Kamis, 07 Januari 2016






Entah mengapa lihat foto-foto di instagram banyak foto yang memperlihatkan pemandangan di curug di beberapa daerah. Entah memang lagi ngetrend atau apa, aku sendiri  tak tahu. Dan dari beberapa cerita untuk ke curug itu perlu ekstra keras karena jalan yang masih belum bagus belum kalau jalannya menanjak atau terjal. Tapi akhirnya aku kesampaian juga mengunjungi curug Cipeutey. Artinya aku gak kalah juga dengan yang lain. Itupun tidak sengaja. Tadinya ingin mengunjungi kebun raya Kuningan yang baru diresmikan tapi ternyata di tutup.. Agar rasa kecewa tidak menumpuk akhirnya salah satu temanku mengusulkan untuk pergi ke curug Cipeuteuy yag tak jauh dari sana. Akhirnya kesampaian juga.



Curug Cipeuteuy terletak di Blok Pasir Desa Bantaragung Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Curug ini dikelola oleh masarakat di sekitar sana yang tergabung dalam Mitra Pariwisata Gunung Ciremai (MPGC). Daerah ini merupakan salah satu objek wisata Taman wisata Curug Cipeutey . Letaknya di kaki gunung Ciremai. Masuk ke sana harga tiket masuk hanya Rp 10.000 per orang. Melangkahkan kaki sudah disambut dengan pohon-pohon yang rindang. Pohon-pohon pinus berjajar rapih dengan suara desiran yang terdengar aneh di telinga. Taman ini dibangun di tanah seluas 12 ha. Dan ini objek wisata yang baru dibuka tahun 2010. Beberapa gazebo terlihat di antara pepohonnan. Beberapa penunjuk jalan ke arah curug. Menunjukan tempat toilet, tempat makan . Walau fasilitas yang ada di sana sangat minim dan banyak yang rusak, apalagi toilet yang tak ada lampu dan kotor dan bau,tapi tertutupi dengan keindahan alamnya.



Sebelum memasuki area air terjunnya, melewati jembatan bambu. Pantas untuk berfoto di sini karena latar belakan hutan pinus yang tinggi menjulang. Ada beberapa peringatan untuk tidak berpelukan atau berciuman karena daerah ini dikeramatkan. Padahal menurutku walau tak dikeramatkan ya tak pantas ya untuk berpelukan di tempat umum. Aneh larangan ini!!!! Dan menuruni beberapa anak tangga akhirnya sampai juga di curugnya. Walau hanya tinggi 5 meter dan dalam air sedalam 130 cm, tapi suara gemericik air dan udara yang adem bikin suasana hati juga adem. Di bagian bawah terdapat semacam pancuran yang berundak-undak berada d atas jembatan bambu . Dan berfoto di sini juag akan nampak indah. Di sana juga disiapkan area perkemahan bagi orang yang ingin berkemah secara berkelompok. Bisa digunakan untuk kegiatan pramuka. Lahan yang digunakan untuk bumi perkemahan bisa menampung sekiatr 2000 peserta. Semua ini sudah dilengkapi dengan tempat pengambilan air minum, kayu bakar untuk kegiatan api unggun, MCK, mushola.



Di beberapa gazebo bisa digunakan untuk sekedar santai. Ada juga gazebo yang digunakan untuk menjual beberapa camilan dan minuman ringan. Pop mie dan indomie rebus camilan yang paling laku karena suasana yang dingin. Minuman dan makanan hangatlah yang bisa menemani waktu santai sambil memandangi panorama indah di sana. Keindahan alam ini perlu sekali untuk dijaga keindahan dan kebersihannya. Begitu juga dengan fasilitas harus ditambah dan fasilitas yang sudah ada harus dipelihara dengan baik. Sehinngga tak ada lagi toilet kotor dan bau, gazebo yang mulai rusak .Peran pemerintah , masarakat dan pengunjunglah yang bertanggung jawab agar tempat wisata ini tetap punya pesona dan keindahan alami . Jangan sampai rusak dan dipenuhi cemaran yang dibawa ke sana.



Hutan pinus yang berjejer rapi, suara air terjun yang begitu indah seperti nyanyian alam , tempat wisata yang patut dikunjungi. Walau untuk bisa kesana, perlu hati-hati karena jalan yang menanjak dan curam dengan jalan yang kecil . tapi semuanya akan terobati dengan panorama keindahan alam curug yang mempesona

58 komentar:

Anisa Ae mengatakan...

Wuaaahhh tempatnya keren banget. :D Jadi pingin ke sana.

Pengobatan kanker payudara mengatakan...

pemandanganya bagus

Aprie mengatakan...

yang di jembatan cakep banget mbak. :O

Kania Ningsih mengatakan...

bagus ya mba pemandangannya, murah tiketnya juga. saya blm pernah kesana :)

Tira Soekardi mengatakan...

yuk mbak Anisa, datang ke sini ngadem

Tira Soekardi mengatakan...

pengobatan kanker payudara, iya bagus dan suara alam yg indah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Apri bagus untuk foto prewedding

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Kania sudah peranh ke telaga remis???? Nah dari sana hanay kurang lebih satu jam menuju arah majalengka

Yasinta Astuti mengatakan...

Suka banget air terjunnya.. Enak banget ya kayanya tempatnyaaa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Yasinta , indah , hanay sayang prasarana dan fasilitas masih kurang. WC,hanay ada satu dan kotor

Nazmi Laura mengatakan...

Peuteuy itu bahasa sundanya petai kan? Hehe, di daerah aku juga ada curug.Knp ga foto di air terjunnya mbak pengen liat =))

Yayats38 mengatakan...

Menarik dan asri daerahnya ya ? Saya jarang ke Majalengka padahal ada keluarga besannya Pakde saya di sana.
Hatur nuhun :)

mr aneh mengatakan...

Gua orangnya susah untuk jalan2 sih. Makanya norak liat air terjun kayak gitu.

Dwi Puspita mengatakan...

asik banget tempatnya buat foto2 nih mbak...suka sekali melihat pemandangan segar dan sejuk spt ini...

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Laura, foto air terjunnya ngeblur jadi gak tak uplaod

Tira Soekardi mengatakan...

ayo mas Yayat berkunjung ke sini , alamnya indah

Tira Soekardi mengatakan...

wah mr aneh , sungguh aneh gak suka jalan2

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Dwi , apalagi jalan menuju ke sana melewati sawah yang berterasering sungguh indah

Ade anita mengatakan...

Tempatnya bagussss (sayang toiletnya ya...padahal kalo ada anak kecil toilet bersih tuh penting)

Gustyanita Pratiwi mengatakan...

Klo dikelilingin hutan pinus aku jd teringat film wrong turn mb huihii

Ika Puspitasari mengatakan...

Pasti seger banget udaranya disana ya mbak...

Ety Abdoel mengatakan...

Alamnya bagus tapi sayang banget kalau fasilitas umumnya nggak memadai.

Dedew mengatakan...

cakeeep ya curugnya, terawat lagi memang buat wisata..

Irawati Hamid mengatakan...

foto yang keempat itu cantik banget Mbak :)

Aireni Biroe mengatakan...

Peringatan tentang tempat yang dikeramatkan mungkin menjadi cara lain dari pihak pengelola untuk tindakan yang tak pantas *semacam menakut-nakuti* #mungkin :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ade, toiletnya gak ada lampunya , jadi aklau ditutup gelap abnget. jadi waktu temanku mau ke toilet, aku harus jagain dia krn pintunya dibuka

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak Pratiwi, tapi aku suka dengan suara desiran pohon pinus

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ika cenderung dingin karena berada di kaki gunung

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ety, toilet kotor, mushola juga kumuh. Sayang alam yg indah tak didukung prasarana yg memadai

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Dwi apalagi suaar pinus yang bergesekan daunnya membuat suara2 unik tapi merdu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Irawati, bisa foto di atas jembatannya dan bisa di atas air dibawah jembatannya

Tira Soekardi mengatakan...

Good, betul juga pemikiran mbak Aireni. Dengan menakut-nakuti orang akan takut melakukannya.

Santi Dewi mengatakan...

Curug pastinya memberikan suasana yang menyegarkan. Saya pun ingin mengajak anak2 ke Curug, sepertinya di daerah Banten banyak Curug yg bisa dikunjungi

Qiqi Nur Indah Sari mengatakan...

jadi kepingin liburan baca postingan ini :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Santi tp kebanyakan masih belum dikelola dg baik dan jalan menuju ke curug biasanya nanjak . Di curug cipeuteuy ini jalannya kecil dan nanjak dan terjal

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Qiqi curug itu hamir di setiap daerah pegunungan ada, tempatnya mbak ada gak???

Winda Carmelita mengatakan...

Ya ampun, bagus sekali Mak, adem ya pemandangannya. Saya suka dan terobsesi sama hutan2 pinus ala deep forest begini :')

Abah Raka mengatakan...

Wah ada curug ternyata di Majalengka, baru tau, kalo ke sana gak pernah jalan2 ngadem

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Winda, pohon pinus selalu tampak eksotis dg suara-suaranya

Tira Soekardi mengatakan...

abah Raka , di majalalengka itu banyak curug bukan Ciputeuy saja. Curug ini yg paling dekat dg Cirebon jadi bisa aku kunjungi

Fatah (easytourbandung.com) mengatakan...

Foto curug nya mana??? pingin lihattt.. udah 2 blogger yang membahas curug ini, tapi gambar sicurug belum terlihat jelas :)

Widya Herma mengatakan...

Indah banget pemandangannya mbak.. sepertinya bener - bener cocok buat ngadem dan merenung hihi

Obat Tradisional Hernia mengatakan...

kece jembatannnya buat selfie :D

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Pasti adem udaranya, banyak pinus gitu. Pemandangannya juga cakep :)

atanasia rian mengatakan...

wah keren, pengen kesana pasti sejuk enak buat santai

Anne Adzkia mengatakan...

Baru ngeh di Majalengka ada Curug Cipeuteuy. Jauh gak tuh kalau dari daerah Wado, Sumedang? Pengen deh kesana, kapan2.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas fatah mau diuplaod foto curugnya ternyata ngeblurrrrr

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Widya , merenung dan aku bikin hampir lima puisi untuk keindahan alam di sini

Tira Soekardi mengatakan...

obat tradisional hernia, iya eksotis jembatannya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Hidayah malah cenderung dingin

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Atanasia, keren tempatnay sayang prasarananya yg gak bagus

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Anne, curug ini lebih dekat ke Cirebon, tapi di majalengka banyak sekali curug seperti di maja, di argapura dan masih banyak lagi

Cumilebay MazToro mengatakan...

Kalo di tempat macam ini, mau nya leyeh2 sambil makan mie bakso atau indomie

Titik Asa mengatakan...

Pasti sejuk dan asri disana ya Mbak?
Jadi pengen kesana nih kapan-kapan...

Salam,

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas torro , walau hanya indomie terasa lezat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Titi sangat asri dan aku suka banget dg jejeran pohon pinusnya

Christanty Putriarty mengatakan...

baru tahu nih mbak destinasi wisata yang aduhai panorama alamnya....jadi pengin halan2x kesana.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Christanty indah dan asri

Posting Komentar