu info tentang anak ketika mereka berada di rumah apa punya persoalan atau tidak.Nah, perlunya kerjasama tersebut maka pada pertemuan orang tua murid untuk pengambilan rapot semseter ganjil, saya ingin mempetegas pentingnya kerjasama tersebut dengan sebuah permainan yang dilakukan oleh anak dengan orang tuamya.

Masing masing kelompok yang terdiri dari anak dan orang tua diberi selembar kertas yang ada satu buah huruf dan setiap kelompok harus menuliskannkata sebanyak mungkin kata dari huruf tersebut yang berhubungan dengan sekolah. Tiap kelompok mulailah kelihatan bekerjasama untuk mencari kata-kata tersebut, ada yang bingung, ada yang tertawa-tawa, ada yang serius... Lucu juaga ya, mereka bener-bener bersatu untuk menyusun kata sebanyak mungkin. Sesudahnya kertas dikumpulkan dan dipeiksa siapa yang terbanyak menyusun kata-katanya.

Sebelum mengumumkan siapa yang menang , mereka harus menjawab apa makna dari permainan tersebut dan hampir sebagian besar mereka menjawab adalah kerjasama dan kekompakan... Nah dari jawaban tersebut saya menerangkan bagaimana pentingnya kerjasama guru dan orang tua ,jangan sampai orang tua cuek saja dan membebankan kepada guru saja dan kalau ada apa-apa menyalahkan guru saja.. Nah, mudah-mudahan dari permaina ini  para orang tua sadar akan perlunya kerjasama tersebut sehingga kalau dapat panggilan dari sekolah dapat menyempatkan diri untuk datang ke sekolah untuk mengetahui perkembangan anaknya di sekolah.


0 komentar:

Posting Komentar