Jumat, 30 Agustus 2013

Balonku Warna-warni Untuk Geometri Molekul

Berdiri dengan hasil dari membuat beberapa bentuk gemetri molekul

Pada pelajaran geometri molekul, untuk memudahkan siswa mengerti perlu media sehingga siswa tidak perlu membayangkan bagaimana bentuk geometrinya. Setelah siswa dilatih mencari tipe molekul sekarang siswa diperkenalkan dengan teori VSEPR. Teori VSEPR adalah pendekatan yang menjelaskan susunan geometrik dari pasangan elektron dari di sekitar atom pusat sebagai akibat gaya tolak menolak antara pasangan elektron.

Untuk meramalkannya perlu diperhatikan kalau ada tiga jenis gaya tolak dalam molekul , antra pasangan elektron ikatan, antara pasangan elektron bebas dan antara pasangan elektron ikatan dan bebas. Elektron dalam satu ikatan akan ditahan oleh gaya tarik inti kedua atom yang berikatan dimana elektron ini mempunyai distribusi ruang yang kurang dibanding pasangan elektron bebas. Karena pasangan elektron bebas dalam molekul menempati  ruang yang lebih besar, pasangan elektron ini  mengalami tolakan yang lebih kuat dari pasangan elektron bebas tetangganya dan dari pasangan elektron ikatan.Akibat kekuaan tolakan pasangan elektron bebas yang besar menyebabkan molekul membentuk sudut dan kemiringan . Untuk mencatat jumlah total pasanga elektron ikatan dan pasangan elektron bebas kita menuliskan dengan tipe molekul AXE dimana A adalah atom pusat , X adalah pasangan elektron ikatan dan E adalah pasangan elektron bebas.

Nah, untuk mempraktekannya siswa menggunakan balon sebagai atomnya. Setiap kelompok diberi soal dan dibuat dulu tipe molekulnya sehingga tahu berapa pasangan elektron ikatan dan berapa pasangan elektron bebasnya. Kemudian  dengan memperhatikan itu semua dibuat bentukan molekul dengan balon. Balon ditiup dahulu dengan besar tertentu. Dari tipe molekul yang dibuat siswa kemudian siswa membentuk balon-balon tersebut menjadi bentuk yang sesuai.

Hampir setiap kelompok tidak mengalami kesulitan dalam membuat geometri molekul, dan mereka bisa membentuk dengan balon-balon tersebut dengan baik. Mereka puas , karena dengan menggunakan balon , mereka lebih mengerti dan tidak perlu membayangkan lagi. Dengan balon, materi geometri molekul menjadi lebih mudah dicerna.....
 
Sedang mengerjakan  geometri molekul





0 komentar:

Posting Komentar