Kamis, 28 September 2017

Makan Telur, Siapa Takut?


Gambar dari sini

 Sejak kecil aku ingat sekali ibu selalu menyediakan telur rebus untuk sarapan. Dan aku beserta adik-adikku selalu membuka cangkang telurnya di bagian atasnya dan berusaha untuk tak terlalu besar. Cara makannya menggunakan sendok kecil dan memasukan ke dalam lubang yang tadi sudah dibuat dan setelah baru dimakan. Nah, cangkangnya dikumpulkan dan diberi warna –warni dan dicantolkan di tanaman depan rumah . Tanamananya seperti punya buah yang warna –warni. Sangat menarik. Ternyata itu yang membuat aku semangat sarapan telur karena akan selalu ada telur berwarna yang akan ditempelkan.Kalau dilihat memang harga telur jauh lebih murah dibanding bahan makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging sapi. Karena harganya murah dan protein tinggi sehingga ibuku setiap hari menyediakan telur. Untungnya anak-anaknya tidak ada yang bosan makan telur. Begitu juga daging ayam. Proteinnya juga tinggi dan harga lebih murah daripada daging sapi/kambing. Akibatnya untuk memenuhi kebutuhan gizi akan protein hewani, pilihan jatuh pada ayam, apalagi ayam bisa diolah dengan begitu banyak aneka resep sehingga rasa dan sajian tak akan membosankan.

Jadi mengapa takut makan telur? Bisul? . Eh,aku juga suka bisulan kalau banyak makan telur tapi karena sangat suka telur terus saja, sampai tubuhku akhirnya kebal dan tidak pernah bisulan lagi. Telur dan daging ayam itu sumber protein yang tinggi dan bermanfaat bagi metabolisme tubuh manusia.
Sebutir telur ayam terdiri atas 11 % kulit telur (cangkang), 58 % putih telur (albumin), dan 31 % kuning telur (yolk). Dalam sebutir telur ayam dengan berat 50 gram mengandung 6,3 gram protein, 0,6 gram karbohidrat, 5 gram lemak, serta sejumlah vitamin dan mineral. Perlu anda ketahui bahwa protein yang terkandung dalam telur merupakan protein yang bermutu tinggi dan mudah dicerna.Nilai kegunaan protein pada telur mencapai 100%, daging ayam 85% dan susu 75%. Ini artinya komponen asam amino yang terdapat pada telur sangat lengkap.Manfaat telur selain sebagai sumber protein dengan adanya vitamin A dapat memelihara kesehatan mata. Asam folat dan kolin yang ada di telur sangat penting untuk perkembangan otak. Dengan protein yang tinggi menyebabkan perut cepat terisi penuh sehingga bisa sebagai sumber energi. Dan telur juga sebagai sumber vitamin D yang baik sehingga bagus untuk kesehatan tulang. Begitu juga dengan daging ayam. Kandungan protein yang tinggi bisa sebagai sumber energi baik. Kandungan gizi dalam 100 g ayam mengandung air (65 g), energi (215 kkal), protein (18 g), lemak (15 g), lemak jenuh (4 g), kolesterol (75 mg), kalsium (11 mg), besi (0,9 mg), magnesium (20 mg), fosfor (147 mg), kalium (189 mg), natrium (70 mg), dan seng (1,3 mg). Di antara vitamin dalam daging ayam antara lain vitamin C, vitamin B1 (hiamin), riboflavin, niacin, vitamin B-6(pyridoxamine), folat, vitamin B-12, vitamin A, vitamin E (tocopherol), vitamin D dan vitamin K

Betapa pentingnya telur dan daging ayam dalam pemenuhan gizi bagi masarakat. Tapi kebanyakan banyak masarakat yang belum rutin mengkonsumsi telur dan daging ayam, terutama telur karena orang banyak ketakutan akan kolseterol . Perlu ada kampanye pada masarakat untuk tak takut makan telur dan konsumis telur dan daging ayam justru memberikan sumber protein tinggi dengan jangkauan harga yang tak terlalu tinggi. Hal inilah yang menyebabkan dicanangkna hari ayam dan telur. Pertama kali dicanangkan saat ada festival ayam dan telur di Jakarta tanggal 15 Oktober 2011. Nah sejak ini setiap tanggal 15 Okteober dijadikan sebagai Hari Ayam dan Telur Nasional. Setiap tahun selalu dirayakan Hari Ayam Dan Telur Nasional (HKTN). Dan acara hari ayam dan telur ini sudah diakui sebagai bagian dari World Egg Day oleh International Egg Commision sejak 2016. Setiap tahun selalu dirayakan di tempat yang berbeda. Dan untuk tahun 2017 kegiatan hari ayam dan telur akan dipusatkan di Lombok dan di Jakarta akan diadakan beberapa acara yang didukukung oleh Pinsar (Perhimpunan Insan Perungags Rakyat Indonesia) Indonesia. Untuk hari ayam dan telur nasional tahun ini mengangkat tema “Ayam , Telur adalah Makanan Kita Semua” Tema ini mendukung kalau ayam dan telur adalah makanan semua masarakat Indonesia karena harga yang terjangkau dengan kandungan gizi yang luar biasa. Akhirnya dengan makan telur dan daging ayam tubuh kita sehat dan bagi anak-anak akan menjadi cerdas. Jadi tunggu apalagi, kosumsi ayam dan telur. Olah dengan resep yang beraneka ragam sehingga tidak bosan dengan konsumsi ayam dan telur. Dan kelak bisa menghasilkan generasi yang cerdas dengan makan telur dan ayam.


51 komentar:

Dian Restu Agustina mengatakan...

Wah, kecil kita sama, Mbak...kwkwk. Cangkang telur diwarna-warni terus ditaruh di bunga berduri..
Memang telur punya banyak manfaat. Di rumah sekarang habis 1 kg per minggu. Bisa di omelet, ceplok, balado..dll...Sehat, bergizi dan hemat :)

sari widiarti mengatakan...

waktu sekolah juga suka sarapan telur rebus sama kecap :D

(sulis) bunda raka-alya mengatakan...

aku juga suka bikinin anakku mba..setengah matang gitu. dan mereka suka makannya di sendokin. klo telur kampung kan gurih.

mm..telur, lauk terpraktis menurutku. bisa digoreng ceplok, dadar..atau klo mau di sayur tinggal nambahin kuah. isian wajib kulkas

Yudha Prawira Wibisana mengatakan...

semoga menang kak

Artha mengatakan...

Tapi ponakan saya beneran bisulan setelah kebanyaka makan telur, wkwkw... Antara mitos fakta sih. Padahal gizinya buanyuak

Lusi mengatakan...

Keluargaku termasuk yg suka makan telur ayam kampung 1/2 matang. Kalau di Pekanbaru cukup mudah ditemukan di kopitiam. Kalau di Jogja nggak ada, kudu ngrebus sendiri.

Ernawati Lilys mengatakan...

aku suka telur mba,begitu juga anak-anak. heheheh mudah masaknya juga sih :)

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Saya suka telur. Apalagi bagian kuningnya :)

Sie-thi nurjanah mengatakan...

Saya termasuk yg suka telur. Cara mengolahnya mudah dan tdk butuh waktu lama.utk jd santapan lezat

Riana Henna mengatakan...

Hmmm.... suka banget sama telur. Enak banget. Apalagi telur setengah mateng. NIKMAAAAATTT....

Lidha Maul mengatakan...

Saya suka makan telur mba, digoreng, direbus, setengah matang. Doyan. Sayangnya kalau keseringan bisa alergi. Sedih :)

Edwina mengatakan...

Karena saya nggak doyan daging ayam dan ikan, saya rutin konsumsi rutin sebagai sumber protein hewani.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak dian jd bagus ay tanaman kita ada cangkang telur warna warni

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak sari, kecap jangan dilupakan

Tira Soekardi mengatakan...

betul budan raka, kita pasti nyetok telur di kulkas

Tira Soekardi mengatakan...

amin, mas yudha

Tira Soekardi mengatakan...

aku juag dulu suka bisulan, artha, tp krn sukaterus saja dan akhirnya kebal

Tira Soekardi mengatakan...

nah mbak lusi, telur yang dimasak setenagh matang memang lebih sehat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak erna, telur itu paling mudah masaknya

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak keke, sama dengan aku , aku juga suka bagian kuningnya

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak sie thi, masaknya cepat dan paling enak buat sarapan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak riana

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak lidha suka alergi telur? gak apa2 kalu suka terusin saja nanti lama2 kebal

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak edwina, jd telur bisa mewakili protein hewani ya

Ikrom Zayn mengatakan...

telur banyak manfaatnya ya bu

Nur Rochma mengatakan...

Dua anak saya termasuk penggemar telur. Sementara satu anak yang kurang suka telur kecuali kalau diolah sehingga penampakan telur utuh tidak terlihat lagi. Akhirnya saya mesti kreatif dan berburu resep agar telur tetap diminati.

uwan urwan mengatakan...

aku nyaris tiap hari makan telur kak. apalagi kalo masak indomi, terus goreng telur dikasih taburan cabe. huaaa....ngiler...

btw aku juga suka ngejamu.. biasanya pake telur bebek.... bikin enak ke badan kalo badan cape banget

Tira Soekardi mengatakan...

iya mas ikrom

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nur, telur itu gampang diolahnya

Tira Soekardi mengatakan...

wah negjamu dengan telur, mantap tuh mas uwan

Helena mengatakan...

Wah ada festival telur ayam ya. Telur selalu jadi makanan wajib di rumah. Harus ada stok di kulkas.

PIPIT mengatakan...

aku kalau makan telur keluar jerawatnya. tapi bodo amat, telur soalnya enak sih, makanan palin praktis lagi buat anak kos

farida mengatakan...

Wah serunya ya tiap abis makan telur jadi dapat mainan baru :)

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak helena, wajib ada di kulkas

Tira Soekardi mengatakan...

tersukan saja mbak pipit lama2 juga kebal

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak farida

Ericka Abdullah mengatakan...

aku suka telur setengah matang, dicampur mie instant juga hemmmm

Titik Asa mengatakan...

Saya penyuka telur juga nih mbak. Pokoknya kalo sudah mentok malas makan sama lauk-lauk, pasti saya pilih telur.
Sarapan pagi selalu dgn telur dadar + tempe goreng. Kebiasaan tiap hari sebelum masuk kerja.

Salam,

Tira Soekardi mengatakan...

pastinya enak ya mbak ericka

Tira Soekardi mengatakan...

sip mas titik, emang telur itu mudah diolah jd masakan apapun, kl malas tinggal ceplok saja

Artha mengatakan...

Waaah sama. Saya juga suka telur rebus. Kalau cangkangnya langsung dibuang, gak pernah dibuat kerajinan. Padahal bagus dan unik ya? Lain kali dicoba deh

Amanda Ratih mengatakan...

Aku kalo malam makan telur rebus satu ama jus aneka buah buat diet, mayan kenyang :)

sabda awal mengatakan...

saya suka telur apalagi mata sapi, atau daadar gulung dengan isian sayuran, mantap lezatos dimakan pakai nasi hangat

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak artha, asyik lihat tanaman berbuah telur

Tira Soekardi mengatakan...

wih mantap mas sabda

Tira Soekardi mengatakan...

oh gitu ya mbak amanda

Andi Cintana mengatakan...

Emang telur itu makanan murah yang kaya gizi ya mbak selain itu siapapun dari tua sampai anak-anak suka telur. proses masaknya pun bisa dibuat jadi apa saja.

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak andi selalu harus ada di kulkas

Bunda Erysha mengatakan...

Aq juga suka makan telur bun apalagu klo ga ada makanan lain. Telur adalah stok makanan wajib yang harus ada di keluarga kami 😄

Tira Soekardi mengatakan...

hrs selalu ada di kulkas ya bunda erysha

Ursula Meta Rosarini mengatakan...

Wahhh, aku juga banget makan telur loh, apalagi anak kos, telur selalu buat andalan diwaktu kepepet hihihi,

salam kenal, follback blogku jika berkenan, makasih.

https://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

Posting Komentar