Jumat, 05 Januari 2018

Icip-Icip Kuliner Belitung




Mie Belitung


Belitung sekarang sudah menjadi tujuan wisata yang patut dikunjungi. Ini semua berkat cerita Laskar Pelangi yang kemudian difilmkan. Laskar Pelangi karya Andrea Hirata adalah cerita nyata berdasarkan pengalaman Andrea Hirata semasa dia masih sekolah. Kisah nyata yang difilmkan berbuah manis. Belitung sekarang menjadi daerah tujuan wisata dan mlai berbenah diri untuk menyambut wisatawan. Selain alam, pantai dan budaya yang bisa dijual sebagai aset wisata, kuliner khas Belitung juga bisa menjadi hal yang dinantikan. Kuliner menjadi ciri khas suatu daerah akan membuat wisatawan ingin mencobanya.

Sop Gangan


Waktu berlibur ke Belitung beberapa kuliner yang berhasil dicoba dalam perjalanan menuju tujuan wisata, seperti

  • 1.      Mie Belitung. Mienya hampir sama dengan mie kuning  yang lain. Yang khas dari Belitung ini mienya disiram dengan kuah udang dan dilengkapi dengan taburan bakwan udang,irisan mentimun,potongan kentang rebus, udang rebus dan emping dan toge. Mie ini khas Belitung dan tak ada di daerah lainnya. Cara penyajiannya  mie kuning ditata dan di atasnya ditaburi irisan mentimun, potongan kentang,bakwan baru ditamah kuah udang yang sedikit kental. Nah, saat itu makan mie Belitung saat sarapan setelah  mendarat di bandara. Di dekat bandara terdapat resto Hanggar 21 yang menyediakan mie Belitung . Rasanya gurih dan enak di lidah dengan kuah yang kental. Cara penyajiannya juga unik dimana mienya ditata di atas daun simpor. Daun simpor ini berasal dari pohon simpor yang menjadi ciri khas kota Belitung . Daun simpor ini lebar dan tulang daunnya jelas terlihat. Di Belitung lontongnya juga dibungkus dengan daun simpor ini.

  • 2.      Es Jeruk kunci. Minum yang menemani sarapan mie Belitung adalah es jeruk kunci.Jeruk kunci ini kecil dan rasanya  masam tapi karena ditambah gula jadi terasa manis. Rasanya segar di tenggorokan sehingga setiap makan selalu minumnya es jeruk kunci. Walau sering minum es jeruk tapi ini rasanya lain, walau kadang di beberapa resto ada yang kecut mungkin kurang gulanya.

  • 3.      Suto Belitung. Setiap pergi ke suatu daerah selalu merasakan soto khas daerah tersebut. Begitu saat di Belitung saat cari di internet ternyata di Belitung juga terdapat soto. Dan soto disantap pada saat makan malam di warung Mak Jannah. Menurut orang-orang sih warung ini memang terkenal dengan rasanya yang enak. Kuah dari suto ini berasal dari iga sapi yang dicampur dengan santan. Isi dari suto ini adalah irisan daging, lontong, bihun, kentang dan emping. Dan sambalnya yang menambah cita rasa sotomya. Saat itu udara agak adem sehingga makan soto hangat , pas di tubuh dan ditambah dengan es jeruk kunci hangat.

  • 4.      Sop gangan. Nah saat santap siang di tepi pantai sebelum pantai Tanjung Tinggi, ada resto yang cukup banyak dikunjungi. Resto yang terletak di pingir pantai. Sop gangan jadi pesenan . Katanya orang Belitung kalau belum makan sop gangan itu belum sedap. Nah, makannya berulang artinya makannya ramai-ramai bersamaan sambil ngobrol-ngobrol.  Dan isinya ikan , dan ikan yang sering dimasak jadi sop gangan adalah ikan ketirap, ikan kakap  atau krisi. Kalau kami kebetulan pesannya sop gangan kepala ikan ketirap.  Di sana kita bisa memilih dulu ikan-ikan yang masih segar baru diminta untuk dimasak. Tujuannya agar lebih segar dan rasa akan lebih enak. Kepala ikan ketirap ini dimasak bumbu kuning dengan cabe merah. Dilengkapi dengan sambal belacan, lalapan, cabe mentah.


Suto B elitung


Empat kuliner ini yang sempat kami makan dalam perjalanan melihat wisata di Belitung ini cukup membuat rasa penasaran kami hilang. Semuanya enak dan cocok di lidah. Tak kurang satupun. Semua sesuai dengan ekspetasi. Kuliner Belitung  memang enak-enak, jadi gak salah nih berkunjung ke Belitung, kulinernya maknyus habis.

Es Jeruk Kunci


58 komentar:

Kanianingsih mengatakan...

semuanya belum pernah dicoba:)

Anisa AE mengatakan...

Es jeruk kuncinya bikin ngiler :D Belum nyoba semuanya sih :(

Lia Lathifa mengatakan...

Aku nahan air liur pas baca uraian es jeruk kunci, apalagi kebayang suto Belitong, kuah iga kan gurih bangett.. Lapeerr

Tira Soekardi mengatakan...

mudah2an suatu saat bisa mencoba mak kania

Tira Soekardi mengatakan...

es jeruknya memang bikin seger mbak anisa, rasanya lain dg jeruk biasa

Tira Soekardi mengatakan...

iya mba lia, kuah suto gurih apalagi ditambah santan

rita dewi mengatakan...

Jenis jeruknya itu memang namanya jeruk kunci ya?

Billy Sinaga mengatakan...

Wah, jadi pengen ke Belitung kalo liburan nanti.. Hehe

Mas Darsono mengatakan...

hadeeuhhh...
jadi lafer..

hehee...

bufferdotcom mengatakan...

wih enak-enak semua makanannya..

Tira Soekardi mengatakan...

iya mabk rita, mirip dg jeruk nipis

Tira Soekardi mengatakan...

semoga mas billy biaa ke belitung

Tira Soekardi mengatakan...

wah mas darsono membayangkan saja sdh lapar ya

Tira Soekardi mengatakan...

bufferdotcom,memang enak semua cocok di lidah

Munasyaroh mengatakan...

Penasaran dengan sotonya, apa beda dengan soto Lamongan

Nurul Latifah mengatakan...

Mie Belitung memang lezat tiada taraaaaa ❤❤

Budy Jullianto mengatakan...

fix bikin ngiler *brb beli tiket ke belitung*

Elva susanti mengatakan...

Yummy banget ini mbak, Mau nih cicip makanannya

heripal danindra mengatakan...

Suto Belintung kayanya enak nih

Uwien Budi mengatakan...

Miapah malem-malem gini mampir di postingan penuh godaan semacam iniiih? Kulari ke dapur kemudian makan. hihihi

Tira Soekardi mengatakan...

beda mbak munasyaroh, lebih gurih dan isinya juga ada yg beda

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nurul

Tira Soekardi mengatakan...

mas budy , tergantung hari dan jamnya kalau tiket sih

Tira Soekardi mengatakan...

mbak elva , semua yummy cocok deh buat lidah oarang jawa juga

Tira Soekardi mengatakan...

heripal, enak sekali, coba deh

Tira Soekardi mengatakan...

ha, ah, bagus tuh mbak uwien pelampiasannya cari makan di dapur

Wisnu Tri mengatakan...

Berati, sepintas es jeruk kunci itu sama kayak es jeruk lainnya ya mbak? Cuma beda dari segi perasan air jeruknya aja? Saya kira ada bahan tambahan lain, sehingga dinamai es jeruk "kunci". Hehe

Amallia Sarah mengatakan...

Aku sama makanan khas belitung yang halal itu asli suka semua. Entahlah mbak kayaknya belum Nemu yang sama kayak gitu disni hehehw

ayahblogger mengatakan...

negeri laskar pelangi. senangnya sudah ke sana. Saya juga pengen, tapi belum kesampaian juga. Semoga nanti bisa ke sana

Tira Soekardi mengatakan...

nah itu dia mbak tri, aku juga mneyangka ada atmbahan rempah secara kunci itu kalau di jawa kan nama rempah2

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak amalia, aku langsung cocok di lidahku

Tira Soekardi mengatakan...

ayah blogger, semoga bisa ke sana , amin

Intan Rastini mengatakan...

Hmmm mie nya ada bakwan udang, kuah udang, kentang... Yummy favorit saya semua tuh. Jadi pengen coba.
Belitung juga daerah asal Pak Ahok kan :)

farida mengatakan...

Wah, jd penasaran nih ingin mencicipinya��

Yuniari Nukti mengatakan...

Kalau es jeruk kunci itu ada campurannya kunci juga nggak mbak? Ituu kunci yang dipke buat penyedap sayur bening hehe..

Baru tau di Belitung ada Soto jugak!

Jalan-Jalan KeNai mengatakan...

Kayaknya kalau saya ke Belitung gak boleh diet, nih. Makanannya kelihatan enak semua :)

Tira Soekardi mengatakan...

iya mabk intan, aku juga ke kampung Ahok

Tira Soekardi mengatakan...

wah mabak farida kuliner ini masih belum banayk ada di daerah lain

Tira Soekardi mengatakan...

nah itud ia mbak yuni, pertama mau pesen juga aku tanyakan pada pelayannya , apakah kunci itu nama bumbu ternyata kunci itu nama buah jeruknya, kecil mirip jeruk purut

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak keke, dan juag makanannya cocok dg oranh Jawa, pasti suka

vika hamidah mengatakan...

Hai mbak.. liat sop gangan sama mie belitung kok jadi langsung laper dan baper ya liatnya.. kayanya enak dan pedes ya mba.. maklum nih saya penyuka pedas.. kapan y saya bisa main kesana.. thanks ulasannya y mba

Rach Alida Bahaweres mengatakan...

Waah asikk nih sama kayak aku mencicipi kuliner Belitung yang memang enaaakk ya mbaa. Agak cenderung manis

Eka Fikry mengatakan...

Hmmm, jarang-jarang ya ikan disop. Warna kuahnya jadi merah, seperti apakah rasa Sop Gangan? Penasaran :))

Muyassaroh mengatakan...

Saya jadi oengen incip mie belitungnya, unik banget penyajiannya pakai daun dan komposisi di dalamnya sepertinya pas banget..

Dee - HDR mengatakan...

Mau cobain semuanya kalo ada kesempatan main ke belitung :D

Cheers,
Dee - heydeerahma.com

Tira Soekardi mengatakan...

mbak vika, sop gangan memang bisa minta pedas atau gak, dan jd segar pas dengan udaran beltung yg panas

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak alida

Tira Soekardi mengatakan...

eka, enak sop gangan, seger , pedas,asam

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak muyassaroh, kuah udang yg kental bikin jd gurih banget

Tira Soekardi mengatakan...

semoga bisa merasakan kelezatan kuliner belitung ya mbak dee

Eri Udiyawati mengatakan...

Huaaah, jadi pengen jalan-jalan ke Belitung. Penasaran banget itu sama Suto Belitung..

Felyina mengatakan...

Sup gangan ini semacam kayak masak kari gitu kah?

Dee - HDR mengatakan...

Belom pernah main ke belitung, jadi belom pernah cobain kulinernya huhuhu..

Tapi kalo mie belitung pernah liat sih ada di sekitaran Jakarta..

Cheers,
Dee - heydeerahma.com

Mochammad Faizun mengatakan...

Sekilas baca, Kuliner Belatung. Eh, baru nyadar kalau pakai "i". Hehehe.. jadi kepingin nyicipin.

Tira Soekardi mengatakan...

wah mbak ery, sutonya memang enak, kuahnya kental dan gurih

Tira Soekardi mengatakan...

bukan mbak felyna, rasanya asam pedes

Tira Soekardi mengatakan...

mbak dee, mudah2an bisa segera mencicipinya

Tira Soekardi mengatakan...

wah mas faizun , kok jadi belutung sih

Posting Komentar