Selasa, 16 April 2013

Permainan Menjodohkan pada Materi Koloid

                               Siswa dari kelompok yang berbeda mencoba memasangkan pasangannya


Koloid adalah campuran dua zat yang ukuran partikelnya antara larutan dan suspensi yang terdiri dari fase terdispersi dan medium pendispersi. Koloid terdiri dari 8 macam yaitu sol padat, sol cair ,sol gas, emulsi padat, emulsi cair , emulsi gas, busa padat, dan busa cair.
                               Ada siswa  yang harus berpikir lebih lama untuk memasangkan


Untuk memudahkan siswa belajar maka dibuat permainan tentang macam koloid ini yaitu menjodohkan antara fase terdispersi, medium pendispersi, nama koloid dan contoh koloid. Dimana tulisan dari fase terdipersi, mediumnya, jenis koloid dan contohnya dibuat dari kertas jeruk warna-warni dengan bentuk bunga yang di belakangnya ditempel magnet sehingga bisa ditempel di papan tulis bermagnet juga. permainan di lakukan di out door. caranya siswa dibagi dua kelompok, kemudian ada 8 soal yang dipasang di papan bisa berupa nama koloid, contoh koloid atau fase terdipersi dan medium pendispersi, sisanya di taruh di papan tulis satunya lagi.
                                           Berpikir dulu untuk meamsangkan jenis koloid


Ke dua kelompok berlomba memasangkan yang cocok pada soal secara bergilir dan yang bisa memasangkan lebih banyak itu yang menang. Setiap siswa aktif untuk memasangkan jenis koloid, contoh , fase dan mediumnya sehingga siswa menjadi hafal apalagi permainan ini dilakukan berulang-ulang sehingga menjadi hafal. Dengan permainan ini materi jenis koloid bisa tersampaikan kepada siswa.
                                        Sudah belajar bersama tidak lupa berfoto bersama juga


0 komentar:

Posting Komentar