Minggu, 25 Februari 2018

"Behaviour Race"





Dalam pendidikan baik di rumah maupun di sekolah ada hal yang penting dilakukan adalah mendidik anak agar mempunyai karakter dalam dirinya. Dimulai dengan karakter senderhana seperti mengucapkan terimakasih saat diberi atau ditbantu, atau meminta tolong kalau butuh bantuan. Dan masih banyak lagi karakter dasar yang harus diajarkan pada anak-anak sejak dini. Menurut kamus psikologi yang dimaskud dengan pendidikan karakter adalah kepribadian yang ditinjau dari sudut etika dan moral. Dan ini dimulai dari keluarga. Keluarga berperan penting untuk menanamkan dasar-dasar karakter sejak usia dini. Bila tidak akan sulit sekali mengubah karakter anak tanpa anak itu sendiri mau berubah.


Dengan mendidik karakter anak , ini akan mewujudkan dari tujuan pendidikan karakter yang berharap akan membentuk orang yang tangguh, berakhlak mulia,bertoleransi, bekerja sama,suka menolong daln lain sebagainya. Mewujudkan pendidikan karakter selain di rumah bisa diwujudkan lewat pendidikan formal maupun non formal. Di pendidikan formal kadang kebanyakan guru jarang memasukan pendidikan karakter karena terlalu sibuk dengan beban materi yang harus disampaikan pada anak-anak. Apalagi di jaman sekarang dimana dunia semakin terbuka, informasi banyak yang masuk dalam pikiran anak-anak yang kemudian secara langsung atau tak langsung bisa mempengaruhi prilaku mereka. Lingkungan juga sangat berpengaruh. Oleh sebab itu dasar-dasar karakter harus sudah mulai diajarkan sejak dini .mulai dari keluarga. Dasar utama keluarga baru guru. Tak bisa sepenuhnya orang tua mengharapkan guru bisa seratus persen menanamakan karakter pada anak. Apalagi karakter guru juga berbeda, ada yang bnar-benar mendidik dan menjadi teladan bagi muridnya, ada yang acuh tak acuh , yang penting mereka sudah melakukan pengajaran sesuai dengan kurikulum.


Karena pentingnya pendidikan karakter, di komunitas anak Circle of Happiness selalu menanamkan pendidikan karakter lewat beragam kegiatan. Seperti dongeng, kerajinan tangan, memasak, seni, melukis dan masih banyak lagi. Dari banyak kegiatan ini anak bisa ditanamkan sifat –sifat terpuji yang harus mereka miliki, seperti rendah hati, kejujuran,kerja sama, empati, suka menolong, religius. Nah, untuk memantapkan semua sifat karakter yang harus dimilki anak-anak tentunya harus tahu apa ciri anak jujur, anak hebat, anak rendah hati dan lain sebagainya. Akhirnya dibuatlah papan permainan dengan ukuran 3x2 meter yang dibuat dari bahan untuk banner. Di dalamnya terdapat jalur untuk perlombaan , mulai dari start sampai finish. Setiap kotak warna ada yang kosong , ada yang bertuliskan. Yang bertulsikan itu ada yang berisi pertanyaaan mengenai ciri dari sifat terpuji, ada yang disuruh ambil kartu yang berisi pertanyaan, atau dapat bonus nilai . Ada juga yang bertuliskan mundur atau maju beberapa langkah. Caranya anak-anak dibagi empat kelompok. Masing-masing kelompok punya pion dengan warna tertentu yang terbuat dari karton tebal. Dimulai dari start. Setiap anak dari setiap kelompok bergiliran bermain. Pertama mereka harus melempar dadu terlebih dahulu. Kemudian pion dimajukan sesuai dengan jumlah angka yang terdapat di dadu. Bila pion berhenti di kotak yang ada tulisan ciri sifat terpuji, anak tersebut harus menjawab dengan benar. Bila benar diberi nilai 25, kalau salah diberi nilai minus 5. Bila sampai di kotak yang ada ambil kartu, harus mengambil kartu yang berisi pertanyaan harus dijawab atau berisi bonus nilai. Demikian seterusnya sampai ada yang bisa mencapai garis finish. Kalau masih ada waktu bisa diulang kembali dari awal. Pemenangnya yang jumlah nilainya yang terbanyak.


Papan permainan ini disebut dengan Behaviour Race. Pertandingan “tingkah laku” . Dengan banyak pengulangan pertanyaan menyebabkan anak menjadi hafal sehingga kalau dia mendapat pertanyaan yang sama , tentunya bisa menjawabnya. Dengan demikian anak tahu apa sih sifat jujur itu seperti apa, relegius itu seperti apa, empati itu apa. Dengan bermain , tentunya akan lebih bermakna dan lebih meresap dalam memorinya. Silahkan mencoba!!!





44 komentar:

Liswanti mengatakan...

Pendidikan karakter memang penting banget. Permainan ini perlu dicoba neh ke anak-anak di kampungku.

Muna Sungkar mengatakan...

Wah bisa nih coba buat untuk alternatif permainan anak bisa sambil menanamkan juga ttg pendidikan karakter ya mbak

Nabilla DP mengatakan...

wah asiq banget itu gamesnyaa ya mba

Tira Soekardi mengatakan...

nah, bisa dicoba mbak liswanti

Tira Soekardi mengatakan...

silahkan mencoba mbak muna

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak nabila

Dian Restu Agustina mengatakan...

Behaviour race..wah keren Mbak, bisa menumbuhkan rasa empati, kejujuran, kerja sama..dan karakter baik lainnya yang kini mulai terkikis dari anak-anak kita. Ide menarik:)

Edwina mengatakan...

Ide pendidikan karakternya seru juga ya, mbak. Thanks for sharing.

Nerslicious - Nugraha Fauzi mengatakan...

Keren ini, educative learning sambil pendidikan karakter, seru juga kyknya ini. Makasih sharingnya mbak ^-^

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak dian, dg bermain akan tak terasa

Tira Soekardi mengatakan...

sama2 mbak edwina, dg bermain itu menyenangkan

Tira Soekardi mengatakan...

iya ams nugraha, seru krn anak memang uska bermain dan tanpa sadar mereka belajar

antung apriana mengatakan...

wah permainannya kreatif ya, mbak. kayak semacam ular tangga begitu

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak antung, agar anak senang belajarnya

Ibu Suri mengatakan...

Bagus sekali mbak kegiatannya. Semoga menguatkan karakter anak2.

Eka Fikry mengatakan...

suka deh aku, mbak Tira selalu bercerita tentang kegiatan anak-anak :)

Belum ada mainan ini waktu zaman eikeh dulu, hehehe

fillyawie mengatakan...

Mendidik karakter anak sambil bermain seperti ini pastinya lebih seru dan gampang diterima ya Mba. Bagus mba artikelnya.

Ida Tahmidah mengatakan...

kegiatan yang bagus ya mba, lewat permainan lebih mudah tertanam dalam diri anak2...

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak eka

Tira Soekardi mengatakan...

amin ibu suri

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak fillyawie, lebih mengena pada anak-anak

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ida

Amallia Sarah mengatakan...

Pendidikan karakte anak mmng penting y mba, dan caranya bisa melalui games

Kurnia amelia mengatakan...

Seru banget ya main ini, anak-anak pasti betah deh majn ini.

Siti Nurjanah mengatakan...

Saya rasa semua keluarga wajib memperhatikan pendidikan karakter pada anak2nya. Karena ini akan sangat berperan dlm sikap serta kepribadiannya di masa mendatang

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak amalia, dg games akan terasa menyenangkan

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak kurnia

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak siti

Mugniar mengatakan...

Wah kreatif, Mbak. Game-nya bisa dibuat, diperbanyak, dan dijual, pasti banyak yang mau beli.

CatatanRia mengatakan...

Setuju anak usia dini lebih baik dikasih pendidikan karaktee,tp sayang kebanyakan orang tua lebih ingin anaknya bisa baca, nulis

wuri nugraeni mengatakan...

makasih sudah diingatkan, kadang, anak tetangga dah pinter baca dikit, aku baper, hahaha

Tira Soekardi mengatakan...

wah betul juga mbak niar gak kepikiran, coba ah

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak ria, bangga kalau anak masih kecil sdh bisa baca

Tira Soekardi mengatakan...

jangan baper mbak wuri, setiap anak kemampuannya berbeda dan punya keuinikan tersendiri

Eri Udiyawati mengatakan...

Bagus, Mbak.. itu sebuah edukasi tapi dalam bentuk permainan.

Ishmatullah Maryam mengatakan...

Parenting! Mba seluruh dunia harus tau ini! *semangat

Wian mengatakan...

Wah unik banget ya permainannya. Jadi bisa sekalian main sambil belajar ya...

Nurul Sufitri mengatakan...

Aiiih ini kudu dicontok sama para guru. Anak2 pasti suka mainin ini ya mbak Tira.

Tira Soekardi mengatakan...

iya mbak eri agar anak cepat nangkap materinya

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak maryam

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak wian

Tira Soekardi mengatakan...

betul mbak nurul , bikin anak suak belajar nantinya

desni utami mengatakan...

wah ini bagus banget permainannya

Tira Soekardi mengatakan...

makasih mbak desni

Posting Komentar