Kamis, 09 Maret 2017

Floating Market Yang Aku Tahu





Pasar Terapung yang ada di Lembang, Bandung Utara, waktu itu begitu booming dan aku masih saja belum ke sana karena malas dengan kemacetan Lembang apalagi di waktu weekend. Dulunya pasar terapung di Lembang ini adalah situ Umar yang sering aku kunjungi waktu kecil. Bahkan pernah pada saat SMA aku belajar ekosistim danau ya di situ Umar ini. Jadi situ Umar bagiku sih sudah tak asing lagi. Bahkan jadi kunjungan rutin saat kepala suntuk. Udara yang sejuk bikin tenang duduk di sini. Dulu sih belum macet dan bisa menggunakan kendaraan umum . Kalau sudah duduk di tepian danau, sudah deh bisa melamun sepuasnya dan suntrukpun hilang karena udara yang sejuk bikin nyaman di hati. Dan sekarang diubah menjadi wisata yang asyik tentunya. Flotaing market ini mengadaptasi pasar terapung di Banjarmasin dan Thailand. Tapi ini diberi konsep modern tidak seperti pasar terapung di Banjarmasin. Tapi di Banjarmasin juga unik karena masih mempertahankan sisi tradisionalnya. Nah, saat aku berpergian bersama ibu-ibu darma wanita ya akhirnya aku bisa kemari juga setelah banyak orang yang pernah datang ke sini, setelah sudah gak booming lagi.  Walau telat tapi tentunya dengan melihat sendiri situasi di sana membuat kita tak penasaran lagi.



Dari pintu gerbang masuk , kita akan diberi tawaran untuk menukarkan tiket dengan minuman yang panas yang cocok dengan udara Lembang yang sejuk. Dari sana akan terlihat danau yang luas dengan area pejalan kaki yang apik dengan pepohonan yang asri. Juga terdapat gazebo kecil yang banyak terdapat di sana untuk sekedar duduk-duduk.Untuk menyeberangi danau ada perahu yang tersedia, kalau tidak kita bisa jalan kaki untuk mengitari danau. Ini lebih seru . Banyak yang kita lewati saat mengitari danau. Terdapat area yang berbau Jepang. Kita bisa menyewa pakaian adat Jepang. Area pasar terapung ini dibangun di tengah-tengah danau dengan membuat daratan yang memanjang. Penjual akan berdagang di atas perahu di tepian sepanjang jalan tersebut. Banyak kuliner  khas Jawa Barat yang dijual di sini. Dan aku pilih ketan bakar dengan minuman hangat yang tepat untuk suasana sejuk. Untuk membeli tak boleh dengan uang tunai tapi kita harus membeli koin di tempat tertentu. Dengan koin tersebut kita bisa beli aneka macam kuliner di sana. Di sana juga disediakan meja dan kursi untuk tempat makan.


Nah, di sana juga tersedia saung-saung untuk tamu-tamu dalam jumlah banyak atau berupa rombongan besar.Biasanya untuk acara gathering atau  arisan atau yang lainnya dengan fasilitas yang lengkap. Di ujung danau juga terdapat beberapa restoran yang berjualan di bangunan permanen dengan variasi sesuai dengan tema. Juga floating market ini didominasi dengan pondok-pondok kayu dan bambu yang sangat khas  sunda. Juga kita bisa lihat beberapa fauna seperti angsa dan kelinci serta ikan. Bahkan kita bisa memberi makan ikan yang tubuhnya besar-besar. Selain itu di sini juga terdapat spot wisata lain  seperti kampung Leuit dan taman kelinci.




Untuk suasana memang mengasyikan. Apalagi banyak kuliner yang sangat menggoda. Walau telat, tapi  sayang karena ikut rombongan jadi tidak bisa lama-lama besantai di sana. Padahal asyiknya santai dengan duduk sambil makan , sambil menikmati pemandangan , kalau perlu berperahu untuk menikmati danau nan hijau dikelilingi pepohonan yang rimbun.




82 komentar:

Hidayah Sulistyowati mengatakan...

Pengen banget ke Floating Market, kulineran atau sekedar jalan2. Dulu waktu ke Bogor mau mampir gak jadi. Hujan terus pas di sana jadi pada mager di rumah adik, hikss

Nyi Penengah Dewanti mengatakan...

Indahnyo Mah, aku belum pernah ke sana.
seger gitu pemandangannya ya.

cii yuniaty mengatakan...

Pekalongan belum ada mba....

Anisa Ae mengatakan...

Pengen mampir kelak. ^_^ Pasti asyik

Febrianty Rachma mengatakan...

Bersih banget ya bun terlihat terawat deh, suasanananya tenang lagi cocok untuk melepas penat dalam aktifitas sehari-hari nih

Nita Lana Faera mengatakan...

Floating market ini tempat wisata yang cukup lengkap juga dengan view yang menarik. Waktu ke Lembang, nggak sempat ke sana.

Tira Soekardi mengatakan...

mudah2an suatu waktu bisa ke sana ya mbak hidayah

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewanti, udara sejuk dan asri

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin pekalongan kan adanya laut mbak yuniaty

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak anisa, dan pastinya harus lama duduk2 sambil makan

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak febryanti

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nita, lembang memang gudangnya wisata yang adem dan asri, hanya sayang macet kalau ke sana

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Aku baru sekali ke floating market dan pengen ah jalan-jalan ke sana lagi :)

Lia Lathifa mengatakan...

aku juga suka bgt duduk memandang setu mbak, rasanya jd enteng penatnya.. di sini ada Setu Cikaret, aku blm pernah ke floating market, asik kayanya dibikin cakep dgn tema2 spt di LN

Mugniar mengatakan...

Makin penasaran dengan floating market ini ...

GIRINDRA WIRATNI PUSPA mengatakan...

kelihatannya lebih tertata ya ketimbang yang aku lihat di Banjarmasin...

Amanda Ratih mengatakan...

Seruuu belanja2 pake kapal

Lusi mengatakan...

Udah lama nggak ke Lembang. Sekarang bagus.

Evi Sri Rezeki mengatakan...

Saya juga suka banget ke sini. Banyak pilihan makanannya :)

love from Jogja mengatakan...

Waduh kapan yang bisa ke lembang dan menemukan yang unik-unik disana...mesti jadi list nih, Semoga Allah memampukan tahun ini....

Ucig mengatakan...

Mamah. Mau ketan bakarnyaa :)
Mau deh ke floating market tapi blm kesampaian

Ikrom Zayn mengatakan...

di museum angkut ada sih bu tp kurang alami. eh di lembang ini kok asyik, bisa lesehan..

Dewi Ratih Purnama mengatakan...

Wah dulu namanya Situ Umar ya Mah Tira ..ngebayangin dulunya, indah banget :) aq udah kesini juga, bagus

Much Opick mengatakan...

Deket tuh dari bekasi, ada yg mau ngajakin saya ksana ga ya? :)

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Enak di Folating market. Tapi saya pas ke sana pilih hari kerja. Kayaknya kalau weekend rame banget :)

Zalfaa Azalia mengatakan...

Kok lucu ya mba floating marketnya hihi..

Omong-omong pasar apung jadi keinget dulu ada salah satu TV yang kalo ganti program menampilkan pasar apung heehe

Nathalia DP mengatakan...

Di sana kulinernya seru2 :)

Eri Udiyawati mengatakan...

Hmm, kuliner seru, dan suasana yang adem. Pasti nyaman banget deh..

Tira Soekardi mengatakan...

pastinay di sana lama ya mbak alida, aku cuma sebentar jadi masih mau lagi ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lia, duduk di danau samabil merenung itu bikin menyejukan hati

Tira Soekardi mengatakan...

ini sduah dikemas secara modern mbak niar kalau yang tradisonal lebih asyik lagi spt di banjarmasin

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak puspa kalau ini sudah tertata dan lebih modern kalau di banjarmasin kan lebih tradisional dan tetap dipertahankan tradisionalnya untuk wisatawan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak amanda

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak lusi semakin banyak wisata di sana sayangnya macet di sana

Tira Soekardi mengatakan...

secara mbak evi mah urang bandung ya

Tira Soekardi mengatakan...

love from jogja , amin

Tira Soekardi mengatakan...

mbak ucig , ketan bakar dengan bumbu oncom itu memang enakkkkk

Tira Soekardi mengatakan...

mas ikrom yan alami dan tradsional adanya di banjarmasin, asyik di sana

Tira Soekardi mengatakan...

ajak teman2 mas opick

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dewi aku suak nongkrong di situ umar ini sambil cari inspirasi dan kalau lagi bete

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak keke, lembang banyak wisata tapi macetnya

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak azalia yang di TV itu adanya di banjarmasin itu masih tradisional sekali dan hanya ada subuh saja

Tira Soekardi mengatakan...

mbak natalia, kuliner khas sunda banyak sekali

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak eri

evrinasp mengatakan...

saya baru ke floating market yang di lembang, seru juga dan ramai di sana

Anna R Nawaning mengatakan...

Anna belum pernah mampir kesini,padahal sering diajakin...tapi seperinya lebih asyik gak sama rombongan yach supaya puas menikmati kulinernya :))

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak evrinasp, aku akrena buru2 jadi kurang menikmati

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak anna , kalau saam rombongan itu buru2 jadi kurang bisa menikmatinya

ade anita mengatakan...

iya sih gk enaknya ikut rombongan tourtuh jadi serba terburu buru emang. apalagi kalo bawa anak kecil aduh..keteter teter deh

prana ningrum mengatakan...

asyik ya mbak melihat pasar apung dari dekat, bisa jadi pelajaran baru untuk anak2

Sandra Hamidah mengatakan...

Saya kencan disini udah lama banget, lebih asik kalau bawa anak-anak hehe

kornelius ginting mengatakan...

Jadi pengen kesana lagi.. tapi kalau hari libur macetnya parah banget

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

Kalau saya membayankan berperahu lama-lama sambil menikmati danau sambil membuat puisi :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak ade, coba gak sama rombongan bisa duduk2 lama dan terbitlah puisi

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak prana

Tira Soekardi mengatakan...

wah asyik euy mbak sandra

Tira Soekardi mengatakan...

betul mas kornelius, macet berat di sana

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia pak akhmad, gak mungkin aku lakukan krn buru2, wah satu tipe denganku pak, bikin puisi itu asyik kalau di tempat yang asyik juga

Astin Astanti mengatakan...

Aku sempat ke sana Mbak, sayang waktu itu gendong anak bayi 3 bulan. Jadi enggak bisa potret potret, suamiku pegang si sulung. Menggoda banget pokoke, makanan di mana mana

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

Nggak harus ke Kalimantan ya mbak untuk menikmati pasar terapung..
Saaya juga bakalan betah belanja, icip2..apalagi klo harganya masih wajar

Tira Soekardi mengatakan...

nah , kulinernya yang bikin menggoda ya mbak astin

Tira Soekardi mengatakan...

betul bunda raka

reza mengatakan...

Pingin banget pasar terapung kalau disana saja ada. Apalagi wisata kulinernya wow

Nasirullah Sitam mengatakan...

Ini resto yang ada bentuk kapalnya itu ya? Kayaknya ada teman pernah main ke sini dan foto di sana

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas reza kulinernya enak2

Tira Soekardi mengatakan...

bukan tapi kita bisa berbelanja denagn perahu karena yang jualan juga di atas perahu mas nasirullah

Vini Amanda mengatakan...

Wah tempatnya asik banget untuk sekedar ngobrol dan makan ato jalan2. Kapan2 mau kesana deh :)

blog.viniamanda.com

Nova Violita mengatakan...

semoga bisa berkunjung kesini..suatu saat..aamiin..

GUS BOLANG ADVENTURE mengatakan...

wihhh kelihatannya seru nih mbak .. buat media pembelajaran unik

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak vini, asri dan lembang memang udaranya sejuk

Tira Soekardi mengatakan...

semoga mbak nova

Tira Soekardi mengatakan...

gus bolang, btul unik ditata rapih jadi asyik

Pakde Cholik mengatakan...

Ulasan yang memikat.
Saya baru pernah ke FML saat piknik ke Bandung
Semoga berjaya dalam lomba
Salam hangat dari Jombang

Tira Soekardi mengatakan...

wah pakde juga sudah kemari, wah jauh jga ya perjalanannya

Ida Tahmidah mengatakan...

Padahal orang Bandung belum sempat main ke sana. Ke Cihamplas paling ke Ciwalknya padahal dah deket banget hehe...

Ida Tahmidah mengatakan...

Eh maaf salah komen, kok malah komen dimari hihi..Ke sini juga saya belum, di Lembang emang banyak banget tempat wisatanya. Lagi nyicil satu2

Fanny Fristhika Nila mengatakan...

Bbrp kali ke lembang aku malah ga jd mulu ke floating market ini mba.. Pak suami berubah pikiran mulu dan jd nya kita malah dtg k wisata lainnya kyk d ranch yg teakhir.. Pokoknya kalo k bandung lg aku mau maksa hrs kesana deh ah :)

Pritahw mengatakan...

Meski udah ga ngehits lagi, tapi aku blm pernah kesana mbak :( Tapi dengan cerita ini, jd sedikit membayangkan, hehe

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak Ida dekat dg Cihampelas walk

Tira Soekardi mengatakan...

mungkin karena amcet di sana mbak fany

Tira Soekardi mengatakan...

ya mudah2aan bisa ke sana mbak prita

angkisland mengatakan...

wah dem ya mah tempatnya alhamdulillah matur nuwun sanget sudah berbagi nikmatnya...

Posting Komentar