Minggu, 09 Agustus 2015

Menyeberang Ke Pulau Ayer






Waktu berpergian ke pulau Ayer yang terletak di kepulauan seribu kami sekeluarga membutuhkan transportasi ke sana. Untuk ke pulau Ayer kita bisa berangkat dari dermaga Marina Ancol Jakarta. Dermaga yang posisinya berada di belakang Dunia Fantasi Ancol. Dermaga ini terbuat dari kayu pancang  yang menuju kapal dengan lebar sekitar 1 meter. Dan kapal yang bersandar di dermaga Marina ini bermacam-macam tipenya. Ada kapal pribadi, kapal sewaan dan kapal milik resort yang ada di kepulauan Seribu.





 Dermaga Marina Ancol ini mempunyai 23 pintu dermaga yang tempatnya berurutan dari nomer 1 dekat dengan jembatan sampai dermaga 23 yang letaknya paling ujung pantai Marina Ancol. Untuk ke pulau Ayer masuk ke pintu dermaga 16 dengan keberangkatan jam 9 pagi.Kebetulan kami menginap di cottege Putri Duyung sehingga lebih mudah menuju dermaga Marina Ancol. Waktu itu hujan gerimis setelah semalaman hujan lebat. Agak takut juga kalau waktu menyeberang hujan deras dan ombak besar. Padahal menuju pulau Ayer hanya membutuhkan waktu 25 menit saja tapi ada perasaan berdebar juga karena cuaca yang agak sedikit buruk. Apalagi salah satu ponakan aku agak ketakutan untuk naik kapal. Beberapa sepupu lainnya memberi semangat agar dia mau naik kapal. Karena tadinya dia ingin tetap di cottege saja. 




 
 Akhirnya kapal yang menuju pulau Ayer sudah ada. Dan kami naik semua dan cuaca mulai tampak cerah. Saat kapal berangkat , sebelum mesin menyala tubuh terasa terombang-ambing sehingga kepala terasa puisng. Tapi setelah kapal menyala dan berangkat, tak terasa lagi terombang-ambing dan hilang pusingnya. Kadang di tengah-tengah perjalanan kapal mesin mati. Kami tertawa semua karena ponakan yang takut mulai panik. Ternyata mesin mati karena ada sampah yang nyangkut di baling-baling kapal. Setelah sampah diambil mesin kembali menyala. Dan wajah-wajah sumringah tampak kembali.




 
 Sampai di demaga pulau Ayer, tampak dermaga yang cukup cantik. Terbuat dari kayu-kayu dengan bangunan yang luas  yang terbuat dari kayu pancang dan atap  terbuat dari sirap. Hal ini membuat dermaga tampak nyaman apalagi ada angin laut yang meniup perlahan. Dan tampak pohon-pohon kelapa yang menjuntai tinggi tampak menawan. Saat kaki menginjakan dermaga pulau Ayer , rasanya akan merasa nyaman tinggal semalam di sini. Rencananya akan menyusuri seluruh pantai yang ada yang mengelilingi pulau. Fasilitas yang ada dan resort yang nyaman di atas laut. Sudah terbayangkan akan begitu banyak pengalaman yang menarik di pulau Ayer.

  



24 komentar:

Saepul Bahri mengatakan...

Pas thu buat destinasi wisAta keSana
Pulau ayer thu sbelah mna pulau seribu gan , kya.a seruu klo kesana

Tira Soekardi mengatakan...

pulau yang paling terdekat dari pantai marina Ancol termasuk salah satu kepulauan seribu

adi pradana mengatakan...

serunya mak, nyebrang naik kapal... apalagi bareng keluarga....

HM Zwan mengatakan...

deket juga ya mak,23 menit

Efi Fitriyyah mengatakan...

Aku pernah ke Anyer tapi cuma bentaran aja, waktu itu rombongan dari sekolah pake bus. Asik ya kalau bisa stay lebih lama.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Adi

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Hana, tapi sensasi takutnya juga lumayan apalagi saat kapal tiba-tiba berhenti

Tira Soekardi mengatakan...

Oh Mak Efi bukan Anyer tapi pulau Ayer salah satu pulau di kepulauan seribu

Gustyanita Pratiwi mengatakan...

Sama mb, aku juga suka mabok klo naek kapal

Tira Soekardi mengatakan...

he, he, selain mabok aku sih takut mbak Pratiwi

angkisland mengatakan...

wahhh keern mah jadi pengen jalan" juga mah dis itu hehehe

Uniek Kaswarganti mengatakan...

Duh, ada sampah juga ya di airnya sampe nyangkut gitu. Sedih ya klo ada sampah mengapung di laut.
Itu dermaga P. Ayer nya cantiiiiikkk... jadi pengin ke sana juga :)

Tira Soekardi mengatakan...

ayuk mas Angki pasti fotomu lebih bagus

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Uniek itu sampah dari jakarta loh. Di cottege di pulau Ayernya juga sering kedatanagn sampah dari jakarta.

Dee Rahma mengatakan...

Menginap di Cottage Putri Duyung per malam berapa Mbak? Kapalnya bersih yaaaa…

Dee Rahma mengatakan...

Menginap di Cottage Putri Duyung per malam berapa Mbak? Kapalnya bersih yaaaa…

Tira Soekardi mengatakan...

kapalnya bersih dan bagus kok kalau kita pakai kapal dari ermaga marina ancol. Harga?

Aira Kimberly mengatakan...

Wah, serunyaa <3 <3v jadi pengen jalan-jalan ke pulau Ayer juga nih ^__^

Tira Soekardi mengatakan...

iya enak banget mbak Aira apalagi bungalownya juga nyaman

Arifah Abdul Majid mengatakan...

Aku termasuk yang parnoan kalau naik kapal laut mak :p

Tira Soekardi mengatakan...

sama, tapi ini kapal memang gak terlalu menakutkan dibanding kapal yg terbuat dari kayu dan bentuknya kecil. Itu sangat horor

Pipit Widya mengatakan...

Saya kira awalnya jg Anyer, Mak.
Baru tau, Mak. Dulu cm ke Pulau Bidadari.
Jalan2 terus ih, enak ya :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya banyak kok pulau di kepualuan seribu yang bisa jadi destinasi untuk liburan

Adhitya Pratama mengatakan...

gak nginep ya disana? saya juga belum lama main kesana mba pulaunya lumayan. cek cerita lengkapnya disini ya : pulau ayer

Posting Komentar