Minggu, 11 Januari 2015






Kegiatan kali ini di Yayasan Al Kahfi Cirebon berbeda dengan bulan-bulan kemarin. Berbeda karena saya mengadakan kegiatan fashion show yang semua pelakunya anak-anak Al Kahfi. Mengapa saya membuatkan kegiatan ini?? Karena ternyata dibalik kegiatan fashion show ini banyak manfaat yang bisa diambil oleh anak-anak. Fashion itu sendiri artinya mode, gaya, cara, model dan kebiasaan. Walau pengertian fashion berbeda satu dengan yang lain. Salah satunya ada yang mengatakan kalau fashion adalah bentuk dari komunikasi. Sedangkan Fashion show adalah pentas seni peragaan  busana. Kegiatan ini biasanya meliputi perkembangan mode, bisnis dan pendidikan yang terbaru dari industri mode.

Manfaat yang bisa diambil dari peragana busana bagi anak –anak

  • 1.      Meningkatkan rasa percaya diri

  • 2.      Menjadikan anak mental yang kuat.

  • 3.      Bisa bersosialisasi dengan temannya.

  • 4.      Menghargai busana yang dipakai

  • 5.      Anak menjadi disiplin

  • 6.      Dapat meningkatkan potensi dan bakat yang dimiliki anak

  • 7.      Dapat menghargai dirinya sendiri.





Selain itu saya sendiri juga sangat peduli dengan bahan-bahan sampah yang sebetulnya masih bisa digunakan. Oleh sebab itu , saya menginginkan anak-anak membuat peragaan busana dengan pakaian yang berasal dari bahan yang yang sudah tak digunakan atau bisa dikombinasikan. Anak-anak sebelumnya sudah bersama-sama membuat baju kreasi mereka secara berkelompok. Dan nanti dua dari masing-masing kelompok harus memperagakannya di depan anak-anak yang lain.
Peragaan dilakukan di depan rumah belajar dengan panggung sederhana dengan alas dari banner bekas. Kiri dan kanan tempat anak-anak menonton. Sebelumnya anak-anak yang akan memperagakan hasil kreasinya mempersiapkan diri dibantu dengan kakak-kakak yang lebih besar. Setelah siap, satu persatu anak-anak berjalan  sambil bergaya. Ternyata dari anak-anak yang tampil terlihat sudah mulai percaya diri dan senyum yang terkembang dari wajah mereka menandakan mereka tampil dengan percaya diri.  Terakhir mereka berjejer rapi sambil memperlihatkan hasil kreasi mereka.


Kegiatan ini memang sangat sederhana karena keterbatasan sarana dan prasarana yang ada di yayasan. Tapi dari kesederhanaan ini saya bisa melihat anak-anak begitu gembira dan menikmati kegiatan yang tak biasa bagi mereka. Saya sadar , di yayasan ini dengan keterbatasannya jarang membuat kegiatan yang banyak, sehingga dengan kegiatan ini mereka terbantukan. Oleh sebab itu saya membuat kegiatan ini juga untuk membantu agar anak-anak ini bisa melatih kepercayaan diri dan berani tampil di depan orang banyak . Di sisi lain saya juga mengharapkan mereka juga bisa mengambil hikmah dari peragaan busana dengan bahan bekas, agar mereka tak pernah menyia-nyiakan barang bekas yang sebenarnya banyak yang masih bisa dimanfaatkan. Sungguh kegiatan kali ini benar-benar berguna bagi peningkatan rasa percaya diri anak-anak dan membuat anak-anak juga lebih peduli dengan sampah.


20 komentar:

Pipit Widya mengatakan...

Seru dan kreatif Mba acaranya. Anak2 terlihat seneng bgt ya.

angkisland mengatakan...

wahhh seruu mah acaranya kalo ada saya bakal eksis dah saya hehe mantap mamah tira...

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Pipit. senang melihat anak-anak tertawa

Tira Soekardi mengatakan...

kalau ada mas Angki pasti tak tugasi fotoin anak-anak pasti hasilnya bagus

momtraveler mengatakan...

anak2 kayanya semangat dan hepi banget tuh mbak ...
seru acaranya :)

Kania Ningsih mengatakan...

anak saya cowok kelas 2 SD, kayanya kalo ikut peragaan busana kayak gini malu2 mak..tapi kalo futsal dan semacamnya yang bergerak dia mau. gimana ya mak biar meningkatkan kePDannya???

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Muna , anak2 suka walau saya tadinya agak ragu tapi hasilnya top

Tira Soekardi mengatakan...

Mak Kania kalau anaknya suka futsal, bisa dimasukkan klub futsal atau sering diikutkan lomba-lomba bukan untuk mengejar menang tapi melatih rasa percaya diri.

Irly mengatakan...

wah.. sepertinya pada Pede, Waktu diumur seperti mereka, saya sepertinya bakal dorong-dorongan ama teman-teman buat maju dluan, tapi setelah itu tetep aja gak mau maju..hehe

Tira Soekardi mengatakan...

Nah itulah mbak Irly , dengan kegiatan ini saya mengajarkan mereka untuk punya rasa percaya diri lebih

Edi Padmono mengatakan...

melihat photonya jadi ngakak sendiri.........tapi asli...seru deh...

Tira Soekardi mengatakan...

kok bisa ngakak sih, tapi pastinya memang seru mas Edi

dunia kecil indi mengatakan...

Bagus sekali, fashion show ramah lingkungan :)

yuli yulia mengatakan...

wah keren mak Tira, kirain mak Tira yang jadi modelnya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Indi, mengajarkan anak buat peduli lingkungan

Tira Soekardi mengatakan...

Mak Yulia , aku sudah mak-mak mau jadi modelnya nanti diketawain anak-anak lagi

Dewi Rieka mengatakan...

wah seru ya mba, bisa jadi ide buat main2 dengan bocahku ni mbak :*

Tira Soekardi mengatakan...

iya seru dan membawa kegembiraan, boleh dicoba mbak Dewi dg anak-anaknya atau manggil anak-anak tetangga, jadi tambah seru

angkisland mengatakan...

aamiin mah wah moga selalu suka sam hasil jepretnya dah aamiin...

Tira Soekardi mengatakan...

amin aja dah

Posting Komentar