Kamis, 11 Februari 2016

Peduli Lingkungan Dengan Kreativitas



Tema Lingkungan sekarang semakin banyak didengungkan. Mengapa? Secara tak sadar pertumbuhan jumlah penduduk yang semakin banyak dan tidak diikuti dengan kesadaran untuk menjaga lingkungannya ,membuat lingkungan semakin hari semakin mengkawatirkan. Mulai penggiat-penggiat lingkungan  menyerukan untuk semua masarakat baik lokal maupun dunia untuk mulai menjaga alam . Agar alam dan lingkungan tetap terjaga .Ini bisa berdampak buruk pada kelangsungan hidup banyak orang. Tapi peduli apa. Banyak orang berpendapat demikian, karena orang-orang ini belum terkena dampak yang luar biasa bagi dirinya. Mungkin anak, cucunya kelak. Itulah mengapa orang tak peduli lagi untuk memelihara alam. Walau di Al Quran juga jelas kalau kita harus menjaga dan memelihara alam dari kerusakan seperti pada Surat Ar Rum (30) ayat 41-42 tentang larangan membuat kerusakan di muka bumi, tapi ternyata itu tak membuat orang sadar akan bahaya jika alam rusak. Mau tak mau alam berkaitan dengan kehidupan manusia. Semua hanya memikirkan diri sendiri.

Banyak komunitas penggerak lingkungan yang sudah banyak bergerak. Sudah banyak yang mereka lakukan. Mulai dari propaganda, melalui seminar maupun ajakan untuk bertindak menyelamatakan lingkungan. Kesadaran akan lingkungan masih jauh dari harapan. Memang kesadaran itu harus mulai dari diri sendiri. Untuk bisa menjadi teladan daripada mulut nyinyir mungkin bisa melakukan kegiatan sederhana di rumah. Bisa dibayangkan untuk sampah saja kadang kita harus nyinyir dengan orang lain yang seenaknya saja membuang sampah. Mulailah dari diri sendiri , dari hal yang paling sederhana yang bisa dilakukan dari rumah dan sekelilingnya, di kantor . Mudah saja, mulai bisa memilah-milah sampah, mengajarkan anak-anak untuk peduli lingkungan dan masih banyak contoh yang bisa kita lakukan dari rumah.

Salah satunya adalah berkreasi dengan sampah anorganik yang terbuang di tempat sampah. Banyak loh sampah yang bisa dimanfaatkan untuk kerajinan tangan. Bahkan nantinya bisa punya nilai ekonomi. Tapi paling tidak mulailah berkreasi dengan sampah di rumah kita yang masih bisa dimanfaatkan. 

Contoh-contoh yang bisa dibuat dari sampah rumah tangga.

  • 1.      Kerajinan tangan dari koran atau majalah bekas.




  • 2.      Kerajinan tangan dari plastik kresek





  • 3.      Kerajinan tangan dari tutup botol




  • 4.      Kerajinan tangan dari bungkus makanan ringan





  • 5.      Kerajinan tangan dari bungkus buah




  • 6.      Kerajinan tangan dari klobot jagung





  • 7.      Kerajinan tangan dari botol plastik




Dengan membuat kerajinan tangan sederhana dari sampah rumah tangga ,paling tidak kita peduli dengan lingkungan. Sampah rumah tangga sebagian sudah bisa didaur ulang menjadi barang yang bisa dipakai atau bisa dijual atau bisa digunakan untuk sovenir atau untuk memberi hadiah. Mudah kan?? Tak perlu ragu, mulailah memilah-milah sampah rumah tangga yang ada di rumah dan sampah yang masih bisa digunakan, dimanfaatkan menjadi barang yang punya nilai manfaat. Mulai dari diri sendiri, siapa tahu ada yang mencontoh kerajinan kita memanfaatkan sampah rumah tangga untuk barang yang berguna. Dari contoh yang sederhana , bisa berdampak besar, karena orang akan melihat, mengamati dan akhirnya mulai mengikutinya , apalagi kalau sudah ada hasil yang nyata. Jadi tunggu apa lagi, sebarkan banyak kebaikan untuk peduli dengan lingkungan dengan memberi contoh daripada nyinyir. Mudah bukan???

52 komentar:

Anisa AE mengatakan...

Banyak barang yang bisa didaur ulang, ya? Tinggal kreatif tidaknya, heheh.

Bowo Susilo mengatakan...

Wah keren banget nih Mbk Tira.
Setuju banget kalau bisa memanfaatkan barang-barang bekas jadi lebih bermanfaat.
Dengan begitu kita sudah termasuk turut andil untuk menjaga lingkungan kita.

Kanianingsih mengatakan...

waw, itu dari barang bekas semua, jadi baguss :) ini lomba apa mak?

Ayu Citraningtias mengatakan...

Sayaaaa.. buat rak dari kardus bekas, daripada kardusnya dibuang sayang dan bikin kotor. trus botol2 air mineral yg besar juga dipake untuk tempat pensil dll.. :)

Inda Chakim mengatakan...

mah tira memang sellau oye, pgn bikin yg klobot jagung

dweedy ananta mengatakan...

Saya suka tuh ngumpulin sampah tapi buat kerajinannya kalau ada mood saja :p jadilah suami kadang ngomel2 karena rumah penuh sampah :p

evrinasp mengatakan...

wah mbak, aku ngumpulin tuh bungkus buah bekas jambu kristal, masih aku simpen banyak, tadinya buat petai ternyata bisa ya buat kerajinan tangan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Anisa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Bowo peduli dg hal yg sederhana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Kania dari sampah di rumah. Ini link lombanya http://www.bowosusilo.com/2016/01/bowo-susilo-first-giveaway.html

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ayu lebih baik sampah yg bisa digunakan dimanfaatkan, kalau tidak dijual saja ke bank sampah

Tira Soekardi mengatakan...

oh gt ya mbak Annata. kasihkan saja ke bank sampah

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Inda , yg klobot jagung itu agak lama krn kulit jagung harus dikeringkan ,diberi warna trus distrika baru bisa dikerjakan jadi sesuatu

Tira Soekardi mengatakan...

bisa mbak Evrinasp, bisa dibuat bros juga

Tarry KittyHolic mengatakan...

Alhamdulillah saya suka ngumpulin barang2 bekas itu dan sukses bikin rumah penuh sampah :).

Soalnya malesnya lebih sering daripada kreatifitasnya

Irawati Hamid mengatakan...

kerajinan tangan yang dihasilkan keren-keren Mbak :)
ditangan orang kreatif, apapun bisa menjadi "sesuatu" yah Mbak :)

Arinta Adiningtyas mengatakan...

pengen nyoba yg dari tutup botol.. lucu banget ituu...

PIPIT mengatakan...

Lucunya mbak. Malah kayak souvenir yg dijual di toko2 lho..

Tira Soekardi mengatakan...

nah bisa dijual ke bank sampah mbak Tarri

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ira, bisa dicari tutorialnya di mbah google tinggal dimodifikasi saja

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Arinat daritutp botol banyak loh bisa dibuat dari frame foto juga bisa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Pipit, aku hanay digunakan sendiri. Bisa loh untuk dijual

Masper mengatakan...

Rasanya ingin melihat ada seorang jenius yang bisa melenyapkan sampah dari bumi dalam waktu sekejap. =D

momogrosir mengatakan...

wah... kreatif banget. peduli lingkungan dan bisa dapat uang jg tuh

Endang Setiawati mengatakan...

Hasil dari daur ulangnya keren banget! >.<
Harus ada kreatifitas ya, Mba, aku kurang kreatif nih, hehe

Tira Soekardi mengatakan...

Masper , wah itu mah butuh keajaiban

Tira Soekardi mengatakan...

iya momogrosir bila ditekuni bisa menghasilkan uang

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Pipit

yuli yulia mengatakan...

Dan dari daur ulang ini, kakak saya mampu membuat usaha yang sampai saat ini masih berjalan, dan menghidupi seluarga

Tira Soekardi mengatakan...

wah bagsu sekali itu mbak Yuli, aku mah masih belum , masih suka buat2 sendiri saja

Gustyanita Pratiwi mengatakan...

yang dari wadah pir kok lucu ya hihiii
jadi pingin eksperimen juga aku

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Mbaa, aku nggak mahir dengan kegiatan ala kesenian tangan seperti itu. Nggak terampil bls. Senangnya kalau liat hasil karyanya bagus-bagus :)

Tira Soekardi mengatakan...

yuk bikin mbak Pratiwi

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Alida

Pengobatan tumor kista mengatakan...

kreatif banget

yasinta astuti mengatakan...

Mak ini semua kreatif banget, bunga-bunga nya lucu bisa buat inspirasi bikin mahar hihi

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Bagus-bagus mba kerajinannya, pengen belajar bikin bunganya dong mba

Tira Soekardi mengatakan...

pengobatan tumor kista , amkasih

Tira Soekardi mengatakan...

bisa mbak Yasinta

Tira Soekardi mengatakan...

boleh mbak Liswanti

Happy Fibi mengatakan...

Salut mbak, kreatif banget. Sekarang campaign peduli lingkungan emang lagi gencar, ya, tapi bertambahnya plastik gag bisa dihindari. Setuju bener klo dibikin kreasi cantik gini, mbak ^_^

Tira Soekardi mengatakan...

sip mbak Happy

Penyakit darah tinggi mengatakan...

kreatif sekali lucu-lucu lagi :)

Yoekaa mengatakan...

Kreatif banget...menyelamatkan bumi dengan cara yang indah dan kreatif

Tira Soekardi mengatakan...

penyakit darah tinggi, makasih

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Yoekaa, mulai dari diri sendiri dulu

Cumilebay MazToro mengatakan...

yang dari bungkus buah lucu banget

Tira Soekardi mengatakan...

Maz Toro, iya manis seperti yang buat

dWi mengatakan...

Ngeliat beragam kerajinan ini, jd inget mata pelajaran prakarya jaman SD SMP. Sekarang masih digalakkan nggak ya matpel tsb?! Malam2 nyari kertas (klobot) jagung buat bahan besok, duh jd nostalgia ngebaca postingan ini. Tfs mb ^^

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Dwi sekarang prakarya jarang diajarkan di sekolah

Green Warrior Indonesia mengatakan...

Setuju gan, mari wujudkan secara nyata, mari menanam pohon ! Sekarang semakin menarik karena ada program revolusioner, "MENANAM POHON SEKALIGUS MENDAPATKAN MANFAAT EKONOMOMI DALAM PENANAMAN DAN KAMPANYENYA"

Cari Tahu caranya di : http://www.greenwarriorindonesia.com

Tira Soekardi mengatakan...

betul kita dukung terus go green

Posting Komentar