Kamis, 04 April 2013

Belajar Sifat Garam denagn Kartu Remi


Garam dibentuk oleh asam dan basa dan sifat garam ditentukan oleh asam pembentuk dan basa pembentuknya. Untuk mempermudah siswa belajar digunakan kartu remi sebagai media belajarnya. kartu remi dibuat dari kertas jeruk denagn jumlah 52. kartu diberi tulisan rumus senyawa garam bersifat asam, garam bersifat basa, garam bersifat netral dan garam yang tergantung harga Ka dan Kb, lalu ada yang bertuliskan asam, basa,netral, dan tergantung Ka dan Kb.


Kelas dibagi 3 kelompok masing-masinga da 4 orang. Setiap kelompok mendapatkan 1 paket kartu. Caranya setelah kartu dikocok lalu semaunya disusun rapi di atas meja menjadi baris dan kolom. Setelah itu secara bergilir setiap siswa membuka 2 kartu dan diperlihatkan ke teman yang lainnya. Bila dua kartu tersebut saling berhubungan  antara rumus senyawa garam dengan sifat garamnya bisa diambil sebagai milik yang membukanaya , bila tidak ada hubungannya ditutup kembali dan siswa lainnya mulai membuka 2 kartu lagi.Permainan berakhir setelah semua kartu habis diambil dan yang mendapat pasangan kartu yang sesuai terbanyak itulah yang menang.


Permainan dilakukan secara berulang sehingga siswa terampil memasangkan rumus senaywa garam dengan sifatnya. Belajar sifat garam dengan kartu remi, siapa takut!!!! banyak manfaat yang bisa didapat.

0 komentar:

Posting Komentar