Kamis, 21 April 2016

Indahnya Sabang Sumber Kekuatan Pariwisata Aceh



Kekuatan pariwisata Aceh bisa diperkuat dengan keindahan Sabang. Sabang sendiri adalah sebuah kota yang terletak di pulau Weh. Pulau yang terletak paling barat di Indonesia. Masih ingat kan lagu dari Sabang sampai Merauke. Ya, karena Sabang adalah kota yang terletak di pulau paling barat. Pulau ini terkenal dengan keindahannya. Sudah banyak orang yang merekomendasikannya. Termasuk aku adalah orang yang ingin sekali bisa berkunjung ke sana. Namun belum punya kesempatan. Wisata baharilah yang menjadi andalan di sini, karena pulau Weh ini dikelilingi laut lepas. Jadi di sini banyak pantai yang bisa dikunjungi.

Beberapa pantai dan keindahan alam yang bisa kita kunjungi ketika kita berada di pulau Weh

  • 1.      Pantai Iboih. Letaknya tak jauh dari Tugu Nol Kilometer Sabang. Jadi bisa mampir ke pantai ini sebelum datang ke Tugu Nol Kilometer Sabang. Di sini ada dua pantai yang berada di kecamatan Sukakarya. Tapi banyak wisatawan lebih suka menyebutkan pantai Iboih daripada pantai Teupin Layeu dan Teupin Sirkui. Kedua pantai ini mempunyai ciri yang berbeda. Pantai Teupin Layeu dengan pasir putihnya sedangkan Pantai Teupin Sirkui dengan pantai karangnya. 
Gambar dari sini
  • 2.      Tugu Nol Kilometer Sabang. Tugu ini berjarak 30 km dari kota Sabang.. Tugu ini adalah tanda kalau daerah ini terletak di ujung  barat Indonesia. Dan tugu ini juga menjadi bagian dari wisata di pulau Weh ini. Mungkin berdiri di Tugu Nol Kilometer ini bisa memberikan sensasi tersendiri..
Gambar dari sini
  • 3.      Pantai Gapang . Juga letaknya tak jauh dari pantai Iboih. Memiliki pasir putih dan air lautnya yang  jernih bsia jadi tujuan berikutnya saat berada di pulau Weh. Gapang adalah sejenis pohon yang tumbuh di sekitar pantai tersebut, sehingga nama pantainya dikenal dengan pantai Gapang.

  • 4.      Masih pantai lagi .Pantai Anoi Itam,karena dekat pantai itu terdapat desa Anoi Itam. Pantai ini pantai yang berbeda dari pantai-pantai lainnya di pulau Weh ini. Mengapa? Karena pasirnya berwarna hitam. Disana juga terdapat peninggalan Jepang, sebuah benteng. Benteng ini merupakan situs bersejarah . Di sana dapat terlihat bunker dan meriam . Semuanya peninggalan Jepang. Naik ke atas ada bukit . Dari bukit inilah wisatawan bisa melihat laut dari ketinggian dan pasir hitam yang ada di pantai ini.

  • 5.      Air terjun Pria Laot. Letaknya  15 km dari kota Sabang . Berada di desa Pria Laot, Kelurahan Iboih. Air terjun ini adanya di tengah hutan sehingga kalau hendak ke sini kita harus berjalan kaki  sekitar 20 menit dari tempat  parkir.  Hulu air terjun ini ada di gunung Saung Keris.
Gambar dari sini
  • 6.      Pulau Rubiah. Pulau yang terdapat di seberang pantai Ibioh. Hanya berjarak lima menit. Pulau ini juga banyak menawarkan banyak keindahan atas dan bawah laut.

Ini hanya sebagian dari keindahan pulau Weh.  Bisa melihat senja di beberapa pantai , itu sesuatu sekali. Betapa keindahan alam yang terpancar dai pantai-pantai yang mengelilingi pulau Weh. Selain melihat pemandangan , banyak yang bisa dilakukan di sini. Snorkling melihat keindahan bawah laut akan membelalakan mata kita. Diving dan snorkling bisa dilakukan di pantai Gapang, Ibioh. Surga tersembunyi di bawah laut yang bisa disisir dari bawah laut. .Begitu juga di sekitar pulau Rubiah memberikan pesona bawah laut  yang akan terlihat 20 jenis ikan koral yang jarang ditemui di tempat lain. Bila tak punya perlengkapan diving dan snorkling, tak perlu kawatir. Di sana ada penyewaan bahkan sekaligus dengan pemandunya. Pemandunya akan memperlihatkan keindahan bawah laut bahkan bisa menyewa kamera underwater . Sehingga bisa mengabadikan keindahan laut .


Oleh sebab itu untuk memajukan pariwisata di pulau Weh yang begitu indah  Badan pengusahaan Kawasan Perdagangan dan Pelabuhan Bebas Sabang (BPKS)  berkerja sama dengan Disbudpar Aceh mengadakan Sabang Marine Festival. Juga untuk meningkatkan jumlah wisatawan untuk datang kemari. Juga agar bisa menjadi tujuan datangnya yacht dari luar negeri , sehingga bisa meningkatkan devisa negara. Acara  ini akan dilaksanakan pada tangga 26-30 April. Selain keindahan laut dan bisa bersnorkling ria, juga pengunjung diajak untuk terlibat dengan kegiatan lokal seperti kebudayaannya, kulinernya yang menjadi kesatuan dari wisata. Sungguh moment yang baik untuk memperkenalan semua destinasi indah yang ada di pulau Weh, pesona Bahari Sabang Mudah-mudahan suatu waktu aku bisa mengunjungi pulau Weh dengan segala keindahan atas dan bawah lautnya. 



51 komentar:

uni dzalika mengatakan...

Aku mau ke sana tapi nggak ada teman jalan...

Santi Sintawati mengatakan...

Pengen banget ke sana deh... Semoga bisa ke sana :)

Timur Matahari mengatakan...

Kalau saya perhatikan, pantai di pulau weh bisa dibuat hunian kaya di Maldives.

Namun pertanyaan sekarang, kapan ya bisa ke sana.

Tira Soekardi mengatakan...

wah kalau aku belum nikah atk temenin mbak Uni, sekarang aku kalau traveling ya dg suami berdua

Tira Soekardi mengatakan...

aku doakan mbak Santi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas Arif, indah sekali pantainya. Mimpi pingin ke sana, mdh2an suatu waktu bisa ke sana

dWi (nining) mengatakan...

Ditilik semakin dalam, kepulauan di Indonesia dengan sejuta keindahannya ini nggak akan pernah habis ya mba. Dari ujung barat sampai timur, wow!

Diah Kusumastuti mengatakan...

Sabang penuh dengan tempat wisata, ya. Fasilitas-fasilitasnya pun kayaknya oke. Tapi kapan yaa saya bisa ke sana :)

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Ahhh mba mupeng neh, pengen kesitu juga

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Mba Tira, aku sudah ke Aceh tapi sayang banget nggak sampe ke Sabang :(
Moga suatu saat bisa mampir. Indah sekali pemandangannya ...

Keke Naima mengatakan...

Indonesia dari Sabang hingga Merauke memang indah banget ya, Mbak :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Nining, aku cinta Indonesia

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Diah lihat fotonya saja aku sudah suka apalagi ke sana ya

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Liswanti pasti bisa ke sana secara sering pergi sama blogger2

Tira Soekardi mengatakan...

Mbk Alida asyik sudah pernah ke Aceh walau belum pernah ke Sabang paling tidak sudah melihat keindahan Aceh

Tira Soekardi mengatakan...

itulah makanay kita patut bangga dengan negeri sendiri ya mbak Keke

Kanianingsih mengatakan...

semoga bisa menjejakkan kaki di serambi mekkah :)

Rita Asmaraningsih mengatakan...

Pernah baca tentang keindahan pariwisata Sabang.. Mudah-mudahan berkat promosi yg kuat pariwisata Sabang lebih terkenal lagi..

Lidya Fitrian mengatakan...

semoga aku punya kesempatan menunjungi Aceh ya

Naufal Akhdan Baihaqi mengatakan...

indonesia memang banyak sekali wisata2 pantai yang sangat indah. terutama di aceh ini. saya pengen ke pantai yang nomer 1.hehe

willova mengatakan...

duuhh pantainya sangat menggoda, jadi pengen suatu saat bisa kesana

Aprillia Ekasari mengatakan...

Semoga suatu hari nnati bisa ke Kilometer 0 sama keluargaku aamiin :)

TFS Mbak :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Kania, semoga

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Rita, semoga makin banyak yang ke sana tapai perlu jug adijaga semua kekayaan alam jangan sampai rusak

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Lidya semoga

Tira Soekardi mengatakan...

sama mas Naufal indah ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Willova pantainya indah baget birunya laut

Tira Soekardi mengatakan...

wah sama mbak Aprillia, berdiri di tugu nol kilometer akan terasa sensasinya ya

Anisa Ae mengatakan...

Wuah acaranya keren banget. Kapan ya Malang ngadain acara macam ini juga?

Willova mengatakan...

Oalah ini ya ternyata keindahan kota Sabang yang biasanya dinyanyikan dalam lagu, dan banyak disebut-sebut di dalam buku. keren... bangga jadi Indonesia

Tira Soekardi mengatakan...

bisa saja mbak Anisa, biar lebih banyak wisatawan atang dan oarng2 malang juga bisa dapat hiburannya. Cirebon juga mau ngadain

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak Willova , bangga jadi orang indonesia

Irawati Hamid mengatakan...

foto yang pertama cantik banget Mba, kapan yah saya bisa jalan-jalan ke pulau yang indah ini?

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Irawati, aku juga mupeng tuh lihatnya

Nurul Fitri Fatkhani mengatakan...

Pantainya bagus ya mbak... liat biru lautnya, duh, indah sekali.

Astri Yuneva mengatakan...

Anakku punya obsesi tersendiri pengen foto di tulisan Km 0 nya tuh :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Nurul, biruuuu bikin ademm

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak Astri, aku juga, membayangkan bisa berdiri di titik nol itu sesuatu banget

Dwi Puspita mengatakan...

Aku pengennnn banget ke Aceh, kapan ya aku bisa kesana

Tira Soekardi mengatakan...

sama mbak Dwi, aku juga ingin ke sana ke tempat yang belum pernah aku kunjungi yang indah

Sri wahyuni mengatakan...

Betul mbak, Sabang kota kecil yg sering disebut surganya wisata bahari. banyaj pantai dan semuanya indah-indah. Jika ada waktu berkunjunglah ke Aceh mbak. Nnt hub saya, hehe.

Tira Soekardi mengatakan...

aduh mbak Sri, mau banget. aku sering dengar, baca dan lihat di tv keindahan sabang

kornelius ginting mengatakan...

Semoga suatu saat kaki bisa sampai ke aceh..dan menatap langsung keindahan negeri tanah rencong..mba Tira.. :)

Tira Soekardi mengatakan...

amin , mas Kornelius. ya betapa indahnya bumi rencong teruatama di sabang

berita terkini mengatakan...

Aceh, salah satu tempat yang pingin banget saya datangi.

Salam,
Roza.

cara cepat hamil mengatakan...

mudah-mudahan aceh bisa cepat pulih, dan berada dalam lindungan Allah, aamiin

salam
riby

Tira Soekardi mengatakan...

amin, semoga

Tira Soekardi mengatakan...

berita terkini, mudahan bisa tercapai keinginannya

perkembangan janin mengatakan...

Merinding kali ya kalo bisa nginjekin kaki di 0 KM Indonesia, baru baca aja udah terharu.

Salam,
Rava.

Tira Soekardi mengatakan...

betul rava, makanya lingin bisa ke sana

Rindang Yuliani mengatakan...

Wow, ke ujung barat Indonesia. Pengen sekali ... Btw, aku belum pernah ke Sumatera.

Posting Komentar