Senin, 26 Agustus 2013

Ada Es Mamboo di Praktek Kimia

                                   
Pada materi sifat koligatif ,dimana sifat koligatif hanya dipengaruhi oleh oleh konsentrasi zat terlarut. Salah satu sifat koligatif adalah penurunan titik beku. Nah, untuk membuktikan bahwa penurunan titik beku hanya dipengaruhi oleh konsentrasi zat terlarut,maka dibuatlah es mamboo.
Gampang membuat es mamboo: satu buah kaleng susu kental manis rasa coklat dituangkan ke dalam panci besar dan ditambahkan 500 ml air dan dipanaskan sampai mendidih dan jangan lupa diaduk perlahan-lahan. Setelah dingin dimasukan ke dalam plastik es mamboo dan di masukkan ke dalam freezer.

Nah, titik beku adalah suhu ketika tekanan uap caiaran itu sama dengan tekanan uap dalam keadaan padat.Dan pembekuan suatu laruran , yang membeku sebetulnya adalah pelarutnya saja, sedangkan pelarutnya tidak ikut membeku. Adanya zat terlarut menyebabkan larutan jadi sulit membeku sehingga titik beku larutan lebih rendah dari titik beku pelarut. Dan selisih titik beku pelarut dengan titik beku larutan disebut dengan penurunan titik beku.

Nah, setelah es mamboo jadi, masing-masing siswa disuruh merasakan es mambo tersebut dengan cara menyedotnya....dan merasakan rasanya. Kemudian menuliskan pada tabel pengamatan. Dimana akan terasa manis karena ada susu kental manis yang terlarut dan lama-lama akan tidak terasa manis lagi. Jadi dari sini siswa dapat membuktikan bahwa pelarut yang membeku tapi zat terlarutnya tidak..

Praktek yang menyenangkan, karena membuat es mambo  dan makan es mamboo dilakukan  bersama-sama juga dan membuat siswa lebih mengerti lagi tentang sifat koligatif pada penurunan titik beku.
Sedapnya es mamboo, menambah keceriaan siswa, apalagi dengan kebersamaan yang indah.. Dan ternyata ada siswa yang mencoba lagi membuat es mamboonya karena rasa yang enaaaak!!!! asiiklah...





2 komentar:

Rama Adithya mengatakan...

mantaap (y)
komen balik ke blog ku yaa : ramadroid.blogspot.com

Farida Durrotun Nasihah mengatakan...

Enaaak ya, pelajaran sambil minum es. Hihi ^^

Posting Komentar