Kamis, 19 Mei 2016

Tertipu Lagi




Ulang tahun adalah peristiwa istimewa . Sejak kecil aku merayakan ulang tahunku dengan makan bersama keluarga di restoran. Makan istimewa di hari istimewa. Setelah  menikahpun saat ada anggota yang ulang tahun, selalu menyempatkan diri untuk makan di luar rumah untuk ganti suasaan dan terkesan spesial, secara aku tak pandai memasak.  Akupun jarang dapat hadiah ulang tahun dari keluargaku, hanya ucapan ulang tahun yang tak pernah terlupakan. Terkesan biasa saja ya. Itulah tak ada yang istimewa dari hari ulang tahunku. Menurutku sih monoton karena bisa ditebak saat ualng tahun, pasti ucapan selamat dan makan di luar rumah. Itu saja!!!!

Sampai akhirnya ulang tahun bagiku seperti kena tulah. Seperti kena kutuk yang berulang setiap  tahunnya. Dimulai di ulang tahunku, aku masuk kelas dan menyuruh mereka mengumpulkan laporan praktikum . Laporan praktikum seminggu yang lalu. Beberapa dikumpulkan , saat aku hitung masih kurang tiga orang lagi. Tiba-tiba saja Ruth maju ke depan bilang kalau laporannya dipinjam Lili dan Lili lupa membawanya. Aku heran karena ke dua anak ini tipe anak yang rajin dan jarang tak mengumpulkan tugasnya. Akhirnya aku memaafkannya, walau aku masih ngomelin mereka berdua. Tapi saat aku mulai menerangkan kedua anak itu sibuk ngobrol sendiri . Dan ada yang aku lihat mengerjakan matematika. Saat ditanya dia membuat pekerjaan rumah karena mau dikumpulkan habis pelajaran kimia. Rasanya dada ini nyesek banget. Kesabaran aku sudah mulai habis. Aku memarahi mereka. Tapi tetap saja, saat aku mulai pelajaran , ada saja yang mereka ributkan, sampai Lili dan Ruth minta ijin ke  belakang. Aku hanya mengijinkan hanya satu orang saja , tapi mereka ngotot minta dua orang dengan alasan takut kamar mandinya gelap. Benar-benar aku sudah mulai memuncak amarahku, tapi aku sabarkan saja karena kelas ini memang kelas yang sebetulnya gak bermasalah sama sekali.  Tiba-tiba saja , ada siswa yang berteriak karena dipukul dengan teman yang lain. Benar-benar hilang kesabaranku. Aku memarahi mereka dengan keras, rasanya mukaku terasa tegang saking emosinya. Tiba-tiba saja Ruth dan Lili yang tadi minta ijin ke toilet masuk sambil membawa kue tart dan semua anak menyanyikan lagu HappyBirthday. Aku hanya terpana dan tak mampu berkata sepatah katapun. Melongo habis!!!!!



Tahun berikutnya, aku tak tersadarkan kembali kalau aku dikerjaain muridku lagi. Dengan murid yang berbeda. Saat itu aku disibukan untuk menyiapkan anak-aank menghadapi Ujian Nasional. Setiap hari pulang sekolah ada pelajaran tambahan . Biasanya kimia dapat jatah hari selasa, tapi aku pindahkan ke hari rabu karena guru matematika minta pindah jam dengan aku. Makanya aku pesan jangan lupa membawa kimia, jangan sampai lupa kalau jamnya ditukar. Setelah bel pulang berbunyi, biasanya ada waktu istirahat sebentar untuk makan siang. Jadi aku istirahat dulu di ruang guru sampai bel berbunyi tanda masuk pelajaran tambahan. Saat turun ke bawah, tampak kelas masih kosong. Mungkin mereka masih makan. Aku tunggu beberapa saat belum tampak anak-anak, sedangkan anak IPS sudah mulai belajar. Aku cari ke kantin tapi sudah tak ada siapa-siapa. Aku kembali dan mulai marah. Saat itu wali kelasnya datang menanyakan kenapa aku marah. Aku jelaskan kalau anak-anak pulang tak ikut pelajaran tambahan kimia. Tapi anehnya wali  kelasnya tampak santai saja. Rasanya aku pingin jotos kepalanya, siswanya yang bikin masalah kok tenang-tenang saja. Tanpa diduga-duga dari arah kantin, arah UKS, siswa pada keluar sambil membawa kue tart dan mulai menyanyikan selamat ulang tahun. Dan wali kelasnya tertawa lebar. Ternyata beliau sudah sekongkol dengan anak-anak!!!!. Alamak , aku tertipu lagi. Bahkan kali ini wajahku dibalur dengan kue tart dan dibanjur air kolam. Dan anak-anak minta hari ini gak ada pelajaran tambahan. Aku gak bisa bicara apa-apa, hanya melongo melihat kegembiraan mereka. Waduh!!!!!



Tahun berikutnya saat ulang tahun, aku mulai waspada. Aku tak mau tertipu lagi!!! Tenyata di hari ulang tahunku tak terjadi apa-apa. Sepi !!!. Aku merasa lega tapi salah besar!!!! Setelah tiga hari ulang tahun dan aku mulai terlupakan masalah ulang tahunku, tiba-tiba saja saat pelajaran tambahan ada anak yang mau ijin ke toilet. Aku ijinkan. Dan ada yang ijin lagi padahal yang satu belum kembali. Aku suruh menunggu anak yang tadi ke toilet tapi anak itu bilang kalau dia gak tahan lagi. Akhirnya aku ijinkan. Sampai hampir lima orang keluar minta ke toilet. Saat anak yang keenam, aku tak bisa menahan amarahku. Aku bilang pokoknya gak boleh. Anak itu merengek-rengek kalau bagian bawahnya sakit karena menahan kencing. Berkali-kali aku melongok keluar tapi lima anak tadi belum tampak saja. Aku benar-benar marah. Aku suruh petugas kebersihan untuk mencari mereka. Hasilnya nihil. Aku kelaur untuk mencari sendiri . Di toilet ternyata gak ada, aku ke kantin juga tak ada. Karena putus asa aku kembali ke kelas. Astaga, anak-anak sudah berjejer rapi dekat meja guru sambil membawa kue tart. Mereka benyanyi untukku. Ah, aku tertipu lagi !!!!!!!.

Begitulah nasibku saat ulang tahun. Tertipu lagi, tertipu lagi tanpa aku sadari. Aku sering merasa aku ini bodoh banget sampai hampir tiap tahun selalu tertipu dengan muridku.Tapi justru ini menjadi kenangan bagiku. Saat aku sudah tak mengajar lagi, mereka selalu tampak di saat aku ulang tahun. Kenangan yang tak pernah terlupakan, sampai sekarang. Ulang tahun yang penuh tipuan tapi berakhir bahagia.

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun kelima Warung Blogger


69 komentar:

Cindra Prasasti mengatakan...

Dapet kejutan tak terduga itu emang berasa bikin dada serrr... ya mbak.

Kanianingsih mengatakan...

muridnya perhatian banget ya mak, kasih kejutan terus :)

Pakde Cholik mengatakan...

Full kejutan ya Mbak.
Semoga membahagiakan hati walau dikerjain
Salam hangat dari Surabaya

Tira Soekardi mengatakan...

mbak Cindra aku hanay bisa terpana saja, gak bisa ngomong2 apa2

Tira Soekardi mengatakan...

iya mak Kania, bikin kejutan terus dan bodohnay aku selalu tertipu

Tira Soekardi mengatakan...

iya pakde, walau dikaasih kejutan yang menyebalkan tapi aku suka karena mereka perhatian

eri udiyawati mengatakan...

Muridnya aduuhh.. tapi berarti mereka care dan perhatian terhadap ibu gurunya ;)

iip mengatakan...

Waaahhhh Selamatt yah kak, berarti kakak ada di hati mereka lohhh hehehhehee guru idaman nih, walau lintas generasi tetap diingat YEAY!

Johanes Anggoro mengatakan...

Kalo saya mah hampir ga pernah dirayain :D

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Eri terlau aktif ngerjain gurunya

Tira Soekardi mengatakan...

mas iip, mungkin juga ya

Tira Soekardi mengatakan...

mas Johanes yang penting di hari ultah bahagia ya

Ade Anita mengatakan...

ahhhh... ini so sweet banget anak2 didikmu Tira... mereka terlihat banget sayang dengan dirimu... sampai patungan beli kue lalu arrange acara untuk merayakan ulang tahunmu dengan kejutan yang meriah... ahh... buatku ini mah so sweet banget

Ade Anita mengatakan...

ahhhh... ini so sweet banget anak2 didikmu Tira... mereka terlihat banget sayang dengan dirimu... sampai patungan beli kue lalu arrange acara untuk merayakan ulang tahunmu dengan kejutan yang meriah... ahh... buatku ini mah so sweet banget

Winda Carmelita mengatakan...

Mamah Tira kayanya guru favorit nih sampai ulang tahunnya dirayakan surprise sama murid2nya :D

Awan mengatakan...

Mba Tira pasti guru favorit, makanya murd-muridnya tidak pernah lupa ulang tahunnya Mba Tira, sukaaa gaya murid-murid itu mengerjai Mba Tira... seruuu dan tak terkupakan ya Mba hehehhe

Sukses untuk kontesnya Mba Tira :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ade setiap tahun mengerjakan diriku, itulah yang kadang aku rindu sama mereka. Rindu kebersamaan dengan mereka

Tira Soekardi mengatakan...

wah gak tahu ya mbak Winda, aku selalu memposisikan diriku sebagai sahabat mereka dan mengubah cara belajar kimia jadi mengasyikan

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mas Awan

Lidha Maul mengatakan...

Wah, mamah Tira guru. Aduh, maafkan saya yg mampir kesini selalu ttg bukunya^^
Ini kejutan luar biasa, dan pastinya sangat berkesan. Karena sebagai guru kita ngajarnya ikhlas saja tak mengharap balasan dari murid selain mereka menjadi baik.
Tu pipinya unyu2,hihi.
Sukses tuk event WBnya mbak :)

ali shodiqin mengatakan...

wah dapat surprise itu emang sesuatu banget, dulu SMA sering dapat surprise tak terduga, apalagi dari pacar..

Sumarti Saelan mengatakan...

Bu Guru disslayang murid2nya inih namanya :D

Shudai Ajlani mengatakan...

Jadi inget jaman sekolah dulu, masa-masa paling berkesan kalo pas ultah dikerjain temen-temen :D

Benny Rhamdani mengatakan...

Jadi kalo ulangtahun kudu bawa baju serep.

Susi Susindra mengatakan...

Bahagia sekali karena kelas memberi surprise ya mbak. Itu artinya disayang. Itu artinya berhasil mendidik murid. Selamat mbak.. itu hadiah terindah.

Levina Mandalagiri mengatakan...

Hahaha...Mbak Tiraaa, aku bacanya sampe senyum dan ketawa sendiri. Kok bisaaa kena lagi, kena lagi. Wkwkwk.
Anak-anak muridnya sering bikin kejutan di hari ultahnya Mbak Tira, wah, berarti Mbak Tira ini guru idaman, sampai berkesan di hati anak-anak.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Lidha itu diolesi kue , benar2 ya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas Ali, suka sekali

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin mbak Sumarti karena aku dekat banget dengan siswaku

Tira Soekardi mengatakan...

Shudai, betul pastinya berkesan ya

Tira Soekardi mengatakan...

wah betul ya mas Benny

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Susi.aku dekat dengan mereka krn aku memposisikan sebagai sahabat mereka

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Levina, aku sendiri juga bingung kok bisa ketipu terus

Witri Prasetyo Aji mengatakan...

Seneng ya, Bu... ulang tahun dirayain bersama murid-murid :)

Hairi Yanti mengatakan...

muridnya pasti sayang banget sama Bu Guru Tira :D

Astri Yuneva mengatakan...

berarti akting anak-anak itu meyakinkan Mbak..
soalnya kalau suamiku bikin kejutan pasti ketahuan karena aktingnya ala-ala hahaha

Inna Riana mengatakan...

wah murid2nya kreatif ngerjain bu guru :)

angkisland mengatakan...

wah pasti seru ya mah punya murid" bisa berbagi ilmu dan amal kebaikan semoga murid"nya baik" semua mamah tira....

diarysivika mengatakan...

wah ini sih guru idola murid-murid :D kalo dulu sih saya nggak berani buat surprise yang aneh-aneh :D

Nchie Hanie mengatakan...

whoooaa mama tiraa dikerjain,seruu *eeh

bener2 kompak ya muridnya, hiii

Tira Soekardi mengatakan...

iy mbak Witri senang walau sebelumnya dongkol

Tira Soekardi mengatakan...

iya kali mbak Yanti

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Astri tapi tak ada satupun yang jadi aktris atau aktor anak-anak itu

Tira Soekardi mengatakan...

sangat kreatif mbak Inna sampai gurunya ketipu lagi

Tira Soekardi mengatakan...

amin mas Angki

Tira Soekardi mengatakan...

diarysivika, iya yah dulu juga aku gak berani ngerjain guru

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Hanie, seru habis

Harie Khairiah mengatakan...

wah mama tira kesayangan murid2nya, jadi ingat dulu pernah juga rayain ulang tahun pas pelajaran fisika, gurunya nggak sadar kalo hari itu dia ulang tahun, pas kami nyanyiin lagu gurunya malah was-was

Irawati Hamid mengatakan...

suka banget lihat kedekatan Mba Tira dengan murid-muridnya :)

Kang Nurul Iman mengatakan...

Duh jadi pengen dapat kejutan juga nih.

Anisa Ae mengatakan...

Senangnya kalo dapat kejutan tiap ultah. :D

Tira Soekardi mengatakan...

kayaknay kita ikut senang ya kalau gurunya juga senang mbah Harie

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Irawati

Tira Soekardi mengatakan...

ya mudah2an kelak kang Nurul dapat kejutan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Anisa, suka dan bisa jadi kenangan indah

Walidin mengatakan...

Sangat mengharukan acara ulang tahun seperti ini apalagi diadakan oleh para siswanya. Allah akan membalas setiap kebaikan yang ibu berikan kepada mereka.
Saya sendiri senang sekali melihat foto siswa memberikan ulang tahun seperti itu.
Jangan lupa berikan promosi blog dan ajarkan siswa untuk berkegiatan positif melalui blog di luar mata pelajaran. Insya Allah mereka akan selalu berpikir dan bertindak positif. Apa saja keuntungannya bisa ditulis di blog secara detail. Penyampaiannya bisa misalnya melalui group Wa.
Mungkin itu yang bisa saya sarankan. Melihat blog ibu sudah sangat lama dan bagus semua kontennya.

Ophi Ziadah mengatakan...

hahaha seruuuu...
yang bikin bahagia adalah perhatiannya ya mah..
btw selamat ulang tahun...sehat dan bahagia selalu

Ria Tumimomor mengatakan...

wow mbak disayang banget sama murid2nya... Mudah2an ada kejutan lagi dari mereka utk ultah berikutnya ^_^

Liswanti Pertiwi mengatakan...

Kejutan yang mengasyikkan ya mba, sukses selalu mba

Grace Melia mengatakan...

Pasti rasanya terharu banget ya, Mba. Jadi kangen sama guru-guru semasa sekolah dulu. Sehat selalu, Mba Tira ^^

Tira Soekardi mengatakan...

mas Walidin, memang mengharukan anak-anak itu perhatian denagn aku. Oh ya aku juga sudah memperkenalkan mereka tentang blog, kebetulan waktu itu aku pegang ekstrakurikuler

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ophi, perhatiannya sehingga setiap tahun bikin kejutan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ria selalu bikin kejutan yang berbeda setiap tahunnya

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak Liswanti

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Grace, terharu dan bahagia campur aduk

tamanbermaindropdeadfred mengatakan...

Terkenang sekali ya ulang tahunnya. Kejutan selalu menyenangkan, Mbak ^_^

Pipit Widya mengatakan...

Wah, ibu guru yg disayang murid2nya, ya.
Nanti kalau ultah jgn sampai tertipu lagi ya, Bu :))

Tira Soekardi mengatakan...

tamanbermaindropdeadfred,iya sangat mengesankan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Pipit, tapi mereka selalu punya cara untuk ngelabuhi aku

Posting Komentar